Wednesday, 12 October 2011

Ketika Belum Bisa Bermanfaat (Curhat Lagi)

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh…

Mau curhat lagi…
Kalian pernah ngerasain gimana rasanya nggak bisa berguna? Nggak bisa bermanfaat buat orang lain. Saya pernah mengalaminya, sangat sering.

            Saya sering membaca sebuah hadits yang isinya. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.” Sedangkan yang saya rasakan saat ini jangankan berguna buat orang lain atau keluarga di rumah, buat diri sendiri aja saya belum mampu. Jadi, apakah ketika saya belum bisa bermanfaat buat orang lain saya belum jadi manusia yang baik? whatever, hanya kalian yang bisa menilai.

            Tapi saya deikejutkan oleh seorang teman yang bilang begini, ceritanya nasehatin saya gitu.

            “Lu bukan nggak guna, hanya saja lu ngerasa kalo lu nggak guna (Lah emang!) Kalo lu nggak bisa berguna buat oranglain, mau ngapain lu hidup? mending mati aja gih!” Hehehe kata-katanya dalem binti nyelekit banget deh ini, 

            “Coba hal berguna apa yang pernah gue lakukan?”

            “Hm, apa yah?” (kelamaan mikir)

            “Ah, kan nggak bisa jawab!”

            “Sabar dong! Ah iya, lu tuh sangat berguna kalo dimaki-maki, buat dicela-cela. Senggaknya lu masih bisa bikin orang seneng, kan?” Ini orang belom pernah dicakar kucing apa ya? pengen banget rasanya nimpuk nih orang satu.  Tapi habis gitu temen saya lanjutin lagi omongannya.

            “Jangan ngomel-ngomel dulu! Sekarang gini deh (masang tampang serius). Nggak semua orang bisa menjadi yang mereka inginkan. Tapi setidaknya Allah menciptakan lu bukan jadi orang yang bener-bener nggak guna (belibet banget ngomongnya). Sedikit contoh aja ya, Misalnya elu masih bisa bikin orang ketawa, masih bisa infaq barang sedikit, masih punya banyak temen, dan banyak lagi, itu tandanya lu masih dibutuhkan. Yang harus lu lakukan hanyalah berbuat sebisa elu, jangan terlalu memaksakan kehendak. di dunia ini nggak ada yang sempurna lagi, bener juga tuh kata dorce show Kesempurnaan hanya milik Allah.”

            Saya bengong!

            Ini anak abis makan apa ya? kenapa bisa mendadak Mario teguh gini? Haduh saya lagi mimpi nggak sih? Saya bener-bener nggak percaya kalo omongan itu bisa keluar dari mulut seorang pencela sejati, surprise banget, kalo kata Syaherni ‘Sesuatu banget’

            Kali ini saya belajar dari seorang teman, meski hobby ngeledek orang tapi saya kasih 4 jempol buat dia, keren gila ucapannya. Ketika kita bisa memberikan kontribusi lebih buat orang lain meskipun hanya sedikit, itu berarti masih bisa bermanfaat buat orang lain asal jangan dimanfaatin aja. Kadang kebanyakan orang malah kesel kalo dimanfaatin.
            
Kalo kata orang kurang baik:

            “Hah! Jadi selama ini elu hanya manfaatin gue ajah? Lu bener-bener tega! sumpah gue bener-bener nggak nyangka, Yaudah kita udahan aja kalo gitu! Puas!” Itu yang sering saya denger. Lebay alay banget!

Kalo orang yang baik jawabnya:

            “Owh jadi kamu hanya manfaatin saya saja ya? Ah nggak apa-apa kok, saya malah Alhamdulillah banget bisa bermanfaat buat oranglain. Lain kali kalo mau pinjem uang sama saya lagi aja, yah?”

            Hahaha…. Semoga saja tulisan ini bermanfaat… J

Jakarta, 12 Oktober 2011


No comments:

Post a Comment

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...