Friday, 19 July 2013

Summit Attack Semeru Mountain (#4th Stories)

Melanjutkan kisah perjalanan ekspedisi ke gunung semeru 3676 mdpl
Kisah sebelumnya bisa diliat di sini:


Sebelum saya mulai kisah ini lagi, saya cuma mau ngasih tau kalo sekarang saya lagi ada di sebuah Negara yang keren banget, kalian pasti iri, mau tau nggak dimana?
“Nggak!”
#siapinsendalbuatnimpuk

Yup. Sekarang saya lagi di Swiss, tau Swiss kan?
Itu loh yang deket pasar palmerah, yang di pengkolannya banyak tukang ojek.
Hah masih nggak tau juga? Yaudah, saya kasih tau itu Swiss kepanjangannya sekitar wilayah Slipi. Hahaha…
 #dijambak

Udah ah, kebanyakan basa basi, malah jadi basi banget!
Melanjutkan kisah di Semeru, sampa mana ya waktu itu?
#ngecekcatatansebelumnya

Nah jadinya begini, kita istirahat di kalimati cuma satu setengah jam doang dan langsung naik ke puncak. Seharusnya sih, di kalimati kita kudu istirahat total, kenapa? Ya soalnya di artikel-artikel yang saya baca begitu, tapi kita mencoba jadi yang berbeda, yeah… #tepuktangan

Sekitar jam 11 malam kita bangun dan langsung siap-siap, karena cuaca dingin saya pake jaket dobel, semua barang ditinggal di kalimati kecuali barang berharga (emang punya?) dan air tentunya. Sekedar pemberitahuan, di kalimati tuh gak ada sumber air jadi kalo mau hemat kudu bawa air dari Ranu Kumbolo, bisa juga beli seharga 15.000 sebotol, mahal.

Kami hanya membawa dua botol air mineral, gula jawa, coklat, dan choki-choki.
Dan kami kembali berjalan untuk menaklukan semeru…

Eh, saya nggak setuju deng sama bahasa penaklukan, alam kan bukan untuk ditaklukin, hanya orang bodoh yang mau menaklukan alam, justru yang kita taklukan adalah diri kita sendiri, menaklukan kengerian, ketakutan pada diri kita, Bertahan dan bersabar dalam menapaki jalan ke puncak, dan ketika kita berada di atas puncak, kita akan tahu betapa kecilnya diri kita.
#tsahkorban5cm

Hawa dingin malam itu bikin pengen gerak terus, kami kembali mengatur posisi seperti awal. Berdoa lalu mulai melangkah, nggak jauh dari tenda terlihat anak-anak Daihatsu juga sedang siap-siap ke puncak, jiahh ketemunya telat kan gak jadi minta makan. Kami jalan duluan, kondisi jalan menurun dan macet!

Percaya gak sih di gunung pake acara macet gitu? MACET! Iya Macet! Macet kan udah jadi ciri khas Jakarta, seharusnya semeru gak usah deh ikut-ikutan. Tapi Alhamdulillah juga sih, jadi kita gak terlalu capek.

Selama perjalanan muncak kini gantian ka lina yang banyak minta istirahat, mungkin gara-gara makannya cuma sedikit jadi masuk angin.

Sekitar  3 jam perjalanan kami sampai di Arcopodo, sekarang tracknya semakin sulit, nanjaaaaaaak melulu, untung kita punya tongkat ajaib. Nggak lama dari arcopodo, saya mulai merasa ada jejak-jejak berpasir, gilaaa saya nginjek pasir semeru…

#krik-krik

#kemudianhening

Mulai mendaki, SEMANGAT!

Katanya sih, ini adalah track tersulit, hal yang menentukan apakah kita bisa sampai di puncak atau tidak. Gunung Semeru memang rada beda dari gunung lainnya, sepanjang mata memandang hanya ada pasir dan jalanannya menanjak dengan tingkat kemiringan yang miring banget, saya nggak sempet ngukur berapa derajatnya soalnya kurang kerjaan banget.

