Monday, 24 December 2012

Sepotong Kisah Negeri di Atas Awan (3) #Mengejar Sunrise#


Saya udah terbiasa ngeliat sunset di pantai, tapi kalo ngeliat sunrise di atas gunung, seumur-umur baru sekali, pas di Dieng doang. 

Pas pulang hujan-hujanan dari Kompleks Candi Arjuna, Ka Rizky yang udah tahu jalan ngasih kita pilihan buat besok, Mau ke Puncak Sikunir atau ke Puncak Pakuwaja? Secara keindahan lebih keren di Pakuwaja tapi perjalanannya lebih jauh, kita harus bangun jam 2 pagi kalo pengen sampe di puncak pakuwaja pas matahari terbit. Kami sepakat untuk ke puncak pakuwaja, dan berharap besok gak hujan.

Pagi itu, kami sudah nyiapin senter, air minum, kamera, alat sholat, yang akan dibawa sepanjang perjalanan. Pukul 2 lewat kami masih nunggu guide yang belum datang, cuaca pagi itu emang dingin banget, temen-temen juga udah siap dengan jaket tebalnya, sarung tangannya, nyaris ketutup semua, waduh gimana nanti kalo di luar negeri trus kenalan sama salju? Bisa beku kali ya...

Gak lama kemudian Mas Wawan dateng, ini nama guide yang bakal nganter kita ke puncak, tapi kok naik motor? Masa guidenya bawa motor? Trus kita lari-lari gitu buat ngikutin? Gak lucu ah.

Ternyata Mas wawan ini sengaja bawa motor buat nganter kita-kita, biar gak kesiangan sampe di puncak, berhubung kita berdelapan orang makanya kita kudu ngantri sambil jalan santai ke tempat tujuan. Mas Wawan cuma bisa bawa dua orang. Iyalah gila aja kali kalo bawa semuanya.
Sialnya saya dapet bagian terakhir bareng Lisfa, awalnya sih seru banget jalan rame-rame, tapi pas tinggal berdua doang, duh suasananya udah kaya lagi main spot uji nyali, gak ada lampu, senter yang kita bawa juga udah sakaratul maut, hidup mati hidup mati. Gak ada orang juga, haduuuh.  Untung gak lama kita ngerasin kayak gitu, kalo lama saya udah siap banget buat lambai-lambai tangan ke arah kamera sambil ngomong.
“GAK KUAT- GAK KUAT, SAYA NYERAH! Seketika Mas Wawan datang, Ah Mas Wawan emang pahlawan.

Sampai di jalan bebatuan, saya bertemu lagi dengan teman-teman saya. Mas Wawan markir motornya, saya pikir bakal dibawa ke atas gunung. Katanya butuh waktu sekitar 2-3 jam jalan kaki untuk sampai di puncak, dan ternyata banyak banget orang yang pengen liat sunrise di puncak pakuwaja, baru kali ini saya liat perjalanan ke gunung bisa macet, kirain jakarta doang yang bisa begitu.  Kami cuma bisa sabar nunggu, denger-denger sih yang udah sampe setengah jalan ada yang sakit tapi gak mau minggir, ih bikin orang kesel aja deh!

Ka Yudis yang ada di depan saya mulai gak sabaran, orang di depannya dilewatin, bahasa kerennya nyelak. Saya juga ikut-ikutan, meski diliatin orang ah bodo amat. Jauh-jauh ke Dieng gak ngeliat Sunrise tuh percuma, justru Sunrise ini adalah hal utama yang pengen kita temui. Jejak Ka Yudis udah terlebih dulu, disusul ka Lina, dan saya mencar ditengah-tengah kerumunan orang yang gak saya kenal.

Gak lama kemudian ada Mas Wawan yang juga ikutan nyalip, saya ngikutin dari belakang, ngikutin jalan sesatnya naik turun sawah, tapi akhirnya terbayar sudah karena saya gak telat sampai di puncak. Yang saya heran adalah Ka Yudis, kakek di depan kami yang jalan duluan justru gak ada di tempat, kemanain itu orang? Nyasar? Di gunung? Gak Keren banget!

Sampai puncak pas banget momen yang keren adalah saat matahari mulai muncul, dada saya bergetar, Indah banget... Subhanallah saya gak berhenti bertasbih. Sementara semua teman saya udah pada kumpul di puncak, hanya Ka Yudis yang belum kelihatan batang hidungnya, dia yang jalan duluan dia yang belakangan sampe, mana kamera dipegang dia. Semua teman-teman udah pada teriakin dia, akhirnya sampai juga dia dengan wajah lusuh kayak baju belum dicuci sebulan.

