Tuesday, 25 March 2014

Get Ready to Depart (Sok Nginggris)


Haloowwww.... Terhitung udah satu semester lebih gue nggak nge blog, dan sebenernya gue udah kangen banget pengen ngeblog cuma yaaah sok sibuk. 
dan ini catatan pertama gua di tahun 2014, semoga lebih berwarna dan lebih dapet feelnya yak...
oke langsung ajaaaahh!!

Yupz, sebelum mulai mendaki kita harus menyiapkan apa-apa saja yang harus dibawa, minimal modal jempol, yah seenggaknya biar ada tebengan gratis. Hehe.. bukan hanya itu yang paling penting adalah siapkan waktu dan estimasi biaya pengeluaran kecuali kalo emang niat banget mau jadi gembel, lo cuma perlu bawa botol mineral diisi beras sama suara yang merdu kayak gue (read:cempreng). Maka perjalanan lo bakalan lebih berwarna, apalagi sampe dikejar-kejar tramtib.

Kapan Waktu yang Tepat Buat Mendaki?
            Pertanyaan yang bagus banget, karena sebelumnya gue udah pernah salah cari waktu buat mendaki. Saran gue cuma satu  carilah waktu dimana alam lagi berjodoh sama lo, semisal musim kemarau, tapi kadang kita gak bisa mastiin juga kondisi disana yang kadang-kadang malah badai padahal lagi musim panas, dan nggak mungkin juga kan. Karena menurut gue pribadi mendaki gunung bukan hanya sekedar kita naik gunung, melewati lembah, trekking, perjalanan yang terjal, trus sampe deh di puncak. Tapi ada hal-hal yang bakal lo dapatkan lebih dari itu, yaitu…. Tiiiit!! (lanjut ngomongin waktu)

            Nah, jadi lo setuju kan sama gue? Nggak? Yaudah kita putus! #plak pokoknya kalian pura-pura setuju aja yak!  Lanjuuut… kenapa gue bilang lo mendaki harus musim kemarau, soalnya kalo musim hujan kadang gunung-gunung pada ditutup, dan lo mencegah juga terjadinya hippotermia, tau kan? Itu loh penyakit susah tidur.

            Tapi sebenernya gue punya saran kedua, yaitu pergilah saat masa-masa liburan, masa cuti, tanggal merah, hm… asoy banget dah! Kenapa? Soalnya kalo lo pergi dan masih menyimpan beban di pundak buat ngerjain inilah itulah, bukan beban tas ya, perjalanan pasti bakal lebih nyaman, hati lo lebih lapang, lo bawa beban tas segede gaban ga ada artinya dari pada lo bawa beban di hati. (curhat mode on)

            Selain itu, buat lo yang tipe orang sibukan, alias kantoran, kuliahan, dan seabrek kerjaan yang lain, bukan berarti lo ga bisa naik gunung, tenang aja kan masih ada tanggal merah, kalopun ga ada tanggal merah, lo beli aja spidol merah trus lo merahin tuh kalender.

Persiapan Fisik
            Yup, naik gunung mungkin beda sama ketika lo backpacking biasa, meskipun sama-sama menghasilkan cerita. Gue sering denger banyak orang yang meninggal di gunung dengan alasan yang macem-macem, ada yang hippotermia, serangan jantung, kekurangan logistik, kecapekan, dan lainnya. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan, sebenernya sih bukan ketika lo mau mendaki aja lo latihan fisik tapi juga biasain tiap hari.

            Nah, kalo fungsi dari latihan fisik sebelum melakukan pendakian itu supaya lo ga kaget saat mulai pendakian, apalagi yang pendaki pemula (kayak gue) perlu banget olahraga tiap hari. Meskipun kita ga bakalan tau gimana kondisi di gunung nanti, emang gak menjamin sih tapi ya paling nggak kondisi kita saat itu udah siap lahir batin buat mendaki gunung.

            Kalo gue sendiri lebih sering lari dan sepedaan keliling. Setiap hari? Tentu aja seminggu sekali, harap jangan dicontoh. Hehe… 


Oke guys, segitu dulu yang gue tulis masih ada lanjutannya insyaAllah gue ceritain dilain waktu...


