Monday, 22 September 2014

JALAN-JALAN BUTA #2nd

Bismillahir rahmaanir rahiim

Catatan sebelumnya ada disini => JALAN-JALAN BUTA

          Sebelum saya lanjutin, saya mau tanya sudikah temen-temen mendengar curhatku ini? #yaelah

Eh betewe ini saya lagi nulis catatan perjalanan, tapi sambil denger lagu kahitna kok malah jadi galau yak? Iuh iuh -_-

Ok lanjut! Mungkin sudah tertulis dalam lauh mahfuz apa yang bakalan terjadi hari itu, saya bakal melakukan perjalanan yang unik dan jarang ada. Sampai di stasiun tanah abang yang kita tempuh dengan jalan kaki dari gambir. Seneng banget rasanya, saat itu saya ngecek harga tiket yang ternyata Rp. 30.000 ke Merak (Huhuhu kurang goceng!) Udah gitu kereta ke merak ternyata cuma ada pagi dan sore aja. Alhasil kayaknya gak mungkin naik kereta ke merak.

Tapi saat itu ada pula tiket kereta ke Rangkas bitung, saat itu yang saya tahu rangkas bitung ke merak gak gitu jauh. Nanti pas sampai di Rangkas baru deh kita pikirin lagi mau ke Meraknya gimana caranya. Iqbal ngantri tiket seharga 20rb rupiah. Dan Eng Ing Eng, tiket keretanya tinggal 3 aja (hiks!) Sedangkan saat itu kita berempat sama fasil, sempet pengen ngebuang fasil aja, tapi kasian. 5 menit kemudian kereta berangkaaat.. Huaah!

Masih di ngegojrok di stasiun, saya menambatkan pilihan bantuan phone a friend pada akhirnya, saya nelponin temen-temen minta bantuan. Salah satunya ka fia yang saya minta tolong anterin ke tempat ada bis ke Merak, trus juga ke Lisfa yang ngasih saran buat nyari truk truk di tanah abang, katanya sih banyak yang ke arah merak. Katanya... tapi itu hanya katanya... toh pada kenyataannya gak ada yang kesana. Hiks! Gak bisa nebeng.

Kami berempat berjalan ke jembatan tanah abang. Aha! Saat itu saya inget ada bis arah Merak dari Slipi/R.S Harapan Kita. Menurut saya sih nggak jauh kalo dari tanah abang ke RS. Harapan Kita, makanya saya saranin buat jalan kaki lagi. Tapi, kayanya temen-temen gak percaya sama saya, hahaha... yaudah akhirnya kita naik bajaj ke RS. Harapan Kita. Sebenernya sih gak muat kalo naik bajaj, tapi akhirnya terpaksa juga Fasil Avel duduk sebelah sopirnya. Kita patungan ongkos goceng-goceng dan artinya uang kita tinggal Rp. 20.000 Bagaimana caranya itu duit bisa sampe ke lampung.

Sampai di depan RS. Harapan kita, kami kudu naik bis ke arah Merak. Tapi ternyata ongkosnya Rp. 25.000, dan kita hanya pegang masing-masing Rp. 20.000. Saat itu yang bisa kami lakukan hanyalah, pasang muka memelas, biar dikasihanin sama sopir busnya dan ternyata itu ampuh. Sopir dan kondekturnya menerima kami jadi penumpangnya dengan ongkos 20ribu. Rezeki anak soleh!

Di tengah perjalanan saya habiskan buat ngobrol dan tidur! Indahnya dunia bisa tidur. Baru juga setengah perjalanan, bis berhenti, lamaaaa banget! Ternyata bannya bocor, terpaksa kami dioper ke bis lain arah merak. Bis kembali melaju dan saya tidur lagi. Apakah semua berakhir disitu? Ah jangan senang dulu sodara-sodara. Nyatanya nggak berapa lama bis melaju, bis kembali berhenti, Mogok! OMG! Saat itu saya bertanya-tanya, ada apa dengan hari ini? Mata saya langsung jelalatan ke atas, kanan, kiri, ya kali aja ada kamera tersembunyi dan saat itu saya lagi berada di acara “Uka-Uka” ngayal aja!

