Thursday, 3 January 2013

Ulang Tahun? Apa Sih?


Bismillahir rahmanir rahim…

Belakangan ini temen saya uring-uringan karena nggak dapat ucapan ULTAH dari seseorang yang begitu dia harapkan. Dan nyatanya saya juga lupa karena nggak buka Fesbuk beberapa hari ini. Kemaren sempat ketemu dengannya dan kayaknya dia rada ngambek juga.

“Er, Kemarin hari apa coba?”
           
“Em, Hari rabu.”
            
“Tuh kan Lupa.”
            
“Gue nggak lupa, sekarang kan hari kamis, berarti kemarin ya hari rabu.”
            
“Ih, bukan itu maksudnya. Kemarin kan hari ulang tahun gue.”
            
“Oh, kenapa nggak bilang?”
            
“Cari tau sendiri dong. Harusnya kan lu tau, lu kan temen gue.”
            
“Aduh, iya maaf deh. Jadi, kapan nraktirnya?”
           
“&%$%$%” 
           
 Temen saya bete, hehehe maaf deh kalo saya nyebelin.

***
            
Di sisi lain dia juga ngadu kalau dia berharap sekali mendapat ucapan HBD dari seseorang yang spesial. Hm, emang penting yaaa?
            
“Er, lu percaya gak.  Masa dia nggak ngucapin ULTAH, apa dia udah lupa sama ultah gue? Apa sekarang gue udah nggak penting lagi buat dia?” dan saat itu saya cuma menjawab dengan dua kata

“Iya Kali,” dan temen saya langsung Bete lagi. Aduh, saya salah mulu deh.

Sebegitu pentingnyakah Ucapan Ulang Tahun? sampai rela nungguin notification di fesbuk seharian? Atau sengaja tidak tidur  sampai tengah malam hanya karena nungguin sms yang datang supaya tahu siapa ya yang ngucapin pertama kali?

saya jadi teringat sebuah iklan di televisi, Iklan Teh Sariwangi. Kalau nggak salah isinya begini. Ada seorang Suami Istri, dan suatu ketika Sang Suami lupa hari ulang tahun istrinya. Lantas sang Istri bertanya.

“Pah, ada yang kelupaan, gak?”

“Oh iya, Papa lupa buang sampah,” sang istri cemberut. Yang diinget malah buang sampah.

“Papa ingat nanti malam ada pertandingan bola?”

“Iya, tentu ingat dong.”
Akhirnya si istri memakai cara lain. Yaitu dengan menyeduh teh sariwangi untuk sang suami. Dan kembali menyindir.

“Papa masih ingat lagu selamat ulang tahun?” spontan sang suami berpikir dan langsung bernyanyi untuk istrinya.

“Selamat Ulang Tahun, Papa ucapkan…”

Capek deeeeh…

Gara-gara iklan  itu saya jadi terinspirasi untuk memberikan saran untuk teman saya. Kenapa gak suruh bikin Teh Sariwangi aja? atau paling tidak Kopi kapal api. Siapa tahu setelah minum, seseorang itu jadi ingat ulang tahunnya, iya kan? Kalau mau bukti, lihat aja iklan Teh Sariwangi. Gampang.


Well, buat saya ulang tahun bukanlah hal yang spesial. Biasa aja, dan sama  seperti hari-hari lainnya. Dan bukankah seharusnya Ulang tahun mengingatkan kita tentang sebuah kematian yang semakin dekat. Usia boleh bertambah hanya karena bilangan angka, namun sebenarnya tidak ada tahun yang berulang, yang ada tahun yang semakin berkurang. Tapi, setiap orang selalu punya pandangan masing-masing. Ada yang merayakan dengan meriah, ada yang berlibur bersama keluarga, dan ada juga yang gigit jari gara-gara ditagih teman-temannya buat nraktir, kasihan sekali nasib orang itu yaa.. hehehe… 
#nunjukdirisendiri

Tetapi pada setiap momen ulang tahun selalu tersimpan harapan, ada doa, ada mimpi, ada perasaan untuk menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya. Itu sih yang sering saya rasakan. Malu rasanya belum bisa berbuat apa-apa dengan dengan usia yang sudah sekian. Dan hal itu menjadikan motivasi serta intropeksi diri menuju masa depan.

karena Buat saya Ulang Tahun bukanlah ritual tahunan yang harus diucapkan, menyanyikan lagu selamat ulang tahun, tiup lilin, dan  sebenarnya yang lebih penting dari itu adalah Do’a. Bukankah lebih indah jika seseorang mendoakan dalam hati secara ikhlas daripada sekadar kata-kata mudah terlupakan? Setidaknya itu menurut saya. :)

Menurutmu ulang tahun itu apa?