Salam Petualang




Erny Binsa

33 comments:

  1. Fotonya keren banget. Itu daerah mana ya?
    Aku nggak tahu banyak soal daki mendaki nih, tahunya cuma berdaki. Apalagi kalau 3 hari nggak mandi, pasti berdaki *salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di semeru...

      Pendaki vs berdaki... -_-
      Zzzzzzzz

      Delete
  2. wah gue iri banget dengan fotonya sumpah keren abis,,kapan bisa foto dari atas ketinggian gituh ya??? btw gue mau nanya orang kurus boleh mendaki gak??? yg gue tau kalo udah sampe di atas gunung oksigen menipis gitu,,bener gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau foto diketinggian naek ke atas genteng ajaaaah... orang kurus naik gunung ga ada yg ngelarang, anggap aja lagi olahraga :D ga masalah buat gw, temen gw jg kurus bgt, cungkring tapi ikut daki juga.

      Iya pastinya, suhu disana pasti kan lebih dingin.

      Delete
    2. wah kalo bengek pas diatas puncak gunung gimana tuh sob????? gak bahaya???

      Delete
    3. Wah kalo itu tergantung... kalo yakin gpp sih ga masalah... salah satu trmen gw punya penyakit asma, tapi dia udah ancang-ancang buat bawa oksigen yg suka dipake kalo kambuh.. alhamdulillah baik baik aja... malah pernafasannya jadi bagus, hirup udara seger teruus... :D

      Delete
  3. Ancur banget, Er, bahasanya -,- #tutupmuka #berpikirkeras. Ya Allah ini beneran temen gue? O,o

    Masih banyak yg perlu dibahas ttg persiapan keberangkatan, Er. Research tracking, estimasi dana, cari bocoran yg bener gak kayak kau yg infonya menyesatkan kadang. Wkwkwk.

    Anyway, hypothermia itu bukan kecapean, melainkan suhu tubuh yg turun drastis krn kedinginan dan kekurangan oksigen .

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_-
      Jleb bgt!!

      Gw mo coba variasi baru lis, biar ada yang beda dan ga monoton
      :D

      Nih emang baru sedikit yg ketulis, sisanya beloman sempet.
      Nah kan kalo ga sesat dikit rasanya gimana gitu kayak ada yg kurang greget. :p

      Td gw bilang hippotermia adalah penyakit susah tidur keleess.... :D

      Delete
    2. susah tidur mah namanya anemia kelessssss :D *ditoyor*

      Delete
    3. Anemia = saya mia
      Harusnya = > anesrhydavid keleeees....

      #garing

      :D

      Delete
  4. *Siapin Fisik* *siapin Ransel* Gue berangkat sekarang!! hahaha sip nice post

    ReplyDelete
  5. hahaha... ngakak gue baca komentar Fatinah... wahh jahat banget jadi teman.. seharusnya di dukung ...malah di jatuhin... aduhh

    Gue masih mendaki di seputaran Sulawesi Selatan aja...blum nyampe ke luar...

    Salam Lestari hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu komentar yang membangun taooooh, mendukung, dan meluruskan ^,^ #siul

      Delete
    2. Dia emang gitu mas, suka ga mikirin perasaan akooh!

      Di sulawesiiii??? Ada apa aja disanaaa?


      Lisfa: itu komentar yang membunuh taoh

      Delete
  6. Salam petualang.

    Btw lama banget ga ngeblognya. Ini blog nya ga dihuni sarang laba-laba kan hehe bercanda.

    Mendaki gunung ya. Seumur-umur gue belum pernah mendaki. Gue pengen sih tapi waktunya itu yang ga sempet.

    Postingan lo bermanfaat banget buat para pendaki pemula yang mau mendaki. Gue tunggu postingan mendaki yang selanjutnya ya dari lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... tadinya ada sarang laba laba tapi dah dibersihin donk... :D

      Masa belum pernah mendaki sih tapi kalo berdaki udah pernah kan? :D

      Delete
  7. Waah pendaki ulung nih udah berbagi tips beginian..
    mahameru aja udah ditaklukin kan ya, hehehe
    emang fisik sangat penting buat para pendaki, medannya berat soalnya... dan gue masih belum pernah mendaki sama sekali, apakah gue lelaki yang gagal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom ulung masih pemula juga keleess....

