Thursday, 29 November 2012

Tips Anti Nyasar



                                                              Bismillahir rahmaanir rahiim...
Dalam hidup ini siapa yang belum pernah nyasar? Ayo acungkan tangan tinggi-tinggi… Opss, dilarang angkat tangan kalo nggak pake rexona dualution ya… *garing, gan!*

Berhubung saya punya banyak pengalaman soal nyasar menyasar, maka dengan ini saya akan berbagi. Teringat kata Bang Arham dalam blognya, Gue Share karena kita kan Care. Istilahnya begitulah, jadi mudah-mudahan masih berkenan baca meskipun cuma sekedar Share, Share pengalaman. Pengalaman buruk yang mengesankan dan bisa jadi bahan tulisan meski cuma cuap-cuap doang.

Pengalaman itu lebih berharga daripada uang, itu yang pernah saya baca dalam sebuah buku, entah itu hanya alasan karena lagi gak punya uang atau emang lagi ngeles aja, whatever. Tapi pengalaman selalu membuat saya mengerti akan satu hal, bahwa ia adalah guru yang menunjukkan bagaimana langkah saya selanjutnya.

Et dah, kebanyakan curhat! Mana Tipsnyaaaaaaaaaaaaaa??
Wakakakak… Baiklah kita lanjutkan...

Sebagai teman yang baik, maka dengan ini saya sodorkan beberapa Tips jika anda nyasar, apa saja yang harus dilakukan? CATET!

PERTAMA
Baca doa sebelum bepergian/berpetualang
  Yang pertama harus kita lakukan adalah berdo’a, baca basmalah dan doa naik kendaraan tapi kalo gak naik kendaraan ya cukup dengan membaca doa keluar rumah, jangan lupa minta doa restu sama orangtua, sungkeman dulu, pamitan dulu, minta bekel dulu, Eh!

KEDUA
Ketahui Arah Tujuan Kita
Yang ini mungkin gak usah dibahas panjang lebar kali ya, toh hukumnya wajib kita mau kemana dan melangkah kemana, Jadi intinya NIAT dan TUJUAN.

KETIGA
Bawa Peta
Nggak usah gengsi bawa peta, karena hal itu bukan cuma hak prerogratif Dora the explorer doang kok, kita juga punya hak, hak asasi manusia. Kalo nggak punya PETA boleh pinjem sama tetangga sebelah atau bawa peta dunia yang biasa dipajang di depan kelas saat pelajaran IPS, wuih mantep kan? Tapi sekarang mah udah zaman serba modern, jadi anda bisa mengandalkan google maps. Namun, satu hal yang perlu diinget, gak cuma peta yang kita perlukan ketika tersesat tapi juga insting yang tajam.

KEEMPAT
Nanya Orang
Kalau udah bawa PETA tapi masih nyasar juga, anda harus belajar lebih banyak sama DORA. Maka jangan malu bertanya, tapi juga jangan kebanyakan nanya yang ada bikin orang sebel. Dan sebentar deh. Sebelum nanya kita juga harus jeli dalam memilih orang yang akan kita tanyai, harus yang benar-benar meyakinkan kalo bisa kita lihat wajahnya dengan seksama, kalao terlihat nyebelin gak usah nanya.
Dalam hal bertanya kepada orang lain, kita juga jangan terpaku untuk bertanya sama satu orang aja. Tapi bertanya di setiap belokan, bener gak nih jalannya? Gak selamanya nanya sama orang itu buruk kok, kan bisa sambil kenalan, kalo udah kenalan bisa tukeran nomor hape, udah gitu ajak ketemuan. #Modus#
Hehehe... Kenapa kita meski nanya sama lebih dari satu orang? Ya, supaya informasi yang didapat bisa lebih terpercaya dan terdepan mengabarkan *iklan*

 KELIMA
Jauhi Hari Selasa
Kata orang sih, hari selasa itu hari sial. Makanya kalau hari menunjukkan hari selasa sebaiknya jangan jalan, pasti nyasar, katanya. Tapi plis deh, gak usah dipercaya yang begituan. Gak nyasar gak keren kan? 
Pertanyaannya: Kenapa yang beginian dimasukin ke dalam poin??? HAH!!

KE ENAM
Anggaplah Nyasar adalah Bagian dari Rencana
Kenapa begitu? Ya biar gak nyesek-nyesek amat. Percayalah bahwa setiap perjalanan tuh gak ada yang bener-bener mulus, kita gak pernah tahu kan kalo bakal nyasar? Maka itu tulislah dibuku catatan anda. “HARI INI GUE MAU KE MONAS DAN PASTI NYASAR. KEREN, KAN? #apanyayangkeren?

