Tuesday, 9 July 2013

Ranu Kumbolo I'ts Beautiful (#2nd stories)


RANU PANE

Sampai di Ranu Pane banyak tuh porter-porter yang menawarkan jasa buat ngasih tau jalan dan bawain barang, awalnya emang niat mau nyewa guide tapi pas ditanya berapa harganya? katanya 200ribu sehari, et dah mahal banget, daripada nggak bisa pulang gara-gara keabisan ongkos akhirnya kita sepakat berjalan sendiri, ya berempat aja maksudnya, toh banyak juga kok pendaki yang berjalan tanpa guide, kalo nyasar ya tinggal nunggu yang di belakang, kalo ada apa-apa selama di jalan gimana? Wallahu a’lam.
Syarat dan ketentuan masuk semeru

09.00 pagi
Gara-gara kelamaan menunggu tukang jual tiket masuk semerunya, kita banyak ngobrol sama pendaki-pendaki yang lain. Terutama temen-temen Daihatsu yang ujung-ujungnya ngeberesin tasnya Ibnu karena salah packing, dan akhirnya kami bermaksud pingin  berangkat bareng mereka ke Ranu Kumbolo, biar tak tersesat gitu. Setelah mengurus simaksi kami berdoa dahulu sebelum mengambil langkah-langkah menuju Ranu Kumbolo. Bismillah…

Setiap kejadian selalu ada hikmah ^^ (Hikmah itu anak siapa ya? Baek bener)
Selama di perjalanan ada pendaki yang baru turun bilang gini.

“Wah untung pada muncak sekarang, soalnya kemaren itu pendaki-pendaki yang diatas pada turun soalnya ada badai (Wah si Badai iseng banget deh), tapi kalo sekarang langitnya sepertinya cerah.”

Saya kembali berpikir, ah ternyata itu maksudnya Allah:), awalnya emang senewen gara-gara naik bis dari Jakarta yang memakan waktu 28 jaman, tapi seandainya kita naik kereta kita bakal sampe lebih awal dan udah pasti nasib kita akan sama dengan pendaki yang gagal muncak gara-gara kena badai. Alhamdulillah…

Trus,  ada yang bilang kalo ada pendaki yang meninggal di pos 1 gara-gara serangan jantung, kita langsung diam, udah gitu ngeliat muka Ibnu yang parnoan dan langsung nanya panjang lebar.

“Cewek/cowok, mas?”

“Cowok,” makin skutlah tuh anak, trus nanya-nanya lagi, saya aja sampe lupa apa yang ditanyain.

Saya jadi ingat perkataan seseorang “Resiko terbesar pendaki adalah kematian, resiko terkecilnya adalah tidak mendapatkan apa-apa kecuali capek dan baju yang kotor.”

***
Sambil melangkah sedikit demi sedikit saya langsung sok bijak.
“Temen-temen,  ingat ya nggak ada sejarahnya ninggalin temen hanya karena mereka tidak bisa mengikuti kekuatan kaki kita,” bijak banget kan? Padahal ini kata-kata pernah saya baca di sebuah buku, hahaha… yang lain pasti pada terkesima deh, wow banget nih si Erny, padahal mah itu modus juga supaya nggak ditinggalin.

Perjalanan ke Ranu Kumbolo lumayan panjang, katanya sih 4 jam jalan kaki, awalnya jalanan masih enak tuh aspal-aspal sampai ketemu gerbang selamat datang di semeru, gak lupa kita berpose di sana, kudu antri dulu.
selamat datang para pendaki... :D
Melewati gerbang pintu masuk, trecknya udah mulai berblok-blok dan licin, sampai ketemu jalan setapak masuk hutan, dalam perjalanan anak Daihatsu yang bareng kita jalannya cepet banget, saya ketinggalan melulu, ya ampun pada makan apaan si mereka kok kuat-kuat banget. Saya juga ngerasa pundak saya mulai berat, padahal perjalanan baru ada sekitar satu jam, akhirnya saya gantian tas sama punyanya Ibnu, pas saya pake tasnya Ibnu beuhhh entengnya padahal tas carriernya jauh lebih besar daripada punya saya, tas saya kok bisa berat begini ya? Bingung.

Saya akhirnya nyerah ngikutin Daihatsu, temen-temen yang lain juga. Udahlah ya, mereka jalan duluan aja nggak apa-apa, kita belakangan. Kami kembali melangkah berempat, melewati pos satu, pos dua, pos tiga. Temen saya si Ibnu tak berhenti bilang.

