Thursday, 27 March 2014

Perlengkapan yang Harus dibawa Saar Mendaki

Perlengkapan yang mesti dibawa
            Lo ke gunung cuma modal kaki sama aja lo nganter nyawa ke sana, selain latihan fisik lo juga harus memiliki persiapan perlengkapan yang perlu dibawa ke gunung, kalo lo ga punya ya minimal minjem atau nyewa.

1. Tas Carrier/Ransel
            Jangan coba-coba lo ke gunung bawa koper, karena hasilnya lo bakal nyusahin diri lo sendiri. Nah gue bakal jelasin fungsi dari tas carrier, yaitu buat menyimpan barang-barang, (-_- nenek-nenek tua juga tau!). Dan pengalaman gue kalo lo bawa tas gunung maka beban lo bakal lebih ringan daripada bawa karung buat simpen barang. Nah triknya supaya lebih enteng adalah lo masukkin ke dalam tas barang-barang yang paling enteng dulu baru deh yang paling berat lo simpan di atas. Kenapa? Fungsinya adalah beban tas tersebut tertumpu dipundak bukan di pinggul jadi langkah kaki lo bakal lebih enak buat melangkah, sehingga kita gak bakal cepet capek. Inget ya! bawa tas carrier atau ransel hukumnya Fardu’ain.

2. Tenda
            Tenda juga perlengkapan wajib yang harus lo bawa, dia adalah pengganti rumah lo di gunung. Kalo lo ga punya tenda lo bisa pinjem atau bisa disewa, harganya sekitar Rp. 30.000-Rp. 40.000. Tapi inget, jangan coba-coba lo nyewa tenda nikahan.

3. Jaket
Tau sendirikan yang namanya gunung itu dingin? Nah jadi bawalah jaket! Udah gitu aja.

4. Sepatu/sandal gunung
Kalo lo niat mau naik gunung, jangan coba-coba pake sandal jepit atau sepatu cross.

5. Jas Hujan
Nah, kalo jas hujan ini hukumnya juga wajib dibawa, kita nggak pernah tau gimana cuaca yang akan terjadi diatas gunung, bisa hujan bisa panas, berubah-ubah, seperti hati kamuuuu… :p

6. Pakaian ganti
Kalo dipikir-pikir ngapain juga ya bawa pakaian ganti? Mandi juga kagak disana. Tapi lebih baik bawa buat ganti ketika mau solat, masa ia kita solat tapi baju kita kotor.

7. Kompor dan peralatan masak
Jangan harap di atas gunung ada alfamart, KFC, AW, lo gak bakal nemuin itu semua di atas gunung, catet! Makanya kompor itu wajib kecuali kalo kalian pada puasa -_- tapi inget jangan sampe bawa kompor gas yang ada di rumah juga kaleee sama gas 3 kg, kalian bisa beli parafin atau pake kompor yang kecil, plis gak usah nyusahin diri sendiri.

8. Matras
Gunanya buat alas dalam tenda atau masak masak diluar tenda.

9. Sarung tangan
Untuk melindungi tangan dari goresan saat menjelajah hutan belukar

10. Masker
            Bukan masker buat mutihin kulit kayak di tivi tivi ya, init uh biasanya buat menutup hidung dan mulut, fungsinya supaya gak katahuan kalo mulut kita bau.

11. Senter
            Senter juga sangat penting, apalagi kalo lo summit pas pagi hari menjelang subuh, gue lebih rekomendasikan lo pake senter kepala jadi lo ga usah ribet-ribet buat pegang. Dan inget satu hal, lo bawa senter jangan lupa bawa baterainya.

12. Kaos kaki
            Cuaca dingin paling asik kalo malam pake kaos kaki, dan saat pendakian juga kaos kaki mencegah kaki lo dari goresan-goresan.

13. Trash bag/kantong plastik sampah
            Kebanyakan pendaki ga ada yang mau bawa turun lagi sampah miliknya dan malah ditinggal disana. Gue harap lo ga seperti itu, jadilah pendaki yang baik, yang gak hanya mau menikmati keindahan alamnya tapi juga menjaganya.
           
14. Pisau
            Sebenernya ada gunung yang gak izinin lo bawa pisau saat mendaki, karena khawatir lo bakal nebang-nebang sembarangan, maka patuhilah. Tapi kalo ada gunung yang ngga ada syarat harus ngga bawa pisau lo bisa manfaain pisau itu buat masak atau bikin pasak.

15. Obat-obatan pribadi
           
16. Tisu/tisu basah

17. Rain cover

18. Logistic
            Makanan perbekalan buat di gunung, nanti gw certain lebih detail diwaktu yang lain.
           

Kayaknya segitu dulu deh, nanti kurangnya gw tambah lagi kalo inget. Oke guys, siap buat mendaki!!! angkat ranselmu! 



Salam Petualang




Erny Binsa

11 comments:

  1. aaaak, header pemandangannya indah bangeeeeet!
    Keren nih, mengedukasi. bookmark ah. siapa tau aku ke gunung.. walaupun di kalimantan nggak ada gunung yang bisa di daki sih. tapi siapa tau aja berguna.. thanks tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kukuh.... :D mudah-mudahan bermanfaat...

      Delete
  2. Lengkap banget alatnya... alat yg paling keren adalah "tisu basah" -_-

    Oh ia jangan lupa bawa.. hati yg bersih.. biar di perjalanan ttp semangat dan selamat

    Suatu kita saat kita akan mendaki bersama dan dijadiin film 6 cm.. (kelanjutan film 5cm)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa emang keren itu... tisu basah... -_-

      cuma nambah se cm doank... -_-

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya gw seneng kalo kamping2 gitu,tp kalo mendaki kayanya ntar aja deh kalo udah punya baju Ironman jadi aman dari mara bahaya :D
    Semangat !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana korelasinya yak? ngaruh gituu... -_-

      Delete
  5. lengakap banget. kayaknya kamu udah berpengalaman banget mendaki ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga... cuma iseng aja... :D

      Delete
  6. Sebagai pencinta panorama keindahan alam Indonesia, gue sangat merasa gagal.
    Karena sampai saat ini pun gue belum pernah namanya mendaki gunung. Mungkin kendalanya temen gue kebanyakan suka tempat wisata yang bagus dijadikan obyek foto dan nggak mau cape kali, ya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalo lu sendiri sukanya yang kayak gimana...?

      #bukankode

      :D

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...