Monday, 22 September 2014

JALAN-JALAN BUTA #2nd

Bismillahir rahmaanir rahiim

Catatan sebelumnya ada disini => JALAN-JALAN BUTA

          Sebelum saya lanjutin, saya mau tanya sudikah temen-temen mendengar curhatku ini? #yaelah

Eh betewe ini saya lagi nulis catatan perjalanan, tapi sambil denger lagu kahitna kok malah jadi galau yak? Iuh iuh -_-

Ok lanjut! Mungkin sudah tertulis dalam lauh mahfuz apa yang bakalan terjadi hari itu, saya bakal melakukan perjalanan yang unik dan jarang ada. Sampai di stasiun tanah abang yang kita tempuh dengan jalan kaki dari gambir. Seneng banget rasanya, saat itu saya ngecek harga tiket yang ternyata Rp. 30.000 ke Merak (Huhuhu kurang goceng!) Udah gitu kereta ke merak ternyata cuma ada pagi dan sore aja. Alhasil kayaknya gak mungkin naik kereta ke merak.

Tapi saat itu ada pula tiket kereta ke Rangkas bitung, saat itu yang saya tahu rangkas bitung ke merak gak gitu jauh. Nanti pas sampai di Rangkas baru deh kita pikirin lagi mau ke Meraknya gimana caranya. Iqbal ngantri tiket seharga 20rb rupiah. Dan Eng Ing Eng, tiket keretanya tinggal 3 aja (hiks!) Sedangkan saat itu kita berempat sama fasil, sempet pengen ngebuang fasil aja, tapi kasian. 5 menit kemudian kereta berangkaaat.. Huaah!

Masih di ngegojrok di stasiun, saya menambatkan pilihan bantuan phone a friend pada akhirnya, saya nelponin temen-temen minta bantuan. Salah satunya ka fia yang saya minta tolong anterin ke tempat ada bis ke Merak, trus juga ke Lisfa yang ngasih saran buat nyari truk truk di tanah abang, katanya sih banyak yang ke arah merak. Katanya... tapi itu hanya katanya... toh pada kenyataannya gak ada yang kesana. Hiks! Gak bisa nebeng.

Kami berempat berjalan ke jembatan tanah abang. Aha! Saat itu saya inget ada bis arah Merak dari Slipi/R.S Harapan Kita. Menurut saya sih nggak jauh kalo dari tanah abang ke RS. Harapan Kita, makanya saya saranin buat jalan kaki lagi. Tapi, kayanya temen-temen gak percaya sama saya, hahaha... yaudah akhirnya kita naik bajaj ke RS. Harapan Kita. Sebenernya sih gak muat kalo naik bajaj, tapi akhirnya terpaksa juga Fasil Avel duduk sebelah sopirnya. Kita patungan ongkos goceng-goceng dan artinya uang kita tinggal Rp. 20.000 Bagaimana caranya itu duit bisa sampe ke lampung.

Sampai di depan RS. Harapan kita, kami kudu naik bis ke arah Merak. Tapi ternyata ongkosnya Rp. 25.000, dan kita hanya pegang masing-masing Rp. 20.000. Saat itu yang bisa kami lakukan hanyalah, pasang muka memelas, biar dikasihanin sama sopir busnya dan ternyata itu ampuh. Sopir dan kondekturnya menerima kami jadi penumpangnya dengan ongkos 20ribu. Rezeki anak soleh!

Di tengah perjalanan saya habiskan buat ngobrol dan tidur! Indahnya dunia bisa tidur. Baru juga setengah perjalanan, bis berhenti, lamaaaa banget! Ternyata bannya bocor, terpaksa kami dioper ke bis lain arah merak. Bis kembali melaju dan saya tidur lagi. Apakah semua berakhir disitu? Ah jangan senang dulu sodara-sodara. Nyatanya nggak berapa lama bis melaju, bis kembali berhenti, Mogok! OMG! Saat itu saya bertanya-tanya, ada apa dengan hari ini? Mata saya langsung jelalatan ke atas, kanan, kiri, ya kali aja ada kamera tersembunyi dan saat itu saya lagi berada di acara “Uka-Uka” ngayal aja!

Saat itu kami harus pindah bis lagi, kali ini saya ngga tidur lagi, sampai bis membawa kami ke Merak. Alhamdulillah sampai di Pelabuhan merak, tapi uang kita habis? Gimana caranya menyebrang ke Pelabukan Bakauheni? Akhirnya kami memutuskan untuk ke Masjid dan meminta petunjuk kepada Allah. Eh ini Serius! Kami sholat disana dan ternyata rezeki kami memang ada disana. Apalagi pihak panitia memberikan subsidi makan siang Rp. 5.000 berarti uang buat naik kapal hanya perlu Rp. 8.000 lagi per orang, yang artinya kami harus cari uang Rp. 24.000 lagi buat bertiga (gak mikirin makan siang) ongkos nyebrang naik kapal lebih kita butuhin hahaha... Ah iya, ongkos nyebrang saat itu Rp. 13.000/0rg. Saat itu mikir lagi harus ngapain, akhirnya kami sepakat menjual makanan yang udah kami bawa, nah kalo Ririn getol banget pengen jadi tukang pijet dadakan.   -_-

Saat itu kami langsung nawarin makanan ke orang-orang yang habis pada solat, lebih banyakan yang nggak mau. Untungnya saya dan kedua temen saya bawa banyak bekel yang bisa dijual, niat juga sih pengen ngamen, tapi saya sadar banget suara saya banyakan kurangnya, bukannya dikasih uang malah dilemparin sandal yang ada. Alhamdulillahnya Ririn jago banget ngerayu, bukan cuma jago mijit aja dia. Sebagian makanan kami memang ludes tapi akhirnya kita dapat uang buat nyebrang, lebih dari cukup. Alhamdulillah, beberapa ribu kita sumbangin ke kotak amal. Dan dari ongkos itu masih ada sisa 5rb buat makan siang bertiga. Hahaha...

