Monday, 2 January 2017

#NgomonginBuku SUMMER IN SEOUL -ILANA TAN-



Sebelum ngomongin buku, saya mau kasih tahu salah satu resolusi saya tahun 2017 yaitu membaca 50 buku selama setahun. Artinya harus baca 4-5 buku dalam sebulan atau hitungannya 1 buku dalam seminggu. Begitulah kira-kira, kelihatannya mudah memang, yang susah itu konsistensinya. Hihihi ...

Buku pertama yang saya baca di awal tahun ini adalah bukunya Ilana Tan, pasti kalian yang sering ke toko buku udah nggak asing sama nama ini, juga novelnya yang berhubungan dengan musim. Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan Spring in London. Alhamdulillah saya udah ada ke empat bukunya dari baru mulai dinikmati sekarang.

Summer in Seoul, novel ini adalah novel pertamanya Ilana Tan yang terbit 2006. Btw Ilana Tan sendiri saya kurang mengenalnya karena dia gak suka di ekspos, biasanya saya setelah baca buku saya langsung cari tahu penulisnya, dan ternyata Ilana Tan termasuk penulis misterius dan sangat menjaga privasinya. J

Baiklah, lanjut ngomongin bukunya. Yup karena judulnya Summer in Seoul udah pasti latar belakang novel ini di Seoul, Korea Selatan, saat musim panas tentunya. Novel ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sandy (Han Soon Hee) keturunan Korea-Indonesia yang menetap sambil kuliah kerja di sana, kemudian ada Jung Tae Woo sebagai artis dan penyanyi terkenal.

Sebenarnya kisah pertemuan mereka bisa dibilang terlalu mainstrem, yaitu karena hapenya tertukar waktu belanja. Trus Jung Tae Woo yang digosipkan gay mencari cara untuk menghentikan gosip itu dengan mencari perempuan yang bisa dijadikan kekasihnya. Pasti udah ketebak dong kalau Sandy yang bakal jadi kekasihnya meskipun cuma bohong demi menghentikan opini publik.

Novel ini memang mudah ketebak dari awal ceritanya, tapi lama-lama baru sadar ada kejutan saat konfliknya, saat flashback ke 4 tahun silam secara tidak sengaja salah satu penggemar Jung Tae Woo meninggal dunia karena tertabrak mobilnya, tidak lain adalah kakaknya Sandy. Yah, begitulah kira-kira ...

Ngomong-ngomong Jung Tae Woo itu romantis banget deh, ini saya kutip salah satu percakapannya sama Sandy.

Sandy           : Walaupun aku hanya kekasih gadungan Jung Tae Woo, itu sudah cukup sulit bagiku.
Jung Tae woo : Jadi kau tidak mau punya kekasih artis?
Sandy            : Tidak, sebaiknya tidak.
Jung Tae Woo : Kalau begitu, apakah aku harus berhenti?
Sandy            : Kau bilang apa?
Jung Tae Woo : Apakah harus berhenti menjadi penyanyi?
Sandy            : Memangnya kenapa harus berhenti?
Jung Tae Woo : Karena sepertinya aku menyukaimu.

#Meleleh

Trus ada lagi nih,

"Kalau suatu saat nanti kau rindu padaku, kau mau memberitahuku?"
"Kenapa aku harus memberitahumu?"
"Supaya aku bisa langsung berlari menemuimu." 


#Melelehkeduakalinya

Secara alur cerita memang kisahnya mirip-mirip  drama korea, aduh serius! Baca novel ini serasa nonton drama korea lho, gak tau kenapa. Mungkin karena settingnya di Korea, trus nama tokohnya hampir semua Korea, dan juga penggambaran suasana ditulis mendetail sekali.

Nah, kalau kekurangan novel ini menurut saya yang pertama penggambaran fisik Sandy tidak jelas, dia seperti apa? Apa mungkin saya yang kelewatan bacanya? Trus, Jung Tae Woo itu terlalu sempurna, kalo ada satu lagi saya mau deh pesen satu tapi yang rajin solat! Hihihi ...

Apa lagi ya, Hm ... menurut saya konflik bathin Jung Tae Woo saat tidak sengaja menabrak penggemarnya sampai meninggal itu kurang diekspos dan kurang greget, apalagi itu termasuk konflik utama dalam novel ini. Oh iya karakter tokoh sahabat Sandy yang bernama Kang Young Mi itu kocak juga ya. :D

Mungkin itu aja ulasan buku dari saya kali ini, meskipun buku ini udah terbit 10 tahun yang lalu tapi tetap menghibur, Ah yang namanya buku memang nggak pernah basi bukan?

