Friday, 1 April 2016

Misteri Perjalanan ke Curug Cibereum

Bismillahir rahmaanir rahiim...

Haiii... Apa kabar semuah? udah lama nggak ngeblog nih, terhitung postingan terakhir tahun 2015 dan sekarang udah 2016 lewat banyak. Parah ini blog gak pernah diurusin, kasihan kamu blog.. puk puk..Kali ini gue akan berbagi kisah tentang perjalanan gue yang masih anget, bukan anget-anget tai ayam yah! Inget!


Seperti biasa perjalanan ini bisa dibilang dadakan karena malam hari sebelum keberangkatan baru diputuskan. awalnya kan mau ke papandayan tuh trus gak jadi trus jadi lagi trus nggak jadi lagi, udahlah ya ntar sakit hati kalo ngomongin papandayan mah.


Nah, karena berhubung gue udah bikin kecewa anak sepupu gue yang namanya Arra (biasa gue panggil Cucun), dia yang udah packing ternyata gak jadi pergi, akhirnya dia bilang mau ke TMII aja kan bisa keliling nusantara tuh. Tapi malamnya pas latihan musik si Rifki malah ngajakin ke Puncak (Cibodas/Curug Cibereum), yaudah deh destinasinya berubah lagi. #labil -_-


Malam itu gue habiskan waktu buat searching-searching rute perjalanan dan realitanya rute perjalanan gak selamanya bener. CATET YAH! CATET!


Paginya gue dan Ara langsung menuju stasiun tanah abang. Kita janjian sama Rifki di Stasiun Bogor. kereta lumayan penuh kita berdiri di gerbong kereta, cekikikan berdua Ara biar gak bete dan kita baru dapat tempat duduk di stasiun cilebut, Satu stasiun sebelum Bogor! Yeaaay!! -_-


Turun kereta kita langsung cari Rifki karena kita ada di kereta yang sama cuma beda gerbong aja, gak lama nongol deh tuh orang. Sampai di Bogor sekitar jam 10 pagi kita langsung cari makan buat sarapan dulu, padahal udah makan roti di jalan. Maklum orang Indonesia kalo belom makan nasi artinya belom makan. Kita mampir beli soto mie bogor di dekat stasiun sambil nontonin pencopet dikejar-kejar orang. Ini serius loh!


Saat itu Ara nanya sama gue,"Teh perjalanan kita kok gini banget ya?" tanya dia saat ngeliat pencopet itu. Gue hanya menjawab."Yah, begitulah hidup," sambil menikmati soto mie bogor di stasiun.Kita kembali melanjutkan perjalanan dengan naik angkot C03 warna hijau menuju Terminal Baranangsiang, gue menikmati sampai nggak terasa gue ketiduran di angkot dan kelewatan deh. meskipun kelewatan nggak jauh dari sana kita dianterin balik sama sopir angkotnya, wah baik banget dia, masih jomblo gak ya? :?:


Sampai di terminal menurut informasi kita harus naik Elf L300 ke arah Cipanas, katanya sih mobilnya warna putih dan udah jelek gitu, gue sih gak bisa ngebayangin bakal gimana gue di Elf nanti. Tapi kenyataannya kita serasa di PHPin sama Elf L300 itu... kan ngeselin. Udah berkali-kali saya nanya sama kondektur di terminal baranangsiang, mereka cuma ngomongnya "Tunggu aja, Neng. Biasanya mangkal di sana."


Kita nunggu nyaris jadi orang gila di terminal, Ara mulai ngomong sendiri, Rifki diem aja, trus gue harus gimana dengan keadaan ini? Hayati lelah nunggu yang nggak pasti (edisi curhat colongan).


Sekitar dua jam kita di terminal gak ada tanda-tanda itu mobil bakalan dateng. Yaudah akhirnya kita keluar terminal dari cari angkot disana. kita nanya sama orang dia bilang naik angkot dulu ke Ciawi, abis itu lanjutin angkot ke cipanas. Aduh... kenapa nggak dari tadi aja kesana. abisan kan kesel gue baca di internet cuma L300 satu-satunya mobil yang bisa membawa kita ke Cibodas.

Menunggu angkot ke Ciawi

Nunggu angkot kita langsung capcus menuju Ciawi, naik angkot nggak begitu lama, kita langsung pindah angkot lagi. Cukup lama kita duduk diangkot nunggu penumpang sampe penuh dan kayaknya nggak ada yang mau naik, akhirnya kita putuskan untuk selfie dulu... eh malah kondekturnya ikutan selfie padahalkan nggak di ajak tau... -__-

Selfie bareng abang kondektur

hampir setengah jam itu mobil gak jalan-jalan dan tidak ada tanda-tanda akan nambah penumpang. Keki banget kan? Sungguh menunggu adalah hal yang paling nyebelin. Nggak lama kemudian sang supir dengan wajah tidak berdosa meminta kita untuk pindah ke Elf L300 itu, wah ternyata Elf itu emang ngetemnya di Ciawi bukan di Baranangsiang, uhh nungguin sampe tua juga nggak bakal lewat.