Ternyata apa yang dikatakan orang-orang tuh bener, Susah banget nanjaknya, udah naik turun lagi, naik selangkah turun sepuluh langkah. Et dah itu mah lebay. Pokoknya gitu dah, susah ngejelasinnya, mending kalian langsung kesana deh dan rasakan, RASAKAN! RASAKANLAH!
#dicapslocktuh
Pemandangan sepanjang gunung semeru menuju puncak di pagi buta :')

Beberapa jam kemudian…

Dikit lagi…

Semangat…

Ujungnya udah keliatan tuh…

Sejam…

Dua Jam…

Ya Allah… Kok nggak sampe-sampe?

Ka Lina keliatan pucat dan muntah-muntah, ya ampuuun kenapa ini anak? #efekgakmakan

Kami kembali menyemangati.

“Ayo kak, pasti bisaa, sedikit lagi,” berasa sok deh gue, padahal saya juga lumayan capek.
Sementara Kakek dan Ibnu sudah duluan, ngejar sunrise katanya, kita ditinggal. #garukgarukpasir

Udah gitu air yang saya bawa udah abis, tinggal yang dibawa sama kakek, mana orangnya udah menghilang pula. Saat itu matahari hampir kelihatan, saya menikmati sunrise di tengah perjalanan menuju puncak, subhanallah, saya menyebutnya Indah. Sayangnya saya nggak megang kamera, saya tidur-tiduran di atas pasir, ngantuk beneran.
Matahari terbit di Semeru :D

***

Ketika puncak sudah di depan mata, tapi pada saat itu kita atau teman kita jatuh sakit, atau bahan makanan habis, atau datang badai dan terjadi longsor. Apa yang akan kita lakukan? Turunlah! Lebih baik gagal ke puncak hari ini, daripada tidak bisa mendaki selamanya.

Saat itu persediaan air habis dan ka Lina sakit, ya Allah saya panik dan nggak tau harus ngapain, Kakek dan Ibnu udah duluan naik. Saat itu yang saya pikirin adalah kita harus turun secepatnya. Gak boleh maksain diri, sebelumnya saya minta air sama pendaki lain yang baru turun.

“Mas, boleh minta air buat teman saya?”

“Boleh, temannya kenapa mbak?”
#sambilngelirikkalina

“Sakit,”

“Mending turun aja mbak, daripada kenapa-kenapa.”

Saat itu, ngeliat kondisi ka lina saya nggak kebayang harus ngegotong, dan gak mungkin juga minta tolong orang lain toh mereka sama capeknya.

Yang ada dipikiran saya adalah, saya kudu nyusul dua makhluk aneh itu di atas puncak, sementara ka lina istirahat.

“Yaudah kamu ke atas, nyusul yang lain, aku nunggu disini, kita turun aja.”

Saya ngeliat ke atas puncak, hm kok masih sama kayak yang awal saya liat. Matahari udah bener-bener keliatan, udah hampir jam tujuh pagi dan saya masih belum menemukan puncak. Sepanjang perjalanan ngeliat sekeliling, masih banyak orang yang berusaha sampai puncak, ada yang sampe digerek pake tali, ya ampun… SEMANGAT!

“Semangat mbak, puncaknya tinggal 200 meter lagi, paling setengah jam sampe,” kata pendaki yang baru turun. Saya senyum, Yess!

Nggak lama kemudian ada lagi yang bilang:
“Ayo mbak, 1 jam lagi sampai puncak,” kata pendaki yang lain.

Haduuuuh… Semangat saya jadi kendor nih, tadi ada yang bilang setengah jam trus sekarang sejam, plis stop php! Udah berkali-kali nih saya diberi harapan palsu selama di semeru! Salah apa sih gue? Gue salah apa? Kenapa mereka tega? Kenapa?!

