Saturday, 5 January 2013

Mimpiku di 2013

Sebenernya saya masih belum percaya kalau sekarang udah 2013, perasaan kok cepet banget ya? Ngerasa gak sih? Berasa makin tua aja nih gue. Udah umur 20 tahun coba! Hiks. Mau balik jadi 14 tahun gak bisa yaa?

Oia, Sejak setahun yang lalu saya terinspirasi untuk memberi Tema dalam kehidupan saya selama satu tahun. Nah, tahun lalu saya kasih tema “Bersyukur” apapun yang saya hadapi saya harus tetap bersyukur. Lumayan berpengaruh juga buat hidup saya dan untuk tahun ini saya akan beri tema “Disiplin” Ini tema susah banget buat saya, saya bukanlah orang yang taat peraturan, sangat gak taat malah, kalo kata temen saya peraturan itu dibuat untuk dilanggar, yaelah langgar itu bukannya tempat sholat ya? Temennya mushola, kenal kan?

Saya pengen banget bisa disiplin untuk hal-hal yang sebenernya sepele banget, misalnya disiplin waktu. Kalo waktunya tidur ya tidur gak gentayangan kayak sekarang ini, saya sih  sadar kalo pola tidur saya sangat-sangat  berantakan, saya suka disamain sama kalong malah. Abis gimana ya penyakit insomnia yang saya derita kadang ngajak berantem terus, giliran udah mau subuh baru bisa tidur, eh giliran sampe di kantor malah tepar. Duh pokoknya hal-hal sepele macam itu harus segera diatasi. Kira-kira bisa gak ya saya ngikutin tema yang saya buat sendiri? Ah, dicoba baru bicara.

Sejujurnya  saya lebih senang membiarkan hidup saya mengalir tanpa ngarep yang muluk-mulu, bukan berarti gak punya rencana, bukan berarti saya pasrah gitu aja, karena pada kenyataannya hanya beberapa persen rencana saya yang terwujud, lebih banyakan rencana Tuhan. Keren-keren dan menakjubkan.

Tapi, manusia mavam apa yang gak punya impian? Resolusi penting juga untuk pencapaian-pencapaian yang lebih baik, pas akhir tahun kita bisa lihat tuh mana-mana aja keinginan kita yang tercapai, kalo gak tercapai? Berarti ada yang perlu diperbaiki. Baiklah langsung aja kali ya saya tulis resolusi saya untuk tahun ini, sengaja saya bikin mendetail supaya gak gampang lupa, nggak lupa saya print dan saya tempel di pintu kamar.

1.    Menyelesaikan segala hal yang belum selesai
Apaan tuh?
Banyak banget:
a.    Novel Psikologi (Laki-laki Nila) yang baru sampai sinopsis perbab. Udah lumutan ini naskah, setahun gak ditengok.
b.    Novel Fantasi Anak (Peri Jutek dan Pengeran Kembar) baru sinopsis sama desain karakter.
c.    Novel Komedi (Girl Band Vs Band Tabok) novel yang baru 3 bab, terinspirasi dari kisah nyata saya zaman SMA dulu, temen-temen saya nagih mulu, mana ni tulisan tentang kita? Haduh, tahun ini gue selesaikan.
d.    Novel Love Square (Novel ini ditulis berempat dengan sahabat saya, tentang cinta berdasarkan persepsi orang yang berbeda-beda.) Siapkan waktu kalian untuk semedi lagi.
e.    Terbitin Novel Tiga Tubuh (Novel yang ditulis bertiga dan udah selesai, tinggal editing dan nyari judul, tahun ini pengennya udah bisa launching di Book Fair)
f.     Lanjutin cerpen dan tulisan yang gak jelas endingnya.
Sedih banget rasanya ngeliat naskah-naskah ini berceceran, ada yang lumutan, ada yang penuh sarang laba-laba, ah pokoknya semuanya harus dibereskan secepatnya. Bantuin doa dong, plis...
Point ini sebenernya saya menuntut diri saya sendiri untuk lebih produktif nulis, saya nggak menargetkan tulisan saya bakal masuk toko buku atau nggak, yang penting selesai dulu. Saya harus menyelesaikan proyek ini karena saya sudah memulainya. Gak tau kenapa akhir-akhir ini saya sudah gak lagi terobsesi untuk nerbitin buku ke penerbit.
Buat saya kesenangan terbesar seorang penulis adalah dibaca, seorang penulis bukanlah siapa-siapa tanpa pembacanya.