Setelah itu langsung deh dengan momen foto-foto, sebagian ada yang sholat, ah baru pertama kali saya ngerasain sholat di atas gunung. Subhanallah, sesuatu.

Ini dia yang sering di sebut Negeri di Atas Awan....


 Ini poto pas Matahari terbit, matahari yang kita tunggu-tunggu akhirnya kita dapatkan. :)

Siluet... Bersama temen-temen. Gimana? Cool, kan?


Ini Saya lho... (Gak ada yang nanya ya? yaudahlah cuma kasih tau doang)

Negeri di Atas Awan (Dieng Plateau)


Nah, kalo poto di atas Ka Rizky dan sebelahnya Mas Wawan yang jadi guide kami.

Setelah ngeliat sunrise yang indah banget, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak pakuwaja dari dekat. Cuacanya semakin dingin nih.
Mulai bernarsis ria. Seperti biasa yang namanya gunung, kalau kita teriak bakal ada gemanya, serasa ada yang ngikutin ucapan kita. Kami berteriak gak karuan, melepas beban, mengosongkan pikiran.
Sampai ketika saya berteriak "KACAAAAANG....."
Tiba-tiba ada yang menyahut,
"TELUUUUUUR..."
Et dah korban iklan
Tiga wanita galau, eh gak deng. Sedang asik menikmati suasana.
Beranjak turun dari Pakuwaja, pura-pura menanam sayur.
Nah, jadi pas awal menuju puncak saya ngeliat ada orang-orangan sawah gitu, pengen banget poto sama orang-orangan sawah, eh akhirnya kesampaian juga.
Siluet... Menuju pagi hari... :)
Lagi-lagi, demen banget poto melayang gini..
Istirahat sebentar, sambil mandangin lagit di perjalanan turun.
Well, terimakasih atas perjalanan ini. Bersama kalian berdelapan, banyak kisah yang bisa saya kenang.
Huaaaa udah turun gunung aja, melewati banyak persawahan dan bukit-bukit
Alhamdulillah, akhirnya sunrise bisa kami dapatkan. Puas rasanya melihat keindahan alam di negara sendiri. Suatu saat saya ingin kembali ke tempat ini.
Duh, teman-teman, perjalanan belum selesai. Kami masih melanjutkan perjalanan lagi, ditunggu part 4nya ya, sebagai episode terakhir di Dieng.
ditunggu yaaa...


Salam manis dari temanmu


Erny Binsa

65 comments:

  1. seperti biasa jepretan sama gaya yang dijepret kompak kerennya :D

    btw, itu fotho headernya agak kurang nyaman di liat lho.. keluar border gitu, hee.. ^^
    mungkin bisa disesuaikan ukurannya dengan border laman, #ini cuman masukkan ya :)

    ReplyDelete
  2. keren mbak.. semoga bisa kesana suatu saat :)

    ReplyDelete
  3. Kak Liyan: Hehe, kita bawa fotografer handal soalnya mbak. Wkwk...

    Iya saya juga sebenernya kurang nyaman juga ngeliatnya, mau diubah lupa melulu. Hehe makasih masukannya kak.. :)

    ReplyDelete
  4. Mbak Desti: Aamiin.. Gak nyesel deh kesana, bawa temen yang banyak mbak biar tambah rame... :)

    ReplyDelete
  5. Wuaaah subhanallah ... kereeeen sekali. Saya suka sekali foto yang kedua dari bawah itu, masya Allah indahnya.

    Sy juga suka sekali liat jilbaban backpacker, mendaki gunung pula. Waah. Kesulitannya apa tuh kalo di puncak begitu?

    ReplyDelete
  6. Eh, kalo ada waktu ke Makassar, kali2 aja sempat besok2 :)
    Ada tuh komunitas Makassar Backpacker. Ada juga komunitas Jalan2 Seru Makassar, asyik tuh kalo bareng mereka :)

    ReplyDelete
  7. Kak Mugniar: Iya kak, apalagi kalo ke sana langsung, deuuh langsung jatuh cinta, serasa gak mau pulang, pengennya tinggal di sana aja.. :p

    hehe... Iya, gak ada kesulitan apa-apa kak, cuma emang kalo pake rok kudu ngangkat-ngangkat rok, tapi justru ada teman saya yang pake gamis, jalannya lebih cepet daripada cowok.. :D

    Insya Allah mudah-mudahan ada kesempatan buat ke sana, saya di jakarta kak, kakak di makassarkah?... :)