Saya kembali melihat ke atas, kemana sih dua makhluk ini? Kenapa nggak turun-turun juga? Nggak tau apa kalo temennya sakit? Eh emang nggak tau sih, makanya cepetan turun biar gue kasih tau.

Panjang umur memang mereka, gak jauh saya ngeliat mereka lagi berjalan turun bareng anak Daihatsu.

“Ka Yudiiiiiiiiiiiiiiiiis….” Panggil nama demi menjaga nama baik kakek di depan pendaki.

“Nunuuuuuuuuuu…” Panggilan si Ibnu.

“Ya ampun, gue pikir lu nggak muncak! Lina mana? Sini gue poto,” grrrh.. plis deh.

“Minta minum!” kata saya, setelah minum saya jelasin tuh kalo ka lina sakit, dan masih tidur di tengah perjalanan muncak. Anak Daihatsu turun duluan.

“Ya Allah, Ni, jadi lu kesini buat jemput kita, terharu gue, beneran!” kata ibnu. #pengennelenoranggue

Kami turun.

Tapi pas saya liat ke bawah, ya ampun pegimane turunnya nih? Serem amaaaat…
Perlahan tetapi pasti, kami turun sambil lari-larian di atas pasir, ternyata turun gunung tidak sesulit mendaki, berasa main iceskyting (bener gak sih tulisannya?)

Sampai di tempat ka Lina, taukah kalian sodara-sodara, ka Lina ilang! Saya panik (lagi)!

“Gue yakin, tadi tuh ka Lina ada di daerah sini, tapi kok nggak ada?”

Saya berpikir ada 3 opsi yang membuat ka Lina menghilang:
11. Di bawa turun anak Daihatsu rame-reme di gotong
22. Dipinjemin baling-baling bambu  doraemon
33. Diculik jin penunggu gunung semeru

“kayaknya udah ditolongin anak Daihatsu deh,” yap, cuma jawaban ini yang paling positif. 

Kami kembali berlari… tau gak sih perjalanan turun ke tanah berpasir ini gak sampe dua jam, beda sama perjalanan naik yang butuh berjam-jam, yaeyalaaaah…

Hampir sampai di bawah, ibnu kelihatan payah.

“Ni, lu nggak capek kan? Ini tasnya lu aja yang bawa.” Tanpa ada persetujuan sebelumnya, itu tas udah nempel di pundak saya.

“Ya deh, kasihan.”

“Kalo gue pingsan kalian pada mau bantuin gue kan?” ibnu bertanya, saya dan kakek menjawab.

“Ya enggaklah!” 

Ibnu jalan duluan ninggalin saya dan kakek, beuh ngakunya sakit nih anak tapi jalan duluan, dikejar nggak kesusul.

Waktu itu sekitar jam 9 pagi di tengah hutan.

Haus……

Lapar……

Ngantuk….

Capek….

Nggak kuat jalan…

Semuanya jadi satu.

Tapi air habis, gak punya makanan, mau ikutan pingsan ah kayak ibnu biar di gotong sampe tenda, tapi kalo gak ada yang nolong gimana? Sedih banget deh.

Saat itu saya jadi tau bagaimana rasanya kelaparan dan nggak punya makanan.
Saya jadi tau bagaimana rasanya kehausan dan nggak punya minum.
Pokoknya sengsara banget dah, sementara perjalanan menuju tenda di kalimati masih jauh pake banget nggak pake aja.

Perjalanan sudah sampai di arcopodo, dan kita memutuskan istirahat yang bener-bener istirahat, maksudnya tidur di tengah hutan, sementara masih ada tenda yang berdiri di sekitar arcopodo, nggak mungkin juga kali kita nebeng. Saya tidur pulas selama satu jam di tengah hutan, banyak pula pendaki yang istirahat disana. 


Hari itu yang menjadi harapan saya adalah:
ADA TUKANG PECEL YANG LEWAT, PLIS. SAYA NGGAK MAU MENINGGAL DI SINI!