Seperti yang gue duga ternyata di dalam mobil memang penuh banget nyaris gak bisa duduk, sang kondektur memaksa penumpang dengan keji untuk masuk ke dalam, secara Elf ini emang agak lama juga kalo nunggu jadi terpaksa kita naik. Kurang lebih dua jam kita sampe di Cibodas dengan ongkos Rp. 30.000/orang, lumayan bikin tepos dan turun-turun baju gue udah basah karena saat itu hujan dan kaca mobilnya rusak. Yah, beginilah nasip.


Di Cibodas kita nginep di Warung Mang Idi, rumah makan yang emang menyediakan tempat istirahat. Sampe-sampe kita langsung makan dan ngemil-ngemil sambil main jempol-jempolan. Tau gak mainan apa? Yah susah dijelasin disini, pokoknya seruuu...

Pintu gerbang menuju curug cibereum

Entah apa maunya ini anak, gue pun gak ngerti

Paginya kita udah siap-siap untuk menuju ke curug cibereum, seperti dejavu rasanya pernah trail run atau mendaki gunung gede pangrango. tapi kali ini kita cuma main ke curugnya aja karena belom pernah kesana, kita udah niat banget bakalan mandi disana. 

Perjalanan paling asik kalo udah lewat jembatan ini

Kebanyakan foto selama perjalanan

Ehm... ini gak alay kan?

Perjalanan sekitar satu-dua jam kita udah sampe di curug, gak terasa karena sepanjang perjalanan kita becanda mulu. Sampai disana gue mulai menyadari bahwa realita memang tidak semua sesuai dengan ekspektasi. Baru sampe pinggiran curug kita udah menggigil kedinginan, boro-boro nyebur, kita cuma asik foto dan menikmati pemandangannya hari itu.

Kira-kira begini penampakan curug cibereum

Begini jadinya karena gak jadi mandi

Cuma bisa mandangin air dari jauh, gak berani nyebur

Sampai di pos kita langsung mandi, selesai mandi tiba-tiba hujan. Yah lagi-lagi seperti sia-sia kita mandi karena ujung-ujungnya basah lagi. Yah begitulah hidup ini gak bisa ditebak kayak isi hati kamu... Sebenernya perasaan kamu gimana sama aku? (Tiba-tiba melodrama)


Kita nggak lama disana dan kembali turun lagi karena mengejar waktu buat pulang. Padahal saat itu masih siang tapi gue harus balikin si Ara yang notabennya gue culik buat ikut backpackeran, yah gue emang suka gitu orangnya, suka nyulik-nyulik orang.


Oke, mungkin sekian yang bisa gue ceritain, karena gue takut ini tulisan bakal kemana-mana kalo dilanjutin. Pesan gue dari tulisan ini cuma satu "JANGAN PERNAH NAIK ELF300 DARI BARANANGSIANG."

Salam Petualang

Erny Binsa

37 comments:

  1. Wih asiktuhh, kenapa gak jebur aja mbak, kan ntar bisa renang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak sih emang bisa renang.. tapi dingin banget takut beku.. :D

      Delete
  2. Yaampun kasian amat ya.. Udah nunggu lama eh taunya salah. Untung gak nunggu disitu terus.. hehe

    Wah kece tuh air terjun. Dingin gak airnya? Ehehe.. :))
    Indonesia itu indah jangan di rumah aja. *biar keliatan gaul.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah paling gak suka di PHPin, apalagi sama angkot...

      Iya dingin makanya gue gak jadi nyebur... :D

      Delete
    2. Bukan sama angkot aja deh kayaknya, php itu sakit... hehe

      Tapi gak seru lah klo gak nyebur... hehe

      Delete
    3. Malah curcol -_-

      Hahaha... Takut beku :D

      Delete
  3. Hallo Erny... Ke mana aja, sih? Baru nongol lagi.. Pasti udah lupa sama Pangeran Wortel... Hem....