Yeah... Kita bisa juga naik kapal, asik! Di atas kapal kami leyeh leyeh sambil cari ide buat yel-yel kelompok. Tapi gak asik juga soalnya banyak biduannya di atas kapal jadi gak tenang dan gak bisa tidur. Di atas kapal, perut kami mulai lapar, Iqbal makan biscuit yang dibawanya, nah Ririn ngeluarin lagi perbekalannya yang masih ada yaitu pop mie. Tapi gak mungkin kan nyeduh pop mie pake air laut? Akhirnya saya dan ririn mau beli air panasnya aja, seharga 6ribu sementara uang kita tinggal 5ribu, dengan proses tawar menawar yang sengit, akhirnya kami bisa beli airpanas seharga 5ribu buat seduh 2 buah pop mie. Alhamdulillah.

Tapi lagi-lagi jangan senang dulu, dari segala penjuru kami mencari uang 5ribu tapi ternyata uang tersebut telah raib! hilang gitu aja! Hiks! Gak jadi makan pop mie. Melihat hal itu Fasil avel merasa kasihan dan meminjamkan kami uang 5ribu. Kenapa yah disaat-saat kayak gini uang yang tinggal 5ribu pake acara hilang segala? Lagi-lagi saya berpikir, mungkin sudah tertulis di lauh mahfudz. Sesuatu banget!

Akhirnya Saya dan Ririn jadi makan Pop Mie, sedangkan Iqbal masih menikmati makanan yang dibawanya. Sampai di Pelabuhan Bakauheni jam 5 sore lewat dikit, itu tandanya kami masih harus menuju Menara Siger sebelum jam 6 Sore, ngeliat menaranya sih lumayan jauh, akhirnya dengan kekuatan pop mie, kami berjalan kaki menuju Menara Siger. Udah gitu lumayan jalannya nanjak-nanjak melulu.

Terharu rasanya pas kaki udah menginjak ubin di Menara Siger sebelum jam 6, meskipun kami menjadi kelompok yang terakhir sampai, tapi gak apa-apalah namanya juga hidup, semua syarat akan hal yang nggak terduga.

Sampai di Menara Siger, kami ditepokin sama temen-temen, udah kayak burung aja ditepokin, hehe... tapi itu sebagai bentuk perhatian menurut saya.

Sampai di Lampung trus ngapain? Langsung pulang lagi gitu? Ya Nggak, masih banyak cerita di Lampung. Jalan-jalan belum selesai, seru-seruan juga belom kelar, trus kalo penderitaan udah kelar belom ya? hahaha... Tunggu kelanjutannya setelah pesan-pesan berikut ini. :D



Temanmu, Erny Binsa
22 Sept 2014


20 comments:

  1. Gila gila gilaaaaaaa. Hebat banget ya perjalanannya. Emm, orang2 nya. Duit yg nipis banget tapi bisa sampe tempat tujuan gitu. Ga kehabisan akal, termasuk pasang muka memelas buat dapet harga murah hehe.

    Salut bangeeeeet. Ditunggu cerita berikutnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... Iya emang aneh banget acaranya, kebayang bakalan kayak gini kalo emang lagi gak ada uang buat jalan-jalan... :D

      Delete
  2. Kalo gue sih pengen bisa kek gitu, adventure gitu. Tapi entah kapan gue bisa. Keren petualangannya broh..

    Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang aja, yuk angkat ranselnya.
      Tengkyu... :D

      Delete
  3. Kelihatannya keren nih. Pasti banyak cerita yang bisa di tulis seandainya ngelakuin perjalan kayak gitu. Di tunggu ya kelanjutan ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu banyak kesan lewat perjalanan ini... Lanjutannya yah? tar dulu yak.. masih galau.. :D

      Delete
  4. Ini ada lanjutannya lagi gak sih? Tenaga pop mie akhirnya tembus menuju Siger yak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada lanjutannya, tapi gue juga gak tau bakal ditulis apa kagak... :D

      Delete
  5. Duh, jalan - jalan nya keren. harus punya tim yang kompak biar sampe tujuan masih bersama. Daripada di lampung aja, lanjutin ke Riau gih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren TIMnya juga diacak, gw belom pernah ketemu dan ngobrol sekalipun sama orang orang yang masuk kedalam TIM gue, dan ternyata orangnya gila semuaaa.... 20ribu sampe riau gak yah?

      Delete
  6. waaah, kahirnya sukses juga ya bisa ke tempat tujuan cuman dengan modal 20rbu yang udah abis duluan cuman buat bayar bis..tapi asik ya..aku juga mau kayak gitu, yang penting nggak sendiriaaaan aja..jadi mau malu atau malu maluin tapi berjamaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sendirian gue juga pasti cengo, Mey.. Pulang ke rumah trus nangis dipojokan...

      Delete
  7. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say
    that I have really loved surfing around your blog posts. In any case I will be subscribing for your feed and I'm hoping
    you write once more very soon!

    Also visit my webpage Garcinia Slim Life Reviews

    ReplyDelete
  8. Perjalanan yang seru dan menyenangkan...

    ReplyDelete
  9. keren mbak.. sesekali mau ikut mbak jalan2 deh... heee

    ReplyDelete
  10. terima kasih telah berbagi info.....
    sangat menarik dan bermamfat.....
    mantap...

    ReplyDelete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...