“Ni, dari tasmu aku belajar…”
Lima menit berjalan, si Ibnu bilang lagi.
“Ni, dari tasmu aku belajar…”
Begitu terus ngomongnya sampe pulang, maksudnya apa coba? Sampe bosen saya dengernya, ibarat kata orang kelaperan bisa tiba-tiba kenyang denger Ibnu ngomong gitu, gak usah pake makan lagi. Hahaha tapi kasian juga kayaknya emang keberatan deh bawa tas saya.

Sampai di pos tiga, kami istirahat lagi, ketemu pendaki lagi yang baru pada turun dan istirahat. Katanya Ranu Kumbolo tinggal sebentar lagi. Yes.(boros kata lagi)

“Berapa lama lagi, mas? paling sejam.” Beuh, sejam itu sebentar ya?
Pas ngeliat plang, perjalanan masih sekitar 4 km lagi. Waaaaaa…
“Ayo semangat temen-temen, sebentar lagi, 4 km itu sama aja kita jalan dari lebak bulus ke UIN 2 kali bulak balik, bedanya ini jalannya nanjak,” akhirnya kami melanjutkan perjalanan dengan treck yang lumayan sulit, nanjak melulu, saya jadi harus berkali-kali angkat rok, udah gitu tanahnya blok dan licin bekas hujan, perjalanan juga ditemani kabut putih, dalam hati berdoa semoga tidak hujan.

Kayaknya udah lebih sejam jalan deh dari pos tiga, tapi tetep aja belum sampai juga, ya Allah ternyata abang-abang itu hanya pemberi harapan palsu (php). Nggak lama kemudian, mulai terlihat Ranu Kumbolo dari kejauhan, kami mulai berlari pengen ngeliat.

Masya Allah, Subhanallah, Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?

Ranu Kumbolo keren banget, melihat pemandangan alam ini menghapus lelah saya setelah berjalan 4 jam lebih, anehnya saya nggak berasa capek lagi, puas rasanya. Dari sini, perjalanan hanya tinggal menurun menuju tempat ngecamp Ranu Kumbolo di pinggir danau.

Namun dibalik kecantikan Ranu Kumbolo ini, ada satu hal yang harus kalian ketahui, apa itu? Hati-hati melangkah. Maksudnya? Iya soalnya kayak yang di pilem 5 cm itu tuh, seluas mata memandang adalah toilet. Yups, gak ada toilet di sana. Sedih yaaa… Makanya sebelum melangkah kudu liat-liat dulu tuh.

Sampai juga di Ranu Kumbolo. Jam satu lewat kami baru benar-benar sampai di tempat ngecamp. Setelah itu langsung siap-siap menyalakan kompor, kudu masak, laper atuh. Saya meminta temen-temen yang cowok untuk mendirikan tenda.

“Gue gak ngerti, mana bisa gue yang begitu-begituan.” Kata Kakek.

“Sama, gue juga nggak bisa,” kata Ibnu.
Hm… salah orang nggak sih ngajak mereka? Mereka lebih milih masak daripada diriin tenda coba, perlu dipertanyakan tuh kelaki-lakiannya, akhirnya saya dan Ka Lina yang mendirikan tenda seadanya.

Tenda sudah berdiri, saya langsung ngeliat kaum adam lagi pada masak, masak mie sama ubi rebus, mana nyambung atuh, ini gara-gara bawa spirtus terbatas jadi kalo masak nasi khawatir spirtusnya abis. Saya mulai makan mienya, rasanya aneh serius deh, baru nemuin saya rasa mie kayak begitu.

“Udah, gak usah bawel, kita ini lagi digunung, makan aja yang ada,” kata Kakek.

Alhamdulillah ubi rebusnya juga udah mateng eh tapi pas dimakan masih keras, gak apa-apa deh kami kalap langsung makan kecuali Ka Lina yang gak doyan, ada salah satu anak Daihatsu yang melihat dan menghampiri kita. Kami langsung nawarin:

“Makan ubi mas?”
“Iya enak banget loh, setengah mateng, cobain mas?”
“Nggak makasih, tadi juga kami makan nasi angus kok,” hahaha dia malah nyengir. Mas Daihatsu ngeliatin kita dengan tatapan menderita, bodo amatlah yang penting makan.