2.    Belajar Mendongeng
Ini menjadi salah satu target saya, berhubung saya suka sama yang namanya anak kecil. Saya pengen banyak bercerita dengan mereka dengan cara mendongeng.

3.    Punya Carrier beserta teman-temannya
Teman-temannya carrier siapa aja?
Mau tau? Mau tau aja atau mau tau banget? *ditampolpembaca*
Carrier penting banget buat saya mendaki gunung, pengen banget punya carrier lengkap dengan tenda, sepatu gunung, sleeping bad, sendal gunung, tali tambang, dan semuanya deh. *Maruk*

4.    Belajar Bahasa Inggris di Pare
Setelah liburan semester dua nanti, masih lama juga sih, saya pengen banget ngambil cuti kuliah trus belajar bahasa inggris di Pare, rasanya malu aja karena saya cuma ngerti yes-no yes-no doang. Lagipula kalo bisa bahasa inggris nanti bisa jadi pintu untuk keluar negeri tanpa harus nyewa guide atau malah nanti saya yang jadi guide. *Ngayal*

5.    Hijrah
Pengen banget keluar dari kota jakarta yang udah sumpek ini, menikmati hidup di belahan indonesia yang lain. Pengennya sih di Jogja, barang setahun aja.

6.    Buat Paspor
Songong banget ya bikin-bikin beginian? Duh, siapa sih yang gak pengen ke luar negeri? Saya buat paspor untuk motivasi ke luar negeri. Jangan yang jauh-jauh dulu minimal ke singapura dululah itu juga backpakeran aja. ngarepnya sih bisa dikirim liputan ke Mekah tahun ini.

7.    Jadi Penyiar Radio
Pengen banget deh ngerasain jadi penyiar radio, sekarang lagi gencar-gencarnya belajar komunikasi. Mudah-mudahan aja ada kesempatan.

8.    Bikin SIM A & SIM C
Meskipun saya udah melanglang buana naik motor, nyasar-nyasar keliling jakarta, depok, bogor, puncak, tangerang, tapi saya belum punya SIM. Sedih ya, selama ini pergi jauh cuma bermodalkan id pers doang.

Selain itu saya juga pengen bikin SIM A otomatis kudu belajar mengendarai mobil kan? ini bukan sombong ya? Dulu zaman SMA saya punya impian jadi supir busway, impian yang aneh bukan? Makanya sekarang sebelum punya mobil beneran minimal udah ngertilah gimana cara ngendarainnya.

9.    Beli Gitar
Dulu saya suka iseng belajar-belajar gitar punya temen sepupu saya, ada buku musiknya pula, saya sedikit-sedikit bisa meskipun belajarnya otodidak, sayangkan bakat terpendam saya kalo nggak dilanjutin belajarnya? meskipun gak lancar-lancar banget sih.

10. Aktif Ngaji
Saya udah lama gak ketemu teman-teman ngaji, tepatnya beberapa bulan belakangan ini. Sekalinya ketemu: “Hai Ni, Apa kabar? Bagaimana hafalannya?”
Mampus deh, itu pertanyaan yang bikin sedih. Nyadar banget sih selama gak ngaji bareng temen-temen motivasi menghafal saya memudar.

11. Punya Anak Tupai
Dulu saya punya anak tupai namanya ‘MANIS’ tapi dijual sama Papa diganti kelinci udah gitu kelincinya mati.
Trus punya anak tupai lagi belakangan ini,namanya ‘RANO’ tapi meninggal dimakan kucing. Hiks.
Tahun ini saya harus punya anak tupai lagi, pokoknya harus!