Perjalanan ke kalimati masih sekitar 3 jam lagi, tapi perjalanannya tinggal menurun aja, alhamdulillah gak pake nanjak-nanjak.

***
Tenda-tenda yang berdiri tegak mulai terlihat. Yes! Sebentar lagi sampe.
Tujuan pertama  saya dan kakek adalah… menuju tenda Daihatsu!

Ngapain?

Ya, minta makan lah!

Eh gak deng!

Nanyain ka Lina laaaaah….

Sampai di tenda anak Daihatsu

“Mas, liat temen kami?”

“Oh iya, liat tadi jalan sendiri ke tenda,”

“Alhamdulillah,”

“Si Ibnu kan?”

“Bukan, maksudnya Lina.”

“Oh, kalo Lina kita nggak ngeliat tuh.”

Waduuuuuuhhh…. Jangan-jangan bener feelling gue, ka lina di culik jin!
#panik

“Mas, boleh minta minum?”
Jiaaah ujung-ujungnya tetep minta.

Saya dan kakek nyari-nyari tenda, ternyata nyari tenda itu lebih susah daripada nyari kerjaan di Jakarta, gak ketemu-ketemu tendanya. Ya Allah, pasrah…

Setelah muter-muter akhirnya ketemu juga, pas buka tenda…

Eng ing eng….

Ka lina lagi tidur pulas ileran di dalam tenda
#Kyaaaaaaaaa…

“Ka Lina kemana sih? Kok ngilang!”

“Aku turun sendiri, kalo nunggu kalian aku bisa kaku trus mati.”
#nyengir#

Kami langsung masak demi menyambung hidup.

Jam 12.00 siang

Niatnya sih kita mau langsung balik ke ranu kumbolo jam 2 siang ini, tapi kan???
Bener-bener deh, kita baru sampe masa harus kudu langsung jalan lagi ke ranu kumbolo. Emang sih niatnya kita pada mau turun jam 2 siang ke ranu kumbolo trus istirahat disana. Nah sebelum subuh niatnya kita balik ke Ranu pane.
#efektakutketinggalankereta

Tapi beneran deh, saya butuh istirahat, ntar kalo saya sakit gimana? Saya kan gak mau ngerepotin kalian, saya kan gak mau digotong-gotong kalian, saya kan gak mau tas saya harus dibawain kalian, tapi ah sudahlah… kalo itu yang kalian mau? Okeh! Gue sih mau bangeeeeeeeet…!
#mendadakgalau

Dan...

Alhamdulillah hujaaaaaan… perjalanan ditunda sampe hujan berhenti. Makasih ya Allah, makasih…

 zZzZ boboooo… ^_^

#endingyangburuk

Entah mengapa suka warna langitnya, tenang...


Swiss, 9 Juli 2013

Erny Binsa




59 comments:

  1. gak jadi ya berarti nyampe puncaknya? :o
    sejak nonton film 5cm, saya ke pengen naik ke puncak gunung semeru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir kak, tapi nyawa orang lebih berharga daripada sekedar sampai puncak.. :) Insya Allah suatu saat kembali lagi :)

      Ayook kak semeru menunggumu...

      Delete
  2. keren dah udah pernah ke semeru..saya juga dari dulu pengen muncak ke situ.. tapi temen² belum sepakat muehehehe mungkin lain kesempatan kali heheh *curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diniatkan saja dulu mas, insyaAllah ada jalan... :D

      Delete
  3. aku belum pernah ke semeru :| <-- gak gaul
    itu pemandangannya keren banget o.o jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey aku juga meski udah ke semeru tetep nggak gaul, masih cupu gini... :p

      Delete
  4. udah pengen dari dulu tapi belom kesampean.
    mbak aku temenin ke sana ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan segera ke sana yaaaa.... Boleh, aku aja yang nemenin kamu... :D