Selesai makan, kami langsung siap-siap sholat, sempat terjadi diskusi panjang. Boleh gak sih wudhu di danau? Yang saya ingat itu masuk ke pelajaran agama waktu saya SMA dulu, air apa saja yang boleh dipakai untuk wudhu? Air danau termasuk gak sih? Aduh kok jadi galau, tapi ujung-ujungnya ya kita tetep wudhu di danau, soalnya gak ada air lagi. :D

03.30 pm
Setelah istirahat kami mau siap-siap bongkar tenda lagi dan berjalan ke kalimati, tapi apalah daya, tiba-tiba hujan gede, jadi mau nggak mau kudu nunggu berhenti, niatnya lagi pengen nekat berangkat meski hujan, tapi gak jadi takut ada kejadian kayak di gunung merbabu (apatuh?) ;)
Tim Daihatsu udah berangkat duluan menerobos hujan, mereka cuma bilang.

“Sampai ketemu ya di Kalimati,”

Lagi-lagi kami harus bisa berjalan sendiri, bismillah…

Salam Petualang


Erny Binsa

74 comments:

  1. widih kerennya pemandangannya. kalo gak salah Ranu Kumbolo itu ada dinovel 5cm, waktu baca sih udha kebayang gimana kerennya tempat itu, tapi setelah liat foto-fotonya bener-bener miniatur surga. Semoga entar bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener bang! kalo datang langsung rasanya nggak mau pulang, itu tempat keren untuk semedi, maksudnya tafakur alam. Aamiin... Semeru menunggu bang.. :D

      Delete
  2. Wah, kerennya pemandangannya... :O

    ReplyDelete
  3. Waow..... mupeng badai!!!
    Erny the explorer.
    Quote paling keren : " padahal mah itu modus juga supaya nggak ditinggalin."
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Dora kali gue...

      Yah itu mah bukan Quote -_-

      Tengkyu udah mampir elang :D

      Delete
  4. indah pemandangannya jadi pingin kesana :D entah kapan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan kesana kak, ajak sahabat-sahabat.. beuh bakal jadi kenangan tak terlupakan :D

      Delete
  5. bagus pemandangannya,
    btw ranu kumbolo itu dimana mbak ?

    ReplyDelete
  6. tidak dapat didustakan keindahan ranu kumbolo itu apalagi kalau udah nyentuh nyentuh senja aduuh eerrr banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah bener banget... sayangnya kita disana nggak dapat senjaa...

      Delete
  7. Wuaahhhhhhhhhh, Ranu kumbolooooooooo. Saya juga seorang petualang mba, tapi masih SMA dan gak terlalu punya banyak kesempatan buat petualangan yang berkelas kayak gitu. Tapi nanti kalo udah bisa nyari uang sendiri,dan punya kesempatan sama biaya, saya pasti bakal kesana. Mohon doanya ya mba, hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah Masaaaa...?? Salam petualang!
      Ayo kumpulin uang jajannya, selalu ada jalan kalo diniatin. Saya juga kuliah kerja tapi gak minta minta kalo lagi mau jalan-jalan kemana mana... ^^

      eh ini bukan petualangan berkelas, plis deh gak ada tuh tingkatan tingkatan kayak begitu. Style kita backpacking yang murah meriah bukan travelling... ^^

      Aamiin... semoga ada kesempatan yaaaa... rezekinya banyak biar bisa bayarin saya juga.. :D

      Delete
  8. pengen banget rasanya berada dalam foto itu, ngerasain indahnya suasana tersebut :" hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang langsung Bang! Ayo angkat ranselnya... ^^

      Delete
  9. betol2 kece ya nih tempat tantee, saia aja udah 6 kali kesono dan belum pernah bosen2x untuk kesana lagi lagi dan lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahh Seriuuuuss!! Kereeeen...
      Saya juga suatu saat mau kesana lagi, InsyaAllah... :)

      Delete
  10. subhanallah, cantik nbanget tempatnya, pengalamannya juga menarik. kapan2 bagikan juga tips untuk mendaki gunung dong, tapi sayang, ditemppat ku (riau) gak ada gunung n tempat kayak gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, pengalaman luar biasa... ^^
      InsyaAllah ya Va, saya juga belum berpengalaman sebenernya, masih pemula :D
      Nyebrang pulau aja ke tanah jawa, di sana banyak gunung... :D

      Delete
  11. Sampai ketemu di Kalimati, Erny :D

    ReplyDelete
  12. widih ada lagi yang ngepost mendaki gunung.. apalgi puncak ini... kapan gue sempat kesana ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet-sempetin aja, ntar nyesel loh... :D

      Delete
  13. Keren banget pemandangannya, tapi kakak kok mendaki pake rok, Greget yaa haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poto cuma mewakili, lebih keren kalo ngeliat langsung Kay.. :D