      Coba berkaca dan tanyakan pada diri sendiri? Apakah kau lelaki gagal? Peaceee...

      Delete
    2. masih pemula udah nongkrongin mahameru -___-"

      aku lelah berkaca setiap hari :/

      Delete
    3. Ga nongkrong juga keleess... orang gw berdiri... :p

      Delete
  8. Kayaknya orang kerja kayak gue bakal g bisa naik gunung gue g ada libur e. Sabtu minggu masuk. Merah masuk dan libur cuma leban doank. Hais saran elo rasis amirrrrrrr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo kerja apa sih bang?
      Kalo ga ada tanggal merah kan bisa cutiii... uwooooo...

      Delete
  9. ahh pengen banget ke gunung... masih belum kesampaian sampe sekarang.
    emang kalo mendaki harus pake temen cowok kah? aku pernah ngajak temen-temen ke gunung, tapi pada takut soalnya ngga ada temen cowoknya..

    budgetnya kira2 abis berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga juga kok... yg penting modal nekat aja, dulu pendakian pertama gw ga ada cowonya kok.. gw jalan cuma bertiga aja dan itu cewek semua.. tapi bagusnya sih emang ada cowoknya, itung2 ada yg jagain kita, ada yg bawain barang, dll... hahaha....
      Ga gitu juga keleeess...

      Kalo budget mah tergantung biaya ongkos aja... dulu gw ke semeru, keluar biaya 500rban tp kalo yg lebih deket paling 200rban.. yg penting niat, uang mengikuti... :D

      Delete
  10. kak Erny ga ngeblog 1 semester? ketinggalan berapa sks tuh kak? :P

    terimakasih tipsnya Kak Er.. akan ku catat baik2... bekal tuk mendaki suatu saat nanti hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaah srhy.... akoh adalah seorang blogger yg gagal :(((((

      #tusukdadapakebelati

      Delete
  11. Ebuseeeeeeet lama banget kamu gak ngeblog Erny... udah kayak kuliah aja libur 1 semester hehehe
    ayooo dong kalau kangen cepetan nulis lagi
    eh tapi bener sich kalau mendaki tu harus pilih waktu yg tepat suapaya tidak mengganggu aktivitas lainnya
    pas cuti atau libur :)
    dan yg penting persiapan mental dan fisik yeyeyyee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... kemaren aku lagi cuti ngeblog... :D

      Maluuuuuuuu.....

      Tul tuh mei... :D

      Delete
  12. no wonderrr emang udah lama aku ga liat kamu nongol mbak Erny, sekalinya ngongol layout diganti dan jadi gueeeh elooooh..hehehehe..
    kamu emang backpacker sejati dahhhh..dan emang iya pas liburan, kalo pas kerja mah siap siap ditegurrr si boss@.@ pas kerja gni giliran duit ada tpi waktu kagak adeeeee...hedeeehhh...kapan kita bisa naik gunung bareng nyaaak?? pingin bangett

    alah, aku malah sepedaan kalo ada kesempatan doang..di jekardah mana ada persewaan sepedaaaa?? @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa meykeee... lagi coba suasana baruuu, pantes ga yaaaa kira kira pake bahasa LG (Lo Gue).
      Btw kau kan juga suka jalan-jalan mey, kamu di jakarta ga seh... daki bareng yuk... serius nih... akhir bulan april ini loh mw ke gunung gede... :D

      Delete
  13. Hmm, mendaki gunung itu harus banyak persiapan ya? Aku belum pernah sih. Lagian aku ini cewek lemah :(( Jarang olahraga sih #PLAK *malah curhat*

    Buset, kk lama banget ngilangnyaaa~ Ayo2, semangat ngeblog lagi kak! *teriak pake toa*

    Oh ya, aku member baru di BE. Salam kenal kk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe salam kenal juga lia... dan sekarang aku menghilang lagi... *ting

      jangan di toa in yaaa... :D

      Delete

Yang baca dan komentar saya doain nambah cakep... :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...