Saat itu kami harus pindah bis lagi, kali ini saya ngga tidur lagi, sampai bis membawa kami ke Merak. Alhamdulillah sampai di Pelabuhan merak, tapi uang kita habis? Gimana caranya menyebrang ke Pelabukan Bakauheni? Akhirnya kami memutuskan untuk ke Masjid dan meminta petunjuk kepada Allah. Eh ini Serius! Kami sholat disana dan ternyata rezeki kami memang ada disana. Apalagi pihak panitia memberikan subsidi makan siang Rp. 5.000 berarti uang buat naik kapal hanya perlu Rp. 8.000 lagi per orang, yang artinya kami harus cari uang Rp. 24.000 lagi buat bertiga (gak mikirin makan siang) ongkos nyebrang naik kapal lebih kita butuhin hahaha... Ah iya, ongkos nyebrang saat itu Rp. 13.000/0rg. Saat itu mikir lagi harus ngapain, akhirnya kami sepakat menjual makanan yang udah kami bawa, nah kalo Ririn getol banget pengen jadi tukang pijet dadakan.   -_-

Saat itu kami langsung nawarin makanan ke orang-orang yang habis pada solat, lebih banyakan yang nggak mau. Untungnya saya dan kedua temen saya bawa banyak bekel yang bisa dijual, niat juga sih pengen ngamen, tapi saya sadar banget suara saya banyakan kurangnya, bukannya dikasih uang malah dilemparin sandal yang ada. Alhamdulillahnya Ririn jago banget ngerayu, bukan cuma jago mijit aja dia. Sebagian makanan kami memang ludes tapi akhirnya kita dapat uang buat nyebrang, lebih dari cukup. Alhamdulillah, beberapa ribu kita sumbangin ke kotak amal. Dan dari ongkos itu masih ada sisa 5rb buat makan siang bertiga. Hahaha...

Yeah... Kita bisa juga naik kapal, asik! Di atas kapal kami leyeh leyeh sambil cari ide buat yel-yel kelompok. Tapi gak asik juga soalnya banyak biduannya di atas kapal jadi gak tenang dan gak bisa tidur. Di atas kapal, perut kami mulai lapar, Iqbal makan biscuit yang dibawanya, nah Ririn ngeluarin lagi perbekalannya yang masih ada yaitu pop mie. Tapi gak mungkin kan nyeduh pop mie pake air laut? Akhirnya saya dan ririn mau beli air panasnya aja, seharga 6ribu sementara uang kita tinggal 5ribu, dengan proses tawar menawar yang sengit, akhirnya kami bisa beli airpanas seharga 5ribu buat seduh 2 buah pop mie. Alhamdulillah.

Tapi lagi-lagi jangan senang dulu, dari segala penjuru kami mencari uang 5ribu tapi ternyata uang tersebut telah raib! hilang gitu aja! Hiks! Gak jadi makan pop mie. Melihat hal itu Fasil avel merasa kasihan dan meminjamkan kami uang 5ribu. Kenapa yah disaat-saat kayak gini uang yang tinggal 5ribu pake acara hilang segala? Lagi-lagi saya berpikir, mungkin sudah tertulis di lauh mahfudz. Sesuatu banget!

Akhirnya Saya dan Ririn jadi makan Pop Mie, sedangkan Iqbal masih menikmati makanan yang dibawanya. Sampai di Pelabuhan Bakauheni jam 5 sore lewat dikit, itu tandanya kami masih harus menuju Menara Siger sebelum jam 6 Sore, ngeliat menaranya sih lumayan jauh, akhirnya dengan kekuatan pop mie, kami berjalan kaki menuju Menara Siger. Udah gitu lumayan jalannya nanjak-nanjak melulu.

Terharu rasanya pas kaki udah menginjak ubin di Menara Siger sebelum jam 6, meskipun kami menjadi kelompok yang terakhir sampai, tapi gak apa-apalah namanya juga hidup, semua syarat akan hal yang nggak terduga.