    ReplyDelete
  8. waaaaaahhhhhhh....... kerennnnn....... envyyyyyy.......

    oh ternyata bawa fotofrager... :)

    btw apa ini terinspirasi film 5 cm? hihi

    ReplyDelete
  9. Hihihi... Iya, keren yak. Saya mah belum bisa moto sekeren itu, kalo dipoto baru nomer satu.. :p

    Gak juga sih kak, saya justru baru nonton filmnya dan baca bukunya. Kalo ke Dieng ini udah sejak november kemaren cuma baru sempet posting. Inspirasi 5cm pengennya langsung ke mahameru.. :D

    ReplyDelete
  10. dieng itu daerah mana?

    emang beda rasanya kalo liat itu dari tempat yang belum pernah dilakuin. ga heran kalo banyak negara lain yang iri sama Indonesia.

    gabung di blogger energy juga ya, selamat bergabung semoga betah.

    gue tunggu part 4nya.

    ReplyDelete
  11. subhanallah.. cantik ya sunrise nyaa.. aku belum pernah ke dieng.. o_O

    ReplyDelete
  12. Aaahh aku seneng nihh ada member BE yg suka berpetualang gini, kereeenn :))

    ReplyDelete
  13. wah gue jadi pengen mendaki juga nih :3 tapi mendaki hati kamu boleh #eh

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. aaaa enak ya jadi kamu bisa hiking gini :(

    salam kenal aku teman baru kamu di BE .

    aku ngecek blog kamu loooh . blog personal atau bukan . :P

    ReplyDelete
  16. Rengga Tikus: Lah ini orang kenapa? >_<

    ReplyDelete
  17. Bang Bayu: Dieng itu ada di wonosobo, lebih tepatnya di jawa tengah.
    Iya keren banget, gak nyesel deh datang kemari. Indonesia luas banget, sayang-sayang kalo gak dijelajahi... :D

    gue baru gabung nih, iya kayaknya bakal betah deh. sambutannya itu loh... :P

    ReplyDelete
  18. kak Niken: Ho oh, emang ini tempat oke punya. Kapan-kapan mampir kemari kak, gak nyesel deh... :D
    #ngomporin#

    ReplyDelete
  19. Kak Yusra: Hihihi... emang kakak gak suka berpetualang? Makasih udah mampir.. :D

    ReplyDelete
  20. Bang Triyan: Wahahaha... daki dulu 1000 gunung, baru boleh mendaki hatiku.. wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Bang Zulfan: Salah, yang bener di Jawa tengah... :P

    ReplyDelete
  22. Kak Pelangi Anggita: Kapan-kapan hiking bareng yuk...
    Iya salam kenal juga, makasih udah ngeramein blog saya.. :D
    Ini blog saya pribadi, udah 2 tahun cuma ya gini-gini aja... hehehe

    ReplyDelete
  23. aaaaaaaak...iri banget ! pasti tak terluapakan banget bareng temen temen banyak gini..:)
    salam kenal dari BE juga..:)

    ReplyDelete
  24. cantik banget pemandangannya :)
    jadi pengen naik gunung juga :)
    #salam BE

    ReplyDelete
  25. Asyik nya pemandangan ini
    salam kenal ya..
    kapan ku bisa kesana
    komentarin link

    http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

    berdasarkan blog catatan.saadillah.com
    ya sob

    ReplyDelete
  26. huwaaaa....sumpah dari dulu pengen banget jalan-jala kayak gini..tapi apa daya,ijin orangtua nggak terkantongi-,-"

    ReplyDelete
  27. Meykkesantoso: Daripada iri mending dateng langsung ke tempatnya, Yuk... :D Hihi iya, bakalan jadi sejarah yang indah...

    Oke, salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  28. Ami Potabuga: tak secantik aslinya, kalo kesana langsung lebih kece lagi. :D
    Ah, ajak-ajak saya juga kalo naik gunung... :P

    ReplyDelete
  29. Ahmad Saadillah: Banget! Oke salam kenal juga. Mau ke sana? nabung dulu, trus ngumpulin temen dulu baru caaauu...