12. Mengedit Status Lajang di Fesbuk
Ah, yang ini gak usah dijelasin. Sensitiv soalnya.

13. Punya sepeda pixi warna merah hitam
Sepeda ini bakal saya pake setiap minggu ke car free day di HI sama MONAS, kalo kebeli ini sepeda, saya bakal keliling jakarta sepedaan.

14. Beli Laptop
Well, selama ini saya nulis pake komputer butut yang saya kasih nama Istiqomah, nama panggilannya Kokom. Komputer ini udah ada 3 tahun lalu dan hampir sakaratul maut. Sekarang sih udah pake laptop kantor yang tiap hari saya bawa pulang. Tetep aja, gue harus punya sendiri.

15. Beli Hape Android
Jujur deh, sejak kehilangan Hape bulan puasa lalu saya gak ada niat sama sekali buat beli hape baru. Meski sampe sekarang masih pake hape pinjaman temen yang gak pernah saya aktifin, bukannya gak ada pulsa, tapi lagi  males. Nah, makanya kalo udah punya hape ini, mudah-mudahan saya bisa semangat lagi smsan, telponan, dan gak bikin pusing orang-orang karena susah dihubungin.

16. Punya DSLR Nikon
Sejak jadi reporter di Majalah Hikmah saya dituntut harus bisa moto, harus cari angel yang bagus, dan saya jadi ketagihan moto-moto. Pengen banget punya kamera Nikon, tapi harus nabung dulu. Yah, tapi kalo tahun ini gak kebeli Nikon minimal kamera digital dulu aja deh gak apa-apa.

17. BACKPAKERAN
Perjalanan adalah kekuatan, kekuatan untuk berani memulai dan keluar dari zona nyaman kita. Dan tempat-tempat ini yang akan saya kunjungi tahun 2013 nanti.
a.    Ke Kota Tua minimal sebulan sekali.
b.    Ke Pantai minimal 2 bulan sekali.
c.    Tahun ini harus ke Jogja: Hal wajib yang harus dilakukan disana adalah naik becak dan makan nasi kucing.
d.    Berpetualang ke Jawa Timur, karena saya ada niat mau belajar bahasa inggris ke Pare maka ini kesempatan saya buat mengeksplore wilayah Jatim.
e.    Mendaki Gunung Pangrango, Gunung ini gak terlalu jauh dari Jakarta. Harusnya bulan ini saya kesana, sayangnya pas daftar malah ditutup sampai bulan maret nanti karena musim hujan. Insya Allah bulan April kita mau mendaki.
f.     Backpakeran ke Karimun Jawa, bulan Februari atau Maret, sekalian mampir ke Gunung Merbabu.
g.    Ke Lampung, pengen ngunjungin teman dunia maya yang ada di sana. Sekaligus ke Krakatau destination tahun 2012 yang gagal.
h.    Gunung Mahameru, Ini sudah menjadi target utama saya dan teman-teman. Sekarang lagi persiapan ke sana, persiapan fisik, persiapan dana, dan lain-lain. Disana kita bakal lama karena 2 destination, sekalian ke Gunung Bromo.
i.      Backpakeran ke Semarang
j.      Backpakeran ke Pulau Seribu (Pramuka, Tidung, Pari)
k.    Keliling Jakarta tanpa harus nyasar
l.      Silaturahim ke tempat kakak saya di Bima, NTB. Niatnya sama teman-teman seperjalanan sekalian pengen ke Gunung Rinjani sama ke Pulau Lombok, abis lebaran nanti.

Aduuhhh banyak juga yaaaaaaa?? Emang punya duit? Ah urusan duit itu belakangan yang penting niatnya dulu. Namanya juga resolusi kan? Gak selamanya resolusi bisa dicapai semua, tapi kita kan punya target bukan?

Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata). 
Selagi masih punya mimpi, kita hanya tinggal mempercayainya. Itu kata kata ngutip di 5cm.