      Iya, abis gimana lagi yaa, udah kebiasaan pake rok jadi gak pede pake celana... :D

      Delete
  14. ikutan dong kak..
    ajakin.ajakin..
    keren bener pemandangannya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo.... ikut yok ikuut....
      tapi bayarin akoh yaaa.... :D

      Delete
  15. Perjalanannya sangat menyenangkan \(.___.)/ jadi ngiri kak hehe
    pas baca Ranu Kumbolo sering kepleset jadi Kolombo haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw... asli ngakak, kok bisa jadi kolombo :3

      alhamdulillah yah, dulu g dari jakartanya naik bis, bukan naik kereta... jadi telat nyampe maha meru yg lagi ada badai cetar membahana *eh

      Delete
    2. Ulfa: Alhamdulillah...
      Hahaha... Ada-ada aja dah... Bisa kesandung gitu ngomongnya... :D

      Delete
    3. Bang Ahmad: Lah kok tau? itu kan ada di part yang sebelumnya... hehe... :D

      Delete
  16. Ah semeruuuuuu..... Gieeeee,
    Indahnya semeru, Indahnya alam negeri ku..
    Jadi pengen kesana?
    Masih adakan bunga-bunga liar nan indah disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah Subhanallah... ^_^
      Segera niatkan Tia, uang mengikuti... :D
      Kenapa tidak kamu datang dan lihat sendiri? :D

      Delete
  17. Aje gileeee........
    Gue udeh bca novel 5cm, tpi blom smpet ksna. Subhanallah, itu hnya bgian kecil keindahan dri surga. Beeh, indah bangeet.... Pengen banget gue kesono, daki gunung, spa tau dpet jdoh di sno #eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaahhh.... ujungnya gak enak banget! tapi gak papa kok, jadi ada target tuh pas kesana... hahaha...

      Delete
  18. ga mau lihat fotonya, yang jelas udah envy -___-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. LIAT....
      KUDU LIAAAAT!
      CEPET LIAT....!

      #nariknarikbaju

      :D

      Delete
  19. maaf yah baru sempet BW duuuh ngelihat pemandangannya jadi pengen dehhh kesana apalagi foto bunga paling terakhir itu baguss bangett...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak apa apa zhie... Boleh banget, pengalaman kesana membuat prubadiku lebih baik.. Banyak pelajaran deh pokoknyaaa... Kamu harus kesana... :D

      Delete
  20. Males ah sama kamu ah aku gapernah diajak -_- ah sebel ah -___- ajak kek kaaak sekali2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah git... Iya dah diajak... Habia lebaran mau ke pangeango nih. Ikur yaaa.. Aku dah ngajak nih.. :-D

      Delete
  21. Mendaki gunung emang mengasyikkan yahh? Sayang di tempatku tak banyak gunung.
    Jangan lupa jika berkenan berkunjung dan berikan masukan untuk blog butut saya http://river-cloud.blogspot.com/2013/07/sepuluh-artis-berjilbab-tercantik-versi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tinggal dimana? Kan bisa dateng ke tempat yang ada gunungnya... Oke insyaallah...

      Delete
  22. bagus pemandangannya. Tp problem sy kayaknya di toilet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. Mau bab atau bak kudu ngumpet dulu dan itu hal yang paling ngebetein banget..

      Delete
  23. Mau tanya atuh neng, katanya kudu pke mcm admin gono gini yaakk...?
    ane mau ksana tp kq sanksi dg psyaratan yg menurut ane agak canggung...
    suruh bawa surat apalah dari dinas apa tuh saya lupa. Trus suru bawa surat keterangan sehat dari dokter (kaya mau nglamar krja), trus dan lain2 deh. dulu neng nya gmna...?
    Mohon pencerahan yaa , nuhuunn sebelumnya...
    :)
    Oiya, reply nya boleh dsini neng, ni alamat blog nya susah carinya...
    https://www.facebook.com/juliadi.ak

    ReplyDelete
  24. Sudah ku balas yaaa.. makasih... :)

    ReplyDelete
  25. mbak.. saya juga berniat mw ndakii nih akgir agustus.. br pertama juga sih .
    peralatan yg dbawa ap aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti saya postingin sendiri ya apa aja yang harus dibawa... tunggu ajaa.. hehe

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. indah banget mbaaa
    telah komen nya ya :D
    insyaallah tahun depaan mau kesana mba,
    pemula si mba, mungkin bisa di share mulai dari perlengkapan n syarat ny apa aja y mba,
    maaf mba tanya2 ini biar g kesesat juga :D
    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...