    Sip, nanti mampir deh... :D

    ReplyDelete
  30. Permaisuri: Jangan ditunda-tunda, ayo jalan. Rayu dulu orangtuanya, kalo nggak ajak aja ortunya kesana.. :p

    ReplyDelete
  31. wah keren sunrisenya..
    want it.
    kapan nih ngajak gue jalan2 :p

    ReplyDelete
  32. keren nih. Kasian mas wawan harus mutter-muter lama *pukpuk wawan*
    Dan itu foto siluet yang lagi loncat sendirian, keren sangat :D

    ReplyDelete
  33. Bang Rivai: Wkwkwkwk... Pastinya dong.. :D
    Eh masa gue yang ngajak jalan-jalan, ada juga elu..
    #kaborrr#

    ReplyDelete
  34. Bang Dwi Kresnoadii: Siapa yang keren? Saya?
    Hahaha... Salah sendiri bawa motor :P

    Wow, itu sayaa itu saya...
    :D

    ReplyDelete
  35. Keren Mbak..
    saya paling suka foto-foto siluetnya :)

    Salam kenal ya Mbak :)

    ReplyDelete
  36. Riki: Yups, itu yang moto emang fotografer, jadi bagus-bagus hasilnya.. hehehe

    Oke salam kenal juga... :D

    ReplyDelete
  37. keren..apalagi pas adegan pura2 nanam sayur hehe kompak euy :P

    ReplyDelete
  38. Wahahaha... Fotogenik semua yak.. wkwk

    ReplyDelete
  39. widihhh enak banget liburannya, seger tuh kliatanya..

    ReplyDelete
  40. Bang Tofik dwi pandu: hehehe bukan seger lagi, tapi seger bangeeeeet...


    Peri Hujan: Iya, makasih udah mampir kemari.. :D

    ReplyDelete
  41. seru kali ya maen kesana hihihii
    pasti dingin banget tuh cuacanya ekstrim

    ReplyDelete
  42. Keren nie liburannya..ikutan gabung kak..

    kunjungan baliknya di tunggu kak;D

    ReplyDelete
  43. wah aku kira negeri di atas awan cuma di puncak mahameru hahaha ternyata dieng juga

    ReplyDelete
  44. hasil cepretannya keren banget..ditambah ilustrasi yang kren
    serasa ikut terhanyut dalam kegembiraan.. :D

    ReplyDelete
  45. Iya, saya di Makassar :)
    Pake gamis tapi bisa jalan cepat? Wuiih keren :)
    Btw, kolom komennya gak bisa yang berbalas2 ya (kolom komentar berjenjang)?

    ReplyDelete
  46. keyen kaka'.... jadi pengen gua ke dieng, tapi sama siapa yakkk

    ReplyDelete
  47. Saya belum pernah menjejakkan kaki di Dieng, sedikit banyak info tentang suasana disana baru saya dapat di tulisan ini.

    ReplyDelete
  48. huaaaaaaaaaaaaaaaaah keren banget :D
    saya jadi ngiri deh hehe

    semoga suatu saat saya jg bisa kesitu, aamiin

    ReplyDelete
  49. @Mei Wulandari:Coba kesana aja, seru loh. Gak akan pernah terlupakan. Iya emang dingin banget di sana, kudu bawa baju tebel trus dipake dobel.. :D

    ReplyDelete
  50. @Obat Penyakit Diabetes Melitus:
    Mau ikutan gabung? boleh banget. Tahub ini target petualangan saya seru-seru loh.. :p

    Oke ditunggu aja yaa..

    ReplyDelete
  51. @Rinem:
    Kalo di Mahameru sebutannya samudera di atas awan bukan negeri di atas awan. tapi belum pernah langsung ke mahameru sih, pengen banget padahal.. :D

    ReplyDelete
  52. @Sigit Putra Nusantara:Iya, soalnya yang moto emang fotografer.. wkwk
    Mudah-mudahan bisa menyusul kesana, kak. Rasakan langsung kegembiraannya... :)

    ReplyDelete
  53. @Mugniar:
    Ada apa aja di sana kak? Kalo ada yang seru-seru boleh dong kasih infonya, siapa tahu bisa main kesana... :) Hihihi
    Iya, saya juga gak paham, udah berkali-kali ganti gak bisa juga.. hemmm...

    ReplyDelete
  54. @ahmad muazim abidin: Makasi yak, ajak temen-temen yang banyak biar makin seru liburannya... :D

    ReplyDelete
  55. @Chaerul Anwar: Mudah-mudahan bermanfaat yaaa... :)

    ReplyDelete
  56. @Oktavia Mita:Ayooo kumpulin uang dan kumpulin temen yang banyak. Kesana seru banget loh, gak rugi deh.. #ngomporin

    Aamiin... :)

    ReplyDelete
  57. Replies
    1. ayo kak, ke Jakarta dulu. nanti kita hiking bareng... :D

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...