SEMANGAT..............................!!!
jangan lupa bantuin ngaminin yaaa... :))

44 comments:

  1. huwaaaaaaaaaaaaa.....saya takjub ngeliat resolusi Ukhti..hehehe...keren, berani bermimpi itu langkah awal sukses ya ukhti?? saya jadi termotivasi buat bikin juga...terus soal bahasa Inggris, yak bener banget!! elemen penting dalam dunia kerja masa kini itu..hehehe

    semangat yah!! Fighting!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi....

      Ayo-ayo bikin resolusi juga, tadinya juga gak mau bikin beginian kesannya kok maksain, tapi setelah dipikir-pikir kalo ditulis dan dibaca mudah-mudahan banyak yang bantuin doa.

      Iya, nyesel banget dulu belajar bahasa inggris gak maksimal, berasa begonya sekarang.

      Okay..

      Delete
  2. Semoga semua mimpi tahun ini berhasil tercapai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahumma aamiin... Makasih kakak... ^_^

      Delete
  3. Banyak banget resolusinya.. Keren ! Semoga tercapai deh resolusinya. Untuk naskahnya yg berceceran ngga keurus, mending dilanjutin.. sayang. Semangat !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak juga ya... >_<
      kalo ditulis sedikit nanti gak maju-maju, mentok disitu-situ aja.
      Iya-iya, banyak PR yang harus diselesaikan..
      SEMANGAT!!

      Delete
  4. duile semuanya mau diborong, eh tapi bagus juga sih :3 semoga Allah mengabulkan.
    itu novelnya banyak banget belum rampung -___- eh gak pengen ke bali nih? bali gak ada disebutin :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Mau ikutan ngeborong gak bang? mumpung gratis!
      Aamiin, mudah-mudahan. Makasih.
      Iya, parah banget, belum selesai satu udah bikin yang lain >_< ujung-ujungnya gak jelas nasipnya.

      Bali? Pengen banget. Kalo nanti jadi ke NTB paling Bali numpang lewat doang, hehehe

      Delete
  5. waw.. gue salut ngebaca resolusi lo, apalagi di bagian NOVEL.
    gue juga pengen nerbitin novel :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, ayo bikin juga...
      Iya, dulu gue terobsesi banget buat nerbitin novel, tapi untuk tahun ini yang penting novelnya kudu selesai dulu sampai ending. :D

      Delete
  6. Duilee..
    Mancap betul resolusinya..
    Semoga kesampean semua yah :D amin
    aku juga pingin terbitin buku ih :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.... Bantuin doa yaaaa...
      semoga resolusimu juga tercapai semua.
      Ayo terbitin!! :D

      Delete
  7. gila bener banyak banget target kamu waw sekali, dan kamu ini sepertinya emang penulis yg gede.... serumah mungkin gedenya hahaha........ waw mau ke pare.... jangan lupa kalo kesana mampir di goa surowono asik goanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gara-gara saya kurang disiplin sama waktu, kebanyakan malesnya, makanya naskah-naskah itu kebawa mimpi, tokoh-tokoh yang saya bikin pada minta dijelaskan takdirnya gimana supaya gak luntang-lantung..

      gak mau gede ah, ini aja udah gede kok... :D
      Okay, thanks for information, nanti saya searching dulu tempatnya.. :)

      Delete
    2. wah kalo searching di gugel ya gak ada to. lha wong itu adanya di sekitar daerah yang berada di kawasan desa pare

      Delete
    3. Hah masa iya gak ada? berarti tempatnya terpencil banget dong? Kereeen...

      Delete
  8. uwwaaahhh bnyak banget ya..!! jangan sampai kelabakan tuh menyelesaikannya. Btw itu novel sebanyak itu kq belum kelar2? Sukses ya..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... Saya emang seorang pemimpi...
      Mudah-mudahan aja nggak, fokus fokus fokus... itu yang penting.

      Iya itu novel baru pada setengah jadi, kasian banget nasip tokoh-tokohnya, jadi gak jelas.

