Monday, 2 January 2017

Refleksi di Awal Tahun 2017 “Tentang Sahabat yang Hilang”

(sumber foto: www.vegma.com)


Suatu ketika aku pernah berpikir, kita gak akan berkembang kalo terus sama-sama.

Inget nggak film 5cm? Saat itu mereka 5 sahabat udah bertahun-tahun temenan, kemanapun selalu bersama. Sampai akhirnya seorang diantaranya menyadari sesuatu, kok hidup berjalan gini-gini aja ya? Kumpul, nongkrong, ketawa-tawa bareng, saling ledek, asik sih tapi terkadang merasa tidak ada kemajuan satu sama lain.

Akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah beberapa bulan. Trus apa yang terjadi? Mereka bingung harus ngapain, yang bisanya nongkrong bareng tiap hari, tapi sekarang nggak bisa ketemu, nggak bisa ngobrol, nggak bisa teleponan. Emang sih terasa sepi, kangen, tapi mau gimana lagi?

Ternyata di balik itu semua ada hikmahnya, ada yang biasanya males nyelesain skripsi eh selama beberapa bulan itu semangat banget buat ngerjain, ada yang sibuk dengan pekerjaannya, ada yang sibuk cari cewek, ada yang jadi lebih produktif dan lain-lain. Apapun itu setidaknya ada perkembangan bukan?

Sampai akhirnya mereka dipertemukan dan melakukan petualangan yang luar biasa, beberapa bulan sebelumnya mereka belajar, belajar untuk tidak bergantung dengan teman, dan setelah ketemu mereka tetap sama seperti sebelumnya, tidak ada yang berubah, tetap saling ledek, ketawa, dan saling mendukung.

Lewat kisah itu aku jadi inget temen-temen, meskipun sekarang udah jarang banget ketemu, jarang ngumpul, jarang jalan-jalan bareng. Tapi setidaknya mereka menunjukkan perkembangan mereka meskipun kita nggak sama-sama.

Ranger, udah lama rasanya aku tidak menulis tentang kalian.

Kak Yudis/kakek, yang tengah disibukkan dengan studio fotonya, aku belajar bahwa mimpi itu memang gratis tapi perlu usaha untuk menggapainya. Saat terakhir aku berkunjung meskipun cuma mampir dan minta makan sih :D kau tetap sama seperti Kak Yudis yang ku kenal, baik, berisik, dan bisa diandalkan.

Kak Lina, yang sekarang udah jadi founder Smile Backpacker, dari yang awalnya cuma 2 orang sekarang udah banyak anggotanya, yang aku lihat perkembanganmu di dunia skenario juga mulai melaju, dan kau masih sama seperti dulu,  tegas, teguh dengan prinsip, juga keras kepala dalam kebaikan. Setidaknya itu yang aku lihat.

Lisfa, seorang yang tetap setia melakukan apa yang dia mau, seorang yang ingin fokus di dunia pendidikan dan disabilitas. Secara tidak langsung kau juga mengajarkanku bahwa merantau bisa mengubah hidup, semoga suatu saat aku juga bisa merasakan merantau seperti dirimu.

Bang Miqo, sahabatku yang ada di negeri jazirah. Aku tidak tahu akan menulis apa tentang dirimu, hm... barangkali produktifitasmu di dunia literasi bisa aku acungi jempol. Karena diam-diam udan nerbitin buku aja dah, padahal banyak kesibukan di sana.  Semoga suatu saat bisa ketemu ya ...

Terimakasih telah memotivasi lewat perkembangan kalian. Kalian telah membuktikan bahwa meraih impian kita tidak harus selalu sama-sama, karena setiap orang punya potensi yang berbeda, tujuan hidup yang berbeda, keinginan yang berbeda pula.

Kalau boleh jujur, aku sendiri belum ada perkembangan apa-apa, aku tertinggal sangat jauh,  dan sulit melangkah menjajari kalian. 

Tapi, tidak apa aku akan terus berusaha melakukan yang terbaik, setidaknya 2016 mengajariku banyak hal, masa-masa yang sudah lewat begitu saja, waktu yang telah aku sia-siakan, ah betapa aku banyak berpikir tentang hidupku belakangan ini.