KE TUJUH
Naik taksi
Jujur deh, sebenarnya saya sangat tidak menyarankan hal ini. Naik taksi, apalagi kalau nyasarnya sendiri, MAHAL! Lebih baik jalan kaki, toh gak bosen juga kok di jalanan. Kita bisa temukan hal-hal tidak terduga sebelumnya, misalnya nih dulu saya pernah nemu uang gopek di selokan, Wuiih rezeki tuh...
Tapi, kalau memang sudah kepepet banget. Ya gak apa-apalah naik taksi, sekali-sekali. Trus kalo nggak punya duit? Gampang! Kan bisa bayar di tempat tujuan. Trus kalo di tempat tujuan gak ada orang? Yaudah NANGIS! Nanya mulu sih.

KEDELAPAN
Bersikap tenang
harus selalu dijaga dalam kondisi "nyasar" adalah dengan menampilkan wajah yang tetap tenang dan tidak pani, .karena hal itu akan membuat fikiran kita tetap terbuka dan terus berfikir logis untuk dapat meneruskan penelusuran hehehe...


Udah deh begitu aja Tips jitu dari saya. Kalo ada yang mau nambahin monggo....
Saya selalu memegang teguh prinsip saya ketika sedang nyasar : “Sejauh apapun kita tersasar, percayalah kita akan selalu menemukan jalan pulang.”

Jangan lupa kalo kita nyasar, nggak ada salahnya Update Status. Setidaknya kita bisa mengabadikan setiap moment kenyasaran kita.  :D





Jakarta, 29 November 2012

Erny Binsa

23 comments:

  1. ane gak pernah kesasar :p

    yang ke enam itu bikin ane ngakak cuy...
    masa kesasar harus di rencanain :|
    di ketawain sama malaikat ente kalau kayak gitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa gak pernah kesasar? gak percaya... Ente belom menikmati hidup kalo belom nyasar, Gan! :p

      Hahaha... diketawain sama malaikat apa coba? :D

      Delete
  2. kalo nyasarnya di daerah yang ga masuk peta, nah itu yang bikin bingung.. idupin GPS, eh ga masuk google map wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya bener banget, sering banget nyasar terus ngidupin GPS eh ternyata ga masuk google map hahahaha

      Delete
    2. hahaha iya juga ya... Kalo kejadian hal begitu satu-satunya harapan ada doa dan insting yang tajam.. :D

      Delete
  3. Kalo nyasar ane jadi pemulung aja , entar di tangkep polisi langsung bilang bahwa gue udah kesasar 3bulan dan coba jadi pemulung buat nyari makan jeng jeng langsung deh ada polisi nganterin pulang 8)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kudu punya stok baju gembel tuh biar dipercaya...
      Tapi tapi, Lah itu lama amat kesasar sampe tiga bulan.. hahaha

      Delete
  4. aku malah senep senep seneng kalo nyasar.dengan nyasar,kita bakal tau jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, nyasar gak selamanya negatif kok... :D

      Delete
  5. kalo nenekku bilang, coba dibalik kaosnya, biar gak nyasar. gak tahu hubungannya apa sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, masa setiap jalan kudu ngebalikin baju dulu. Gak kece dong.. :D

      Delete
  6. hahaha ...
    keren tuh, jangan pergi hari selasa ...
    kalo beneran kaya gitu mungkin tiap ke selasa gue gak usah ngampus , takut kesasar :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah itu mah alasan aja, kalo itu elunya yang males... Kebangetan deh kuliah bertahun-tahun pake nyasar segala.. :p

      Delete
  7. betul itu..naik taxi..jangan naik bajaj! lagi nyasar, naik bajaj, bergetarr, suka ngetriil pula..itu ga enak..tuh poin tambahan dari saya >.< #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh tapi naik bajaj juga seru loh... Jadi inget udah lama gak naik bajaj, wkwk...

      Delete
  8. kalau kesasarnya dihutan yang ga ada orang, ga ada taksi, ga ada sinyal, ga bawa apa2,gimana hayoo?? terus banyak harimau, singa, biawak, kadal,cacing, ulat, semut , #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emang kayak gitu kejadiannya, ngapain juga kesonoin. Lah kurang kerjaan amat tuh orang ke hutan-hutan..

      Delete
  9. kalo nyasarnya rame-rame sih oke, tapi kalo nyasarnya sendirian its not good :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... tapi saya lebih seneng nyasar sendiri loh daripada rame-rame, pada rempong.

      Delete
  10. Simpel aja Sob.. bawa GPS aja.. wehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah pan ntuh udah masuk dalam point... xixi

      Delete
  11. kurang nih, , , biar enggak nyasar ya bawa gps ato A-Gps nya smartphone yg udah built in..

    kalo nyasar itu menurut gua berkah, soalnya jadi tau daerah yang sebelumnya enggak tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha setuju, pengetahuan tentang perjalanan yang nggak kita tahu, kalo suatu saat mau kesana lagi gak pake acara nyasar.. wkwk

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...