      Delete
  9. targetnya banyak banget...
    tp tetap semangat yahh...
    novelnya selesaikan satu2 dong biar gak numpuk gitu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget PRnya untuk tahun ini, gak kalah sama tahun kemaren,,
      Insya Allah... :)

      Delete
  10. banyak banget kak resolusinya '_'
    semoga karena niat sama usaha kerasnya bisa terwujud ya O:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak dan mendetail. saya belajar dari seseorang untuk menuliskan ini..
      Aamiin. :)

      Delete
  11. wah banyak banget resolusinya, tapi bagus ko mbak :D
    semoga semuanya bia tercapai aamiin.
    kalo jalan-jalan inget ajak gua ya hehe *ngarep*

    itu bakal novelnya banyak, dirampungin dulu aja satu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Wah boleh tuh, kapan kita adventure bareng yak?
      Kamu di mana emang?

      Iya, nih kebanyakan jadi numpuk. Puyeng nyelesainnya. :d

      Delete
  12. novelnya, buanyak betul.. ayo selesaikan kakaaa, publish it at least one this year *kibas2 ala cheerleader*

    some points which you wrote as your resolution here, were mine :D Misalnya, menjadi penyiar, bikin paspor, ke luar negeri, belajar Bahasa Inggris *walopun bukan di Pare*, ke Singapur, dan saya yakin impian kamu juga akan terwujud kak erny :)

    so far, resolusi kamu yang jadi favorit saya adalah: aktif ngaji lagi :) Yuk yuk, ngaji lagi yuk *sambil tarik tangan kak erny ke pengajian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak tapi belum ada satupun yang selesai. Sedih kan?

      Serious? Let us Completes resolution together. I hope your dreams come true too (sorry kalo masih berantakan :p)

      Yuk ngaji bareng-bareng. Hehehe pake di favoritin segala.

      Delete
  13. Mau ke Lombok?
    Huwaaaa, saya di Lombok Kaka ~(^^~)

    Resolusinya banyak betul..
    Semoga tercapai semuaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah serius?
      di lombok ada apa aja yang keren? sharing dong.. :D

      Aamiin. :)

      Delete
  14. Berkujung kak..makasih atas infonya kak

    ReplyDelete
  15. woow..#CumaMauBlgWoow

    sbagian bsar mimpi kita hmpir sama..
    mau k pare jg buat bljr sklian backpker,karimun,lombok n rinjani,lngkpin prlatan outdoor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian koprol dong :p

      Wow... Mantap kali, suka backpakeran segala ternyata? Mudah-mudahan tercapai...

      Delete
  16. lumayan banyak banget resolusinya. naksah novelnya juga, genrenya beda-beda. Gue pengen baca novel psikologi itu aja, keren kayaknya :)

    tinggal ngejabarin aja lagi, sinopsis bab per babnya udah ada juga tuh, ga banyak nguras otak.

    semoge resolusinya ga cuma sebatas resolusi tanpa adanya kerja keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha novel setengah jadi yang entah bagaimana endingnya, novel ini udah direvisi berkali-kali sama yang berkompeten sayangnya gue keburu males nyelesain terlebih kudu banyak referensi dari sumber terpercaya. *malu

      Aamiin. :)

      Delete
  17. wew, banyak banget resolusinya. aku aja malah gak punya resolusi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah gak punya resolusi? ayo bikin!

      Delete
  18. resolusinya buanyak men.... beberapa diantara mirip kek yg gua resolusiin... laptop pribadi, paspor, hape android... wah2, mirip "jret"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh keren... Ayo satu-satu diwujudkan, bismillah...

      Delete
  19. resolusinya banyak. semoga bisa terkabul :)

    ReplyDelete
  20. huwoooow..banyak banget...
    semoga terwujud semua ya..

    ReplyDelete
  21. SEMANGAAAAAAAAAAAAAAT mbak :)
    semoga tercapai yaaak segala resolusinya.. aamiin..

    ReplyDelete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...