Sampai di Menara Siger, kami ditepokin sama temen-temen, udah kayak burung aja ditepokin, hehe... tapi itu sebagai bentuk perhatian menurut saya.

Sampai di Lampung trus ngapain? Langsung pulang lagi gitu? Ya Nggak, masih banyak cerita di Lampung. Jalan-jalan belum selesai, seru-seruan juga belom kelar, trus kalo penderitaan udah kelar belom ya? hahaha... Tunggu kelanjutannya setelah pesan-pesan berikut ini. :D



Temanmu, Erny Binsa
22 Sept 2014


Thursday, 18 September 2014

JALAN JALAN BUTA

BLIND TRAVEL

Bismillahir rahmaanir rahiim   
                 
BLIND TRAVEL, sekilas mendengar nama ini saya berpikir bakalan melakukan jalan-jalan buta, bisa jadi jalan-jalannya sambil ditutup matanya. Eh ternyata saya salah, blind travel yang diadain sama anggota FIM (Forum Indonesia Muda), mereka bikin acara jalan-jalan tapi kita ngga dikasih tahu jalannya kemana, tanpa tujuan, pas hari H baru deh dikasih clue kemana kita akan pergi dengan dana yang terbatas. Saat itu saya diajakin temen ikut acara itu, dan langsung pengen ikut, kayaknya seruuu…

H-1, pihak panitia menginformasikan barang-barang apa saja yang harus saya bawa pas hari H, salah satunya kita kudu bawa sleeping bag dan pake sepatu. Duh makin kepo gw jangan-jangan jalan-jalannya ke gunung, tapi gak tau gunung apa.


***

Sampai pas hari H ternyata temen saya yang ngajakin acara itu malah cancel #getoklisfa -_-

Tapi karena dari awal saya penasaran banget sama acara ini, maka saya tetep maksa pengen ikut, tak apalah sendirian dan ga ada satupun temen yang dikenal, siapa tahu temen-temennya seru. (ngarep)

Saya menuju gambir jam 6 pagi, karena emang meeting pointnya disana, saat itu udah mulai rame, saya agak canggung kenalan sama temen-temen baru. Saat itu beberapa temen memang keliatan rempong, ada yang bawa carrier segala, dengan segala pesiapan naik gunungnya, saya malah mikir kalo saya bakalan salah kostum.

Nah pas udah kumpul semua kita menuju MONAS yang masih sepi pengunjung, ya maklum masih pagi. Disana kita kenalan satu sama lain, dan panitia geje suruh kita joget sambil nyanyi dangdut itu hal yang harus dipatuhi sebelum ikut acara ini.

Duh maluuuuu… gw pemalu gitu orangnya.

Tapi daripada gak ikut, maka saat itu saya berdiri di tengah temen-temen yang jumlahnya 20an orang. Sok cool dengan pura-pura batuk. Dan…

“Jug gijag gijug giijag gijuk, kereta berhenti. Jug gijag gijug gijag gijug, hatiku gembiraaa…” saya nyanyi dangdut sambil joget, saat itu gw ngerasa tingkat kecantikan gw turun beberapa derajat. OMG!

Nah, setelah acara jogged dan nyanyi itu. Kita langsung bikin kelompok dengan cara gambreng? Tau gambreng kan? Hom Pimpa Alaihim Gambreng. Maka saat itu saya mendapatkan 2 orang teman seperjalanan lain, Namanya: Iqbal yang langsung diketuk palu sebagai ketua tanpa proses pemilihan, namanya juga cowok satu-satunya, nah satu lagi Ririn yang bertugas mendokumentasikan hasil perjalanan dari awal sampai akhir, sedangkan saya bertugas sebagai tukang nulis ajalah. Kita juga ditemani fasil Avel yang tugasnya mengawasi kita selama perjalanan, dia pula yang menyita harta benda kita kayak dompet, ATM, dll.

Disana kita juga dikasih baju kebangsaan blind travel, hati gue makin gak karuan pas menerima amplop yang isinya ongkos dan tujuan perjalanan. Pertama kali gw buka amplop ada tulisan: KALIAN HARUS MENUJU MENARA SIGER, PELABUHAN BAKAUHENI

Ya Ampuun, ternyata ke lampung. Pas gw liat ongkos yang di kasih panitia. OMG 25.000! tiba-tiba muncul pertanyaan di kepala: Cukup gak eaaaa?