      Delete
  5. cc Erny benr bener bikin ngilerrr juga pas bacanya. keliatan asiiiiiiiiiiiik bangettt!! sampe banyak banget orang gitu y, naik gunung pun macet, luarrr biasa..kapan aku bisa kek gitu cc..kapaaaaan??? *ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mey... kamu kan suka backpacking... ini tempat recomend deh buat kamu, serius... Sesuatu banget... Kamu harus kesanaaa.. :D

      Delete
  6. Cayo kak lina... cayo cayo cayo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telat... orangnya udah turun... :D

      Delete
  7. Maaak gue ORGASME liat poto-poto nyaa....

    ReplyDelete
  8. warna langitnya amazing wooww...beruntung bs naik gunung klo saya mana boleh naik2 gunung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... Kenapa nggak boleh? :D
      #kepo

      Delete
  9. wow..amajing foto2nya..

    stuju bgtz deh,klo alam itu bkn untuk ditaklukkan..:D

    ReplyDelete
  10. wih, kerennnnn. walaupun Swiss itu maksudnya singkaan tapi tetap keren kok hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh Kukuh satu-satunya orang nih yang bilang kereeenn.... terharuuu...

      Delete
  11. gilaaaa. lo kuat naek puncak?
    kalo gue sih mungkin sudah pingsan duluan sebelum mendaki.
    well, pengalamannya seru banget! pengen sih kesana, tapi langsunng di puncak! hehe

    oya , yg bener tuh ice-skating!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Yogaaaa.... emang udah pernah kesana? masa belum mendaki udah nyerah duluan...
      Kalo mau langsung kesana geh naik hellikopter aja, dilempar dari atas.. :D

      Iya serius berasa kayak main ice skating... cobain dehh..

      Delete
  12. lo nggak sampai puncaknya yak ? pas ktemu si kakek itu lagi di puncak ape gimana ?? yah, sayang banget kak lina ga sampe puncak.

    foto nya subhanallah smua, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beluuum... :( Padahal sedikit lagi, itu ketemu kakek pas menuju puncak...

      Iyaaaa subhanallah.... :)

      Delete
  13. Fotonya bikin ngiri asli -_-
    Emang kalo daki perjuangannya harus besar gitu ya, keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kesono bang... biar liat sendiri aslinyaa.. :D
      Yaaaaa gituuuu deeeeh...

      Delete
  14. oh, ini terusan post yang waktu itu yah kak? :D
    masih envy sih, cuma yaa, ah, ya makin envy >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa.... tapi salah judul, harusnya mah ini yang ke empat bukan kelima... :D

      Ih siapa sih envi itu? dia anak siapaaaa?

      Delete
  15. waaaa seru benjeet kakak....envy pengen naik gunung tapi g diijinin sama bokap huhu, fotonya yg terakhir keren banget langitnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh... yang ini juga ngomongin envi... -_-
      Ajak bokapnya naik gunung aja, biar jalan bareng... :p
      Yup,,, sepakat, langitnya bikin galau...

      Delete
  16. Halo Mbak Erny Binsa,
    Salam kenal, saya Agil Prasetyo administrator dari microsite citilinkstory.com
    Tulisan yang menarik ini, apakah bisa dimuat di www.citilinkstory.com?
    Tolong kabari.
    Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kabari di email ya mas.. :) terimakasih

      Delete
  17. aseeeekkk... naek lagi. tapi kok lina nemunya di sana, pasti di bawa ama jin penunggu gunung tuh, terus dikelonin di tenda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... gak tau deh, emang penuh dengan misteri sih...

      Delete
  18. kok #5th stories? yg #4th mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa salah judul... ini harusnya ke empat, yang kelima belom diposting... :D

      Delete
  19. Zzzzz.....nggak ileran juga kaleee...Tidurnya aja baru satu babak. Hahaha. Betul banget..mending muncak lain kali daripada meninggalkan teman yang hampir mati kedinginan. Ih, seneng punya sahabat kayak Erni *peyukk :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa nggak ileran, yang tidur mah kagak ngeliat kaleee...