    Perjalanan yang seru banget, ya. Bertiga. Kalian gak ada yang cinta segitigakan?? hahahaha. Kasihan banget, udah lama nunggu, eh rupanya salah ya.. :D Tapi, pada akhirnya sampai juga di Air Terjun yang... Sserius, itu keren banget. Kenapa gak jadi Nyebur? Kan enak tuh, diterpa debur air... Halah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih... Udah satu semester nggak ngeblog, jadi kangen ngeblog lagi. Yaah gak lupa Pangeran,, :D Wah keren masih masih produktif ngeblog ya. Kalo ngeblog ketemunya wortel lagi wortel lagi... -_-

      Hahaha, gak ada cinta-cinta begituanlah. Masih pada bocah harus ngajarin yang bener.
      Gak sanggup mau nyebur padahal udah niat. Tapi realitanya.. Yah... begituu... :D

      Delete
    2. Buset... 1 Semester gak ngeblog? Ngapain aja sih, Erni? Alhamdulillah kalo gak lupa sama gue. :) Gue blm bisa dibilang produktif kali, masih mencoba belajar konsiten aja. :)

      Duh.. gue ngebosenin ya ni? -_-

      Hahaha, gue kirain bakalan ada cinta2an gitu. Halah. Masih kecil? Apanya? Idungnya. XD

      Nah.... rugikan.. Nyebur dong.. Siapa tau pas naik ke daratan jadi Es Balok. :D

      Delete
    3. Yaaaah... Ibarat kampus cutinya satu semester, berlaku juga di blog gue.. Hahaha... Nah itu belajar konsisten itu yang susah.

      Yeeee Seriusan itu masih bocah SMP kelas 1 tauu...
      Nah itu dia, masa gue gue berubah jadi princess Elsa, kan gak seru.. :D

      Delete
  4. haha bukan cinta segitiga abang pangeran wortel, tapi ada yang jatuh cinta diam diam haha, ngomongin diri sendiri.
    kalo ngeliat catatan perjalanan gini,jadi males mau ngampus, pengennya jalan jalan aja, refreshing, santai.haha

    ujung-ujungnya nggak lulus-lulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaah... ini lagi. Pada baper banget.. -_-
      Iyaah... ngapain ke kampus, bolos aja trus jalan-jalan :D
      #rayuanmaut

      Delete
  5. trip dadakan lebih seru dari trip yang udah direncanain. "inget itu"
    hehehe tapi yaa harus siap resiko, yaa kyag cari rute dadakan terus diphp ELF yang sampai nenek-nenek mbentuk idol grub bakal gak lewat-lewat.

    tapi gak tau kenapa yang pakek kerudung biru selalu dekat sama sicowok, terbukti dari foto-foto itu, atau mungkin bener kata admirer yang suka secara diem2 dan trip jadi alasannya :D hehehe piiiss.

    masih enakan hidupmu bisa trip sana sini sedangkan gue cuma lewat gambar ajah liat2 pemandangan bagus. curug cibereum juga keren banget dan gak bisa bayangi betapa dinginnya disana sedangkan disini panas banget apalagi pas liat mantan jalan sama pacar barunya, malah makin panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Nggak juga kok, itu yg kerudung biru ponakan gue masih SMP, masih bocah gak boleh cinta-cintaan... :D

      Ini malah udah jarang ngetrip, jadi yang dicari tanggalan warna merah...

      Jiailaaahhh bawa-bawa mantan -_-

      Delete
  6. Wuaaaaaa asik banget ke Curug Cibeureum, aku mau aku mau aku mau aku mau banget kalo diajak jalan jalan. Kebetulan aku baru nyampe ke Kebun Raya Cibodas doang.

    Btw soal mobil L3000 sebaiknya nggak nunggu di terminal, tapi di pintu masuk Tol Jagorawi yang puteran sebelum Botani Square Mba. Kebanyakan si mobil putih jurusan Cianjur itu emang mangkal di situ. Atau sekalian nunggu di dekat jalan masuk menuju kampus Universitas Pakuan.

    Wah, nginap di Warung Mang Idi. Pengen deh aku ngerasain rasanya nginap di warung gitu.

    Semangat backpackeran. Aku juga udah lama nih nggak backpackeran lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa saya juga baru tahu kalo ternyata ELFnya udah pindah haluan nggak di Baranangsiang lagi.

      Coba dong ke Warung Mang Idi, Murah kok cuma bayar 5ribu aja per orang, hehehe... Murah meriah kan...

      Ayo angkat ransel.. :D

      Delete
    2. Ayooooookkkkk .... hihihi.

      Delete
  7. Udh usang bgt ini blog gak disentuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lu ngaca deh kek, blog lu lebih usang daripada blog gue taoohh.. :p

      Delete
  8. Haloo, ciee udah balik ngeblog lagi nih. Ayo dong isi blognya dengan cerita-cerita petualangan kayak gini kan seru hehe.

    Itu beneran cuman direncanain semalam sebelum berangkat? Keren juga yaa. Tapi mending gitu sih, daripada ntar rencananya jauh-jauh hari, eh ujung-ujungnya nggak jadi.

    Soal pencopet di stasiun itu beneran? Kayaknya bakalan menambah pengalaman backpackermu juga nih, ketemu copet di tengah perjalanan. Terus copetnya jadi ketangkep nggak?