Tarikkk Nafasss... Sabar dulu ya, soalnya sepanjang tulisan ini gw akan ceritain penderitaan gw, kalian pasti seneng kan ngeliat gw menderita? Jahat! Tega!

Nah, karena setiap orang pegang uang 25.000 dan harus sampai di menara siger paling lambat jam 6 sore. Jujur aja saya bingung, meskipun udah pernah ke lampung, tapi uang 25.000 cuma cukup sampai pelabuhan merak doang. Lah trus dari merak ke bakau naik apa? Berenang gitu?

Akhirnya kami memilih beberapa opsi:
1. Naik bis dari gambir langsung ke lampung => Ngecek ongkos, dan ternyata 120.000, uang kurang banyaaaak banget!
2. Ke kampung Rambutan => Naik Bis ke Merak => Naik Kapal ke Bakauheni
3. Jalan kaki ke Tanah Abang=> Naik Kereta ke Merak=> Naik Kapal ke Bakauheni
4. Ke Kantor polisi, minta bantuan.
5. Nebeng mobil orang di jalan.
6. Jalan kaki ke lampung

Agggghrrr... puyeng!

Akhirnya saat itu kita semua ngontak temen-temen yang ada di jakarta buat minta bantuan mereka, kali aja mereka bisa nganterin. Tapi ternyata mereka hanya bisa membantu lewat doa. -_-

Dengan memastikan estimasi biaya yang paling murah, saya mengusulkan buat jalan kaki ke stasiun tanah abang dari gambir. Karena setahu saya ada tuh kereta jurusan merak dan ekonomi. Akhirnya temen-temen saya yang belom tau wilayah ikut aja ajakan saya, kita jalan kaki, mereka sih nanya, jalan kakinya jauh gak? Saya jawab, nggak kok paling 15 menit, tapi ternyata udah hampir satu jam belom sampe juga. Duuh!jadi gak enak, yang lain udah pada kepanasan gitu.

Salah satu temen bilang gini:
“Ibukota ternyata lebih kejam daripada ibu tiri.”
Saya nyengir aja.
Fasil juga nanya ke saya:

“Ni, gak ada angkot emangnya ke tanah abang?”
“Ada sih, naik bis.”
“Emang ongkosnya berapa?”
“2000an paling, tapi kan lumayan kita bisa ngirit.”
“2000 doang” -_-

Sampai juga kami di stasiun tanah abang. Tapi jangan seneng duluu, masih banyak penderitaan selanjutnya. Huhu...

Tulisan ini gw akhiri dengan sebuah pertanyaan:
Apakah grup ini bisa menuju lampung dengan uang yang pas pasan? Ataukah mereka menyerah dah membiarkan uang mereka dibelikan es cendol dan mereka pulang ke rumah masing-masing. Apa yang akan mereka lakukan? Saksikan terus hanya di Silet! *Ucapdengankata-kataFeniRose

Bersambung...


Temen-temen baru di blind travel :D



Salam Petualang


Erny Binsa

Thursday, 27 March 2014

Perlengkapan yang Harus dibawa Saar Mendaki

Perlengkapan yang mesti dibawa
            Lo ke gunung cuma modal kaki sama aja lo nganter nyawa ke sana, selain latihan fisik lo juga harus memiliki persiapan perlengkapan yang perlu dibawa ke gunung, kalo lo ga punya ya minimal minjem atau nyewa.

1. Tas Carrier/Ransel
            Jangan coba-coba lo ke gunung bawa koper, karena hasilnya lo bakal nyusahin diri lo sendiri. Nah gue bakal jelasin fungsi dari tas carrier, yaitu buat menyimpan barang-barang, (-_- nenek-nenek tua juga tau!). Dan pengalaman gue kalo lo bawa tas gunung maka beban lo bakal lebih ringan daripada bawa karung buat simpen barang. Nah triknya supaya lebih enteng adalah lo masukkin ke dalam tas barang-barang yang paling enteng dulu baru deh yang paling berat lo simpan di atas. Kenapa? Fungsinya adalah beban tas tersebut tertumpu dipundak bukan di pinggul jadi langkah kaki lo bakal lebih enak buat melangkah, sehingga kita gak bakal cepet capek. Inget ya! bawa tas carrier atau ransel hukumnya Fardu’ain.