50 comments:

  1. kayaknya kita sependapat deh mbak. untuk beberapa hal sih, hehe

    ReplyDelete
  2. Sejak ulang tahun aku yang ke-16 aku gak begitu suka sama hal itu. Ada pengalaman gitu. Akhirnya aku pikir: Buatku sih, biasa aja! Cuma peringatan berkurangnya usia :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe berasa nggak ada yang perhatiin ya? Iya iya, ulang tahun bukannya bikin usia berkurang ya, kok pake peringatan segala.. :)

      Delete
  3. ad beberpa hal yg sy sependapat...msi blum bs nerima knp bs ad kbiasaan yg muncul klo ulng thun hrus mntraktir...stlah dpkir2 sprtinya i2 kdngaran kyak kita lg ngerayain teman kita brkurang jtah hdupnya...ngeheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo traktir mentraktir kayaknya udah hal wajib deh, gak peduli lagi ultah atau kagak.. wkwk

      Delete
  4. gue juga pernah lupa ultah cewke gue, awalnya dia kira gue sok-sokan aja, tapi sampai esok gue juga ga ngucapin, dia marah banget *malah curhat

    cewke emang gitu selalu memaksa cowok untuk mengingat tanggal-tanggal, tanggal berapa ngedate pertama, tanggal berapa pegang tangan, tanggal berapa mati bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Sukurin!
      Cewek lo ngasih teh sariwangi gak? -_-

      Xixixi masa iya sampe segitunya?

      Delete
  5. Ulang tahun ya..
    Saya pernah lupa tanggal ulangtahun saya sendiri.. Hahaha
    Malah kaget pas liat FB dan dapet surprise dari temen2 .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah sama, apalagi ultah saya dua kali setahun, aneh kan?
      Wah bagus dong.. :D

      Delete
  6. haha temen kaka gue banget *lol
    sempet-sempetnya gak tidur cuma karna nungguin ucapan selamat dr dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh kurang kerjaan banget yak, yang bikin nyesek udah ditunggu yang diharapkan malah lupa -_-

      Delete
  7. Ulang tahun menurut gue , waktunya makan makan yeey :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalo gak ulang tahun, gak makan-makan? -_-

      Delete
  8. ada yang bilang Ulang tahun itu biasa aja dan juga ada bilang kalo itu spesial. Sbenernya sih setuju sama kedua hal tersebut kak, tapi aku juga setuju sama pendapat kakak :))

    kadang aku juga lupa kalo temenku ada yang Ultah, trus mereka juga bete. tapi kalo aku yang Ultah kalo mau diucapin 3hari kemudian jg ga masalah :p hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa... spesial gak spesial sih, bingung!

      saya sering banget lupa malah, biasanya udah dicatet di kalender hape, jadi sehari sebelumnya udah ada notificationnya. Berhubung saya gak megang hape, jadilah penyakit pikun saya kumat

      Delete
  9. ulang tahun menurut gue itu bukan ritual tahunan, gak harus dirayakan, tapi patut untuk disyukuri. dan ulang tahun juga momen dimana introspeksi diri itu perlu =)

    ReplyDelete
  10. wah kok malah disurup minum teh sariwangi dan kapalapi sih buat si doi yg lupa, di suruh makan popmie dan mie gelas saja saja. O gitu ya menurut elu, ya udah gak jadi tak kado deh besok kalo ulang tahun. lha elu gak suka ulang tahun sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo popmie sama mie gelas buat gue ajaaa...
      Eh eh, yaudah gue tarik deh kata-kata gue. ngasih kado pan juga gak harus pas ulang tahun juga kali.. :D