      Huaaaaa terharuuuu...

      #lapingus... :p

      Delete
  20. Keren Mbak ceritanya.....
    Ane kemren sama temn2 Fotografer cuma bertiga cuma sampe Kalimati ajh....soale udah gk kuat lgi....gimana mau kuat...wong nanjaknya pas puasa,....hehehe.....dan qta sebnrnya tujuan utamanya bukan summit semeru siey.....kan qta cuma moto di Ranu Kumbolo (Sunrise, Startrail, Starlight dll). Dan tujuan qta juga bukan cuma semeru ajah tpi ke Bromo juga krn mau ambil Sunrise di Pananjakan juga.....
    Rencanannya qta mau nanjak lagi tpi hanya satu tujuan yaitu untuk mencapai summit.....kamera tetep dibawa...hehehe....doaian ya Mbak smoga qta sukses.....Amiinn...bisa invite fbku di Nunu Febry Noe Broto.

    Makasih Mbak...
    Salam....

    Nunu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas via Fb mas... makasih...

      Delete
  21. subhanallah mbak, ingin menyusul bertafakur disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mbak.... ajak temen temen yang lain juga... :)

      Delete
  22. setuju, lebih baik turun. Disitu sebetulnya ego kita sedang diuji :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itulah kenapa ada yang bilang kalo naik gunung itu gak cuma ngelawan capek tapi juga ngelawan ego kita... :)

      Delete
  23. sebenernya ada tuh sumber air di kalimati namanya sumber mani 1 jam bolak balik kalo cepet jalan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan tuh jalannya, saya belum tahu tuh kalo disana ada sumber air makanya pas di kalimati beli air bisa 15ribu sebotol...

      Delete
  24. sy juga niat muncak bln depan insya Allah,..hal yg pling bkin sy brtanya2 ni shalat subuhnya dmana ya mba'?hehehe
    (kan pada ngejar sunrise tu,pasti harus shalat subuh d pndakian donk) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sholat subuh di puncak gunungnya langsung, makanya pas mendaki udah wudhu dulu soalnya kalo puncaknya kayak semeru yang berpasir-pasir nggak ada air kan? kecuali kalo puncaknya masih banyak pohon2 bisa wudhu pake embun... :) Selamat mendaki...

      Delete
    2. sip sip,,smoga saya bisa smpai puncak sebelum matahari terbit & mrasakan shalat subuh di puncak tertinggi pulau jawa Aamiin :)

      Delete
    3. Aamiin ya Robb... Sholat subuh di Puncak itu sesuatu yang Subhanallah, suasananya menenangkan... :) makasih ya udah berkunjung

      Delete
    4. kembali kasih mba' Erny Binsa,sy suka blog ni..bnyak cerita2 mbolangnya,kbtulan sy juga suka mbolang hehe...iya pasti tenang bgt..sy kmrn aj sholat subuh di padang pasir mnuju bromo rasanya tenang,apalagi bisa di puncak semeru.. :)

      Delete
  25. kerenn bgt... terharuuu.... makasih bt ceritanyaaa... gaag kalah keren dr 5cm hehehe... mudah2an saia bs nyusul.. aamiin tks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... makasih yaaa sudah berkunjung.. :) ditunggu di semeru

      Delete
  26. bikin terharu emang, aichh.. persahabatan yang cakep rela berkorbn nggak jd muncak gra2 ada tmen yg sakit sip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih mbak... gara gara itu saya jadi sadar kalau bukan gunung yang harus ditaklukan, tapi yang paling penting adalah diri kita sendiri. Peaceee....

      Delete
  27. Wuaaah keren pengalamannya. Pake acara tersesat pula naik gunungnya? :D
    ALhamdulillah selamat ya Lina-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya alhamdulillah mbak... :D

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...