2. Tenda
            Tenda juga perlengkapan wajib yang harus lo bawa, dia adalah pengganti rumah lo di gunung. Kalo lo ga punya tenda lo bisa pinjem atau bisa disewa, harganya sekitar Rp. 30.000-Rp. 40.000. Tapi inget, jangan coba-coba lo nyewa tenda nikahan.

3. Jaket
Tau sendirikan yang namanya gunung itu dingin? Nah jadi bawalah jaket! Udah gitu aja.

4. Sepatu/sandal gunung
Kalo lo niat mau naik gunung, jangan coba-coba pake sandal jepit atau sepatu cross.

5. Jas Hujan
Nah, kalo jas hujan ini hukumnya juga wajib dibawa, kita nggak pernah tau gimana cuaca yang akan terjadi diatas gunung, bisa hujan bisa panas, berubah-ubah, seperti hati kamuuuu… :p

6. Pakaian ganti
Kalo dipikir-pikir ngapain juga ya bawa pakaian ganti? Mandi juga kagak disana. Tapi lebih baik bawa buat ganti ketika mau solat, masa ia kita solat tapi baju kita kotor.

7. Kompor dan peralatan masak
Jangan harap di atas gunung ada alfamart, KFC, AW, lo gak bakal nemuin itu semua di atas gunung, catet! Makanya kompor itu wajib kecuali kalo kalian pada puasa -_- tapi inget jangan sampe bawa kompor gas yang ada di rumah juga kaleee sama gas 3 kg, kalian bisa beli parafin atau pake kompor yang kecil, plis gak usah nyusahin diri sendiri.

8. Matras
Gunanya buat alas dalam tenda atau masak masak diluar tenda.

9. Sarung tangan
Untuk melindungi tangan dari goresan saat menjelajah hutan belukar

10. Masker
            Bukan masker buat mutihin kulit kayak di tivi tivi ya, init uh biasanya buat menutup hidung dan mulut, fungsinya supaya gak katahuan kalo mulut kita bau.

11. Senter
            Senter juga sangat penting, apalagi kalo lo summit pas pagi hari menjelang subuh, gue lebih rekomendasikan lo pake senter kepala jadi lo ga usah ribet-ribet buat pegang. Dan inget satu hal, lo bawa senter jangan lupa bawa baterainya.

12. Kaos kaki
            Cuaca dingin paling asik kalo malam pake kaos kaki, dan saat pendakian juga kaos kaki mencegah kaki lo dari goresan-goresan.

13. Trash bag/kantong plastik sampah
            Kebanyakan pendaki ga ada yang mau bawa turun lagi sampah miliknya dan malah ditinggal disana. Gue harap lo ga seperti itu, jadilah pendaki yang baik, yang gak hanya mau menikmati keindahan alamnya tapi juga menjaganya.
           
14. Pisau
            Sebenernya ada gunung yang gak izinin lo bawa pisau saat mendaki, karena khawatir lo bakal nebang-nebang sembarangan, maka patuhilah. Tapi kalo ada gunung yang ngga ada syarat harus ngga bawa pisau lo bisa manfaain pisau itu buat masak atau bikin pasak.

15. Obat-obatan pribadi
           
16. Tisu/tisu basah

17. Rain cover

18. Logistic
            Makanan perbekalan buat di gunung, nanti gw certain lebih detail diwaktu yang lain.
           

Kayaknya segitu dulu deh, nanti kurangnya gw tambah lagi kalo inget. Oke guys, siap buat mendaki!!! angkat ranselmu! 