Terima kasih untuk kalian yang membaca kisah ini... :)


Jakarta, 2 Januari 2017

40 comments:

  1. Wih keren, kisah 5 orang dengan segala pencapaiannya masing-masing. Duh jadi keinget haru-harunya pas nonton 5cm pas baca postinganmu kak. Dan tiba-tiba juga keinget sama 3 sahabatku yang sekarang pada sibuk di tanah rantau masing-masing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... Gak tau kenapa aku juga tiba-tiba keingetan sama 5cm, aneh banget! :D

      Delete
  2. Kalo kata gue sih cuma udah abis masa-nya aja *CMIIW dan kita gak bisa apa apa kalo masa-nya udah abis.

    Oh iya salam kenal kak, member baru BE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya habis masanya apa yak? wkwk

      Oke, salam kenal juga yaaaa... :D

      Delete
  3. Wahhh... 5 CM, pernah tuh aku nonton.. ceritanya emang seru, penuh pertualangan dan cinta.. :D

    Kalo sahabat sih, cuma datang dan pergi.. jarang ada yang benar-benar klop.. sekarang sih pada sibuk urusan masing2.. )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, mereka datang dan pergi. Meskipun beberapa orang nggak begitu sih :)

      Delete
  4. Eh, wait - wait.. Kok saya juga ngerasa, ya ? pertemanan yang udah 4 tahun dengan sahabat saya gitu - gitu aja.. Ngerasa banget pas nyeritain soal 5cm ini.. Aslinya pernah nonton ini film tapi nggak mendalami kayak gini saya cuma fokus ke petualangan ke gunungnya..

    By the way, saya juga nggak selamanya dngn mereka pernah hampir 6 bulan pisah, dan bisa dibilang enam bulan itu perkembangan saya ada, banyak malah.. sampai saya niat bikin blog andikamachmud.com

    Kok saya jadi ngerasa banget, ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal nggak maksud bikin baper lho... wkwk

      Delete
  5. Film ini memang menginspirasi banget, semenjak film 5 cm banyak sekali orang-orang yang mendaki :)

    Di ceritakan lagi jadi inget dan lebih semangat lagi :)

    Semoga di tahun 2017 ini bisa lebih baik lagi dan semoga doa n cita2nya tercapai semua ya.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, sekarang gunung udah jadi tempat liburan, rame!

      Aamiin Ya Rabb ...

      Delete
  6. Duhh... Mba postinganmu ini bikin saya jadi nostalgia banget nih ke zaman awal-awal kuliah. Tentang sahabat-sahabat yang hilang karena harus kuliah di kota yang beda-beda, sedih banget huhu. Btw sahabat-sahabatmu orangnya keren-keren semua ya, kak titip salam buat mereka, terutama buat Lisfa yang fokus membuat hidup orang lain jadi lebih baik.

    Jadi pingin baca lagi novelnya ih, mba sayang novelku dipinjem temen dan dihilangkan padahal itu hadiah ulangtahun waktu saya masih ABG huhuhu *lah kok jadi curhat*

    Btw salam kenal, mba. Mari ih kita berteman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... nanti kalo ketemu disalamin yah...
      Emangnya belum sempet dibaca?

      Okay, mari berteman... :D

      Delete
  7. Kok gw jadi terharu yaaaa baca ini

    ReplyDelete
  8. Sahabat2 mu luar biasa semua ya! Bangga banget tuh punya sahabat kayak gitu.

    Gue juga setahun belakangan ini udah jarang bertemu sahabat. Gue merantau cukup jauh dari rumah gue. Alhasil klo ketemu, ya reuni gitu. Sambil bercerita panjang tentang kehidupan masing2. Seru lah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia asiknya kalo ketemu lagi, suka nostalgila masa-masa pernah bersama... tsahh... :D

      Delete
  9. Kaaak temennya keren-kereen :') kakak juga keren tapi kok :D moga kelak Allah permudah mimpinya digapai yaa, kak. Eh, ndak ndak, moga Allah perkuat pijaknya kakak, dan cukupi bekalnya kakak supaya bisa lekas terjamah mimpinya \(^^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaimiin yaaa... Semoga, terimakasih... :)