      Delete
  11. setuju kakakkk ,gue juga setiap ultah gak terlalu menjadikan itu sebuah acara yang special, bahkan selama gue ultah sekalipun gak pernah ada kue ulang tahun :) karna dr ortu sendiri emang gak suka buat acara kaya gt, Bukan tradisi kita jg ~

    ReplyDelete
  12. Amiinn..
    Ulang tahun ? Nambah tua nambah cepet mokad malah di rayain. :D
    #KataOrangBajak
    Ulang tahun diri sendiri ja kadang lupa,, Apa lahi ultah orang lain.. --___-- :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya bingung mau ngerayain apalagi coba?
      kekekek parah juga lo...

      Delete
  13. ulang tahun adalah... umur gw semakin berkurang :(

    ReplyDelete
  14. menurut saya juga :)

    saling memberi kado dan doa tak harus menunggu momen hari lahir.. kapan aja mau ngasih hadiah atau kado, sah-sah saja. Hadits Rasulullah:

    "Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai" (HR. Bukhari)

    Ga ada pengkhususan hanya di hari lahir, malah Baginda Rasulullah aja ga ngerayain hari lahirnya sendiri :D

    karena hakikatnya, ulang tahun itu justru sebuah peringatan, bahwa umur kian berkurang.. tak elok sisa umur yang kurang malah kita rayakan..

    *begitu pendapat saya kakak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setuju sama pendapat kamu...

      Ngasih kado kan gak harus pas ulang tahun aja, betewe jadinya kapan kamu ngasih kado ke saya?
      lol
      -_-

      Delete
  15. aku juga kak, biasa aja kalau ultah.. nggak terlalu ngarepin selamat atau hadiah gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat yaaa? Duh saya lupa deh mosting apaan.. -_-

      Delete
  16. Replies
    1. Iya, sama seperti halnya senin-minggu :D

      Delete
  17. sama nihh...aku kalo ultah jg biasa aja..ortu jg gak pernah ngucapin met ultah...tp pasti..mereka do'ain tiap hari kan buat anaknya...itu udah lebih dari cukup.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah betul banget, tanpa kita mintapun orangtua udah pasti ngedoain anak-anaknya, itu kado yang paling istimewa..

      Delete
  18. Wah stju deh sama kamu, saya rasa ultah itu biasa aja, malah umur kta yg brkurang sprti ktamu td.hmm mungkin tman mu it butuh pencerahan, tunjukin aja artikel ne sma dia atau gk ngmong aja lngsung ≧﹏≦

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... udah tau dia tulisan ini, malah ngakak guling-guling...

      Delete
  19. kalo saya sih kalo ulang tahun gak musti nunggu di ucapin selamet ke temen . atau nunggu kue ulang tahun . hahaha , keren gak hidup hue ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren sih eh tapi biasa aja ah... :p

      Jadi selama ini lo nunggu apa? *kepo

      Delete
  20. ultah gue juga nggak pernah di rayain............

    ReplyDelete
  21. ulang taun adalah dimana aku tambah tua dan makin deket sama ajal-,-"

    ReplyDelete
  22. Gue pernah lupa hari ulang tahun Nyokap gue. Mungkin bagi gue ucapan itu ngga begitu penting. yang penting doa untuknya semoga lebih baik dari tahun kemarin.
    Eh, ternyata nyokap gue marah lalu sedih karena gue ngga ngasih ucapan selamat ulang tahun. Gue berasa bersalah besar pada saat itu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Bilang aja begitu sama nyokap lu, pasti bakalan terharu deh. Gak jadi marahnya.. :)

      Delete
  23. mnurut saya ultah,gak pnting2 amat..
    sklipun gak prnah dirayain..tpi kluarga pada tau kok..cma mles aja ngrayainnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahaha... keluarga yang unik...

      Delete
  24. salam persahabatan...follow sukses, ditunggu follow dan komentar balikny ya...sukses selalu :)
    http://jagadkawula.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. gua juga sama kak, gak terlalu anggep ultah itu spesial banget .
    malah gua sering kelupaan kalo hari itu ultah gua huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heran deh, yang komentar di blog ini rata-rata lupa sama ulang tahunnya sendiri.. hadeuh..

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...