Salam Petualang




Erny Binsa

Tuesday, 25 March 2014

Get Ready to Depart (Sok Nginggris)


Haloowwww.... Terhitung udah satu semester lebih gue nggak nge blog, dan sebenernya gue udah kangen banget pengen ngeblog cuma yaaah sok sibuk. 
dan ini catatan pertama gua di tahun 2014, semoga lebih berwarna dan lebih dapet feelnya yak...
oke langsung ajaaaahh!!

Yupz, sebelum mulai mendaki kita harus menyiapkan apa-apa saja yang harus dibawa, minimal modal jempol, yah seenggaknya biar ada tebengan gratis. Hehe.. bukan hanya itu yang paling penting adalah siapkan waktu dan estimasi biaya pengeluaran kecuali kalo emang niat banget mau jadi gembel, lo cuma perlu bawa botol mineral diisi beras sama suara yang merdu kayak gue (read:cempreng). Maka perjalanan lo bakalan lebih berwarna, apalagi sampe dikejar-kejar tramtib.

Kapan Waktu yang Tepat Buat Mendaki?
            Pertanyaan yang bagus banget, karena sebelumnya gue udah pernah salah cari waktu buat mendaki. Saran gue cuma satu  carilah waktu dimana alam lagi berjodoh sama lo, semisal musim kemarau, tapi kadang kita gak bisa mastiin juga kondisi disana yang kadang-kadang malah badai padahal lagi musim panas, dan nggak mungkin juga kan. Karena menurut gue pribadi mendaki gunung bukan hanya sekedar kita naik gunung, melewati lembah, trekking, perjalanan yang terjal, trus sampe deh di puncak. Tapi ada hal-hal yang bakal lo dapatkan lebih dari itu, yaitu…. Tiiiit!! (lanjut ngomongin waktu)

            Nah, jadi lo setuju kan sama gue? Nggak? Yaudah kita putus! #plak pokoknya kalian pura-pura setuju aja yak!  Lanjuuut… kenapa gue bilang lo mendaki harus musim kemarau, soalnya kalo musim hujan kadang gunung-gunung pada ditutup, dan lo mencegah juga terjadinya hippotermia, tau kan? Itu loh penyakit susah tidur.

            Tapi sebenernya gue punya saran kedua, yaitu pergilah saat masa-masa liburan, masa cuti, tanggal merah, hm… asoy banget dah! Kenapa? Soalnya kalo lo pergi dan masih menyimpan beban di pundak buat ngerjain inilah itulah, bukan beban tas ya, perjalanan pasti bakal lebih nyaman, hati lo lebih lapang, lo bawa beban tas segede gaban ga ada artinya dari pada lo bawa beban di hati. (curhat mode on)

            Selain itu, buat lo yang tipe orang sibukan, alias kantoran, kuliahan, dan seabrek kerjaan yang lain, bukan berarti lo ga bisa naik gunung, tenang aja kan masih ada tanggal merah, kalopun ga ada tanggal merah, lo beli aja spidol merah trus lo merahin tuh kalender.

Persiapan Fisik
            Yup, naik gunung mungkin beda sama ketika lo backpacking biasa, meskipun sama-sama menghasilkan cerita. Gue sering denger banyak orang yang meninggal di gunung dengan alasan yang macem-macem, ada yang hippotermia, serangan jantung, kekurangan logistik, kecapekan, dan lainnya. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan, sebenernya sih bukan ketika lo mau mendaki aja lo latihan fisik tapi juga biasain tiap hari.

            Nah, kalo fungsi dari latihan fisik sebelum melakukan pendakian itu supaya lo ga kaget saat mulai pendakian, apalagi yang pendaki pemula (kayak gue) perlu banget olahraga tiap hari. Meskipun kita ga bakalan tau gimana kondisi di gunung nanti, emang gak menjamin sih tapi ya paling nggak kondisi kita saat itu udah siap lahir batin buat mendaki gunung.

            Kalo gue sendiri lebih sering lari dan sepedaan keliling. Setiap hari? Tentu aja seminggu sekali, harap jangan dicontoh. Hehe… 


Oke guys, segitu dulu yang gue tulis masih ada lanjutannya insyaAllah gue ceritain dilain waktu...


Salam Petualang




Erny Binsa

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...