    Yaa, seenggaknya semua usaha itu terbayar yaa setelah sampai di tempat tujuan. Meskipun naik elf yang kurang bagus, tapi kan waktu nyampe di air terjunnya kan semua pasti sudah terbayar dengan pesona alam tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sih gitu... Mudah-mudahan aja gue bisa konsisten nulis lagi.. hehehe

      Iya itu rencananya cuma semalam aja, besokannya berangkat. Soalnya gue juga pernah ngalamin hal yang sama tuh, udah bikin rencana eh malah pada gak jadi. kan keki...

      Gak tau ketangkep atau nggak, soalnya kitanya sibuk makan. hehehe...

      Delete
  9. selamat datang kembali ke dunia blog.

    selama baca postinganmu, aku jadi salah fokus sama mamang2 angkotnya. gunawan banget. gemen ama kepalanya yg plontos, hahahaha..
    dalam semalam kalian berencana dan kalian sampai ke air terjun indah itu? mau ikut.. sejuk banget, ayem tentrem, ah ketahuan nih akunya kurang piknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal Fokus... Mau dikenalin sama abang kondekturnya?

      Ayolah kita jalan... :D

      Delete
  10. emm... sounds cool!
    terakhir dan pertama saya main ke curug itu.. waktu camping kelas 10. di curug 7 kalau nggak salah di jawa barat, dan saya tay kalau curug itu emang enak banget buat dijadiin wisata air. belum keren kalau belum nyebur waktu lagi di curug, walaupun... airnya terbilang dingin banget. hahaha, boleh juga ni cibereum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa bolehlah mampir bro... Ini juga kesana karena deket aja dari jakarta, trus karena penasaran sering kesana tapi belom pernah ke curugnya...

      emang bener apa kata lu, paling enak nyebur.. jangan bikin gue menyesal... -_-

      Delete
  11. pasti seru banget bisa ke curug bareng teman2.. trs basah2an disana. pemandangannya jg masih asri ya.

    oh iya, kalo berkenan folback blogku ya. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw gue gak basah-basahan... orang gak nyemplung...

      Delete
  12. Serunya itu pas perjalanannya. Lain kali naiknya jet pribadi aja biar langsung nyampe.. hehe
    Tapi yang kayak gitu malah asyik, jadi ada ceritanya. Coba kalo perjalanannya mulus-mulus aja, mungkin tulisan ini gak bakal ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan yang panjang justru menciptakan banyak cerita, bener apa kata lu... :D

      Delete
  13. Holaaaa, ah main ke cibereum yaa. gue kok ya ngerasa semua orang udh pernah ke sana sedangakn gue sendiri yg belom. waktu nanjak ke gede tahun lalu ga sempet mampir ke curugnyaa. trus keknya di sana tuh rame terus ya? apa mungkin karena paling deket dr jkt jd akses gampang.
    btw, elf 300 itu naiknya dari ciawi, gilee gue baru tau. pdhl selama ini gugling jawabannya selalu di baranangsiang -__ thx banget looh jd tau info terupdatenya X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah gue juga sering mondar mandirnya ke gede pangrango, justru ke curugnya yang belom jadi yaaa mampir... Iya rame banget...

      Bener banget, di googling kebanyakan naik dari baranang siang tapi itu entah tahun berapa. Iyah sama-sama kak...

      Delete
  14. Wah, saya tau perasaan mbak yang pengen nyebur tapi nggak jadi karena airnya dingin. Itu bikin galau. Kalo nyebur ntar kedinginan, kalo nggak nyebur udah terlanjur bawa pakaian ganti.

    Bedanya baranangsiang sama baranangmalam itu apa ya mbak? baranangmalam lebih dingin kali ya :D

    Nggak dosa kok ngajak kondektur selfie bareng. Buat hiburan, soalnya nggak ada yang naik angkotnya. Menghibur orang yang kesusahan itu pahala gede lho mbak.

    ReplyDelete
  15. Gak kebayang kalau asyiknya mandi dibawah siraman air terjunnnya. Keren abis deh. Tapi sayang lho, gak nyebur. Air Terjun Cibereum yaahh, eemhh *catat namanya di buku destinasi liburan wkwkwk

    Tapi gapapasih gak nyebur, asal udah dapat dokumentasinya yang tak kalah keren juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih sayang... tapi yaudahlah yaah... jangan bikin galau oy..
      -_-

      Delete
  16. Seru ya mian main ke air terjun. Sepi gitu lagi, into the wild bangetlah pokoknya, jadi iri liatnya, tapi sayang banget enggak madi mandi ria, pasti seru lho.

    Aku jadi bayangin kesana juga, someday ah pengen, haruusnya itu emen temennya ajakin maen aer, lomba siapa yang paling betah menggigil kedinginan huahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis kan bingung juga kalo nyebur tar ga ada yang potoin.. hahaha

      Hahaha... silahkan berlomba sis.. :p
      gue ga ikutan yah.. :D

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...