Sampai jumpa lagi sahabat ... J

Jakarta, 3 Januari 2016




15 comments:

  1. drngan membaca blog yang allhamdulillah bermanfaat banget ini, saya jadi tau kalo jung tae woo itu ganteng tapi gak pernah sholat! Hmm mending sama aku aja yuk, aku gak kedua duanya lhoh..

    Aku tinggu buku ini sampe kerumahku yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah payah dia mah, ganteng doang!

      Sama kamu? Gak mau ah. :p

      Delete
  2. Waduh salah fokus nih sama isi percakapnnya. Apalah dayaku yang hanya seorang jomblo, oh iya ngomong2 soal jomblo kalo boleh gue tebak ini buku kayaknya ngga cocok deh dibaca kaum jomblo, soalnya bisa bikin baper kronis bin akut takutnya. Apakah ada refrensi buku buat yg jomblo mba erny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru cocok dibaca jomblo, buat belajar gitu! :D

      Delete
  3. Aku juga punya resolusi begitu, minimal baca dua buku setiap bulannya di tahun ini. Meskipun gak beli, bakalan diusahain untuk minjam sama teman :D.

    Kalo drama Korea pasti bakalan bikin cewek - cewek meleleh ya. Tapi pas aku praktekkan kok tidak seindah yang dibayangkan ya :D. Beberapa jawaban yang sering di ungkapkan pacar ketika aku mencoba untuk berlaku seperti cowok korea, "Gombal aja ih", "Gak cocok kamu begitu, geli aku".

    Gak indah pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga terealisasi buat resolusinya... aamiin

      Nggak cuma cewek kok, ada temenku cowok tapi suka drama juga lho.

      Hem, kalo dipikir-pikir bener juga yaaa... Realita emang suka gitu.. :p

      Delete
  4. Kalo resolusi aku ga cuma membaca 50 buku per tahun tapi juga membelinya minimal satu buku perbulan.

    Ilana Tan ? Yaps nama itu sangat familiar.
    aku seperetinya pernah membaca novel ini, Entah waktu tahun berapa. yangpasti udah lama banget.

    btw sekarang sampulnya beda yah ? kayaknya ini sudah di cetak ulang.
    tapi wajarsih, ceritanya emang keren banget, endingnya ajib !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup aku juga punya resolusi buat beli buku.. tos!

      Iya ini emang udah lama sekali dan beberapa kali ganti cover bukunya. Meskipun begitu bukunya tetap mejeng di Gramedia dan baru-baru di filmkan..

      Delete
  5. Buat bukan penggemar kokoreaan kira2 penggambaran imajinasinya nyangkut ga yah. Takutnya pas ngehayalin Jung Tae Woo malah kepikiran Park Ji Sung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyangkut kok, tergantung bacanya fokus apa nggak.. wkwk

      Delete
  6. Saya mah bingung resolusi tahun ini apa ya, hehe. Duh sayang saya gak suka korea-korean, eh tapi kenapa ya di novel itu antar tokohnya selalu berhubungan??

    ReplyDelete
  7. HP tertukar saat belanja terus jadian? FTV BANGET!!! HAHa...
    Ya, gue langsung mikir ini kayak film2 FTV indonesia gitu. Ya walaupun ada banyak perbedaan, tetep aja FTV. hehe

    ReplyDelete
  8. Resolusi yang luar biasa mbk, aku kebetulan gak pernah baca novel wekekek.

    Lebih suka baca komik mbk.
    Ya kalau di lihat dari isinya sih emang bener ada drama korea koreanya gitu.

    Dan kayaknya cinta jung tae woo kepada sandy seperti kisah di FTV, wekekeekk

    ReplyDelete
  9. Resolusi yang keren. Gue juga mau nyoba baca banyak buku di tahun ini.

    Pernah denger nama Ilana Tan dan beberapa novelnya. Setelah baca review di sini, gue baru tahu bahwa ada yang bernama "Summer in Seoul". Hehe.

    ReplyDelete
  10. resolusi yang sudah mulai dilakukan yah teh. semoga bisa selesai sampai 50 buku. atau paling nggak setengahnya lah

    Aku rasa itu buku emang drama korea banget, cuman novel itu ada sebelum drakor booming artinya Iliana Tan ini bisa melihat masa depan haha

    ReplyDelete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...