      Delete
  10. Tetap semangat, Erni! Jadikan kesuksesan teman-temanmu untuk pemicu motivasi di dalam diri supaya bisa menjadi yang kamu inginkan. Karena, setiap orang punya jalan kesuksesannya masing-masing. :)

    ReplyDelete
  11. Syedih baca postingan ini. Jadi inget temen juga yg sekarang makin jarang kumpul. But life goes on. Dan sekarang sudah ada dunia masing2 dan tetap kalau kumpul bakalan seru abis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... itu dia serunya, meskipun lama gak ketemu tapi nggak ada yang berubah, tetep nyenengin.

      Delete
  12. heu kadang perlu ya bikin jarak biar gak bosen gitu, lalu ngeliat teman2 kita udah pada berkembang jauh, diri ini kayaknya masih gitu2 aja, galau seketika :'))

    ReplyDelete
  13. Teman temanmu udah punya kesibukan masing masing ya, hmmb kalau punya impian harusnya diwujudkan, berusaha sekuat tenaga, iya bener juga mimpi itu gratis ya. Hehehehe

    Semoga kamu bisa mengikuti jejak kawan-kawanmu ya.

    ReplyDelete
  14. That's... bahwa mimpi itu gratis, namun untuk mewujudkannya memang butuh usaha. Kalo boleh menambahkan butuh perjuangan dan pengorbanan juga.

    Wah, saya yakin kau juga udah banyak kok perkembangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget!

      Hmm... apa yang perkembangan gue? #mikirkeras

      Delete
  15. 5 cm itu memang sangat inspiratif ya. mencari tantangan dalam persahabatan dan sekali dipertemukan, petualangaan yang mengakrabkan mereka kembali. Yap, meraih impian tak harus selalu bersama-sama, karena ptoensi dalam diri orang berbeda dan tidak bisa dipaksakan untuk sama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... Kalo semua sama gak seru dong jadinya.. :D

      Delete
  16. eh si yudis itu kayaknya aku kenal deh eh tapi nggak tau juga sih
    tapi kak lina mah kenal banget walaupun lewat sosial media hehe

    kalau mau berkembang memang harus pisah, karena bisa jadi kalau terus2an sama2 malah jadi keenakan masuk zona nyaman dan susah untuk diubah dan resistennya tinggi banget. itu sih yang sering aku lihat di temen2 seperjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih kenal di mana pik?

      Iya udah terlalu nyaman ntar keenakan, bener juga yaaa...

      Delete
  17. setiap pertemuan pasti ada perpisahan.. aku sedih banget abis lulus kuliah jadi pisah sama teman2. tapi aku juga bahagia, karena mereka menjemput impian mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang dengan pencapaiannya masing-masing. Sukses juga ya buat kamu...

      Delete
  18. Kalo ngomongin sahabat itu gak akan ada habisnya, kadang bikin bahagia, kadang juga ngeselin. Ya namanya juga sahabat ya kan?.

    Tapi kalo sampe pisah ninggalin sahabat gitu sedih banget ya :(, yang biasanya bareng-bareng, eh sekarang pisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan nggak selamanya pisah itu buruk, justru kita jadi belajar buat nggak tergantung sama orang lain.. :)

      Delete
  19. Dari teman2mu aku cuma kenal sama Lina doang hehehe
    Tetep semangat ya Erny, tahun 2016 lalu bisa kau jadikan panutan agar lebih baik di tahun ini siiip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya dia dulu aktif di blogger energy juga...

      Iyaa,, makasih kak.. :D

      Delete
  20. Wah, keren-keren sahabat-sahabat lu.

    Gua jadi inget dengan sahabat-sahabat gua yang sudah menemani gua selama 3 tahun menuntut ilmu di MAN. Mereka rata-rata sudah menunjukkan perkembangan yang teramat sangat hebat. Dan gua sendiri pun merasa sama dengan lu. Biasa-biasa aja dengan perkembangan gua. Gua bangga bisa punya sahabat-sahabat super seperti mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, gue merasa biasa-biasanya, nyaris nggak ada perkembangan. Makanya perekembangan mereka bikin gue termotivasi... hehehe

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...