      Selamat datang di Semeru :D
      Nanti baru mau saya posting tentang perlengkapannya mbak, karena belum sempat mosting terus...

      iya gak apa-apa kok, kalo tanya-tanya saya tau pasti saya jawab... :D

      Delete
  28. indah banget mbaaa
    telah komen nya ya :D
    insyaallah tahun depaan mau kesana mba,
    pemula si mba, mungkin bisa di share mulai dari perlengkapan n syarat ny apa aja y mba,
    maaf mba tanya2 ini biar g kesesat juga :D
    tks

    ReplyDelete
  29. indah banget mbaaa
    telah komen nya ya :D
    insyaallah tahun depaan mau kesana mba,
    pemula si mba, mungkin bisa di share mulai dari perlengkapan n syarat ny apa aja y mba,
    maaf mba tanya2 ini biar g kesesat juga :D
    tks

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Seru dehh......
    Aku ada rencana kesana, tapi ragu soalnya badanku gemuk :(
    Takut malah nyusahin disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah kok, yang penting sebelumnya latihan fisik dulu, minimal jogging 30 menit sehari... :D

      Delete
  32. salam kenal yah.. *salaman*

    aku juga rencana mau ke ranu kumbolo..

    semoga segera terealisasikan sebelum musim penghujan,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... makasih udah berkunjung,,,

      Ayo segera direalisasikan, bentar lagi musih hujan, jangan lupa bawa jas hujannya... :D

      Delete
  33. baru sampe ranu kumbolo aja seru banget itu, kok gak ada terusannya?? ada lanjutan ceritanya gak? saya juga rencana mau ke sana tapi pengen cari tahu dulu medan perjalanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok terusannya... coba di cek aja di label catatan perjalanan... mudah-mudahan membantu... :)

      Delete
    2. Sama-sama.... makasih juga sudah mau berkunjung... :)

      Delete
  34. Halo semua, salam kenal dari saya sebelumnya. Sahabat alam, ada yang kangen kah sama Ranu Kumbolo ?
    Ada acara #kempingceria nih yang diadain di Semeru - Bromo @ 27 Desember 2013 - 01 Januari 2014 IDR 750k

    (+) Include :
    - Tiket kereta PP ( JKT - MLG, MLG - JKT )
    - Transport St. Malang-Tumpang, Tumpang-R. Pani, R. Pani-Bromo-Tumpang
    - Tiket Masuk TNBTS
    - Tenda
    - Sleeping bag
    - Matras
    - Makan 2x ( sebelum berangkat 1x dan sesudah pendakian 1x)
    - Souvenir
    - Doorprice
    - Guide

    Yuk sahabat kita ikutan acara ini, sekaligus kita menyadarkan bahwa memang pentingnya kita mengenal alam serta menjaganya. Bagi kalian yang berminat silahkan kontak ke 085691276969, PIN 29EE8CB.
    Info lebih lanjut bisa cek disini >>> rintikairhujan.blogspot.com <<<

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. hwaaaa..kapan ya kesana??
    anak2 cuma rencana2 mulu..gak berangkat2.. :(

    kalo sendirian..takut nyasar..apa tak galau nanti ortu saya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bales...

      Hehe... hayoo nekat aja kak... daripada jalan ditempat.

      Ortunya sekalian diajak aja biar ga galau... :)

      Delete
  37. Yuk angkat ransel, klo ksna kbri ya . Ni pinku 2abe39ed salam knal

    ReplyDelete
  38. ikut nimbrung dimari sist--pngen nanya² dikit soal ranu kumbolo

    d perjalanan k masing² pos ada/dikasih petunjuk jalan.
    ntu danau ada ikan ny atw kgk--lmyn bwt ngirit bawa an. air ny bsa/aman bwt d konsumsi.
    waktu yg tepat bwt ksana ntu kapan (bulan)--berdasar pengalaman sist.

    mksh sist sblomnya--ntar ane sambung lg klo msh bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang ajaa ada petunjuk jalannya kok.. kecuali mau ke arah kalimati itu agak2 ngebingungin jalannya.. pake kekuatan insting ajaahh.. :D

      Kalo du ranu kumbolobmah gada ikannya tp airnya bisa diminum kok.. cuma disana aja sumber airnya.. ga ada lagi..

      Kalo mau naik enaknya pas musim kemarau.. dr april sampe novemberlah kira kira :D

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...