Jalan Sendirian atau Sama-Sama?

Pernah jalan-jalan?
Bohong yang bilang enggak pernah. Buat saya jalan-jalan itu penting, bukan sekadar buang-buang uang sehingga kita dianggap orang yang hedonis, jalan-jalan itu enggak perlu pakai uang, yang penting punya kaki untuk berjalan.

Buat saya melakukan perjalanan atau bertualang itu ibarat mencari ilmu, menyusuri tempat-tempat yang kadang bikin kita tergugah, berkata wow bahkan sambil koprol, tuh kan mulai kemana-mana deh ini tulisan.

Travelling enjoy  the experience (benar enggak tuh tulisannya) artinya perjalanan adalah menikmati pengalaman. Ada yang bilang katanya buku itu adalah jendela dunia, sedangkan perjalanan adalah pintunya. Aniway, Kalo bisa lewat pintu kenapa juga harus lewat jendela? #ajaransesat# 

Tapi sebenarnya bukan itu yang mau saya bahas sekarang, saya sering melakukan perjalanan sendirian, bersama teman, bersama keluarga, dan lain-lain. Kalau di tanya kalian lebih suka jalan-jalan sendiri atau bersama-sama? Ayo jawab! Saya pribadi menyukai keduanya, tetapi ada perbedaan yang menarik untuk di ulas, ini dia teori sotoy saya.

Cekidot!



Jalan-jalan sendiri
  1. SAYA BEBAS
Bebas ngapain neh? Ya, ngapain aja. Pokoknya judulnya suka-suka. Saya bisa mengatur jadwal dan waktu sendiri, dan ke tujuan mana saya mau pergi gak ada yang ngelarang.

2.  KOREKSI DIRI
Ini yang paling penting buat saya, kadang kalo lagi jalan-jalan sendiri, ada sesuatu dari diri saya yang lain, saya bisa mengenal diri saya lebih dekat, jarang-jarang saya berdialog dengan hati, mendengar kata hati, juga berpikir tentang banyak hal yang gak bisa saya dapatkan kalo lagi rame-rame. Sensasinya berbeda.

3. MENIKMATI NYASAR
Jujur deh, saya mending nyasar sendiri daripada ngajak oranglain. Kadang-kadang suka gak enak kalo temen yang saya ajak jalan malah nyasar. Dulu pernah ada pengalaman temen saya marah-marah sama saya gara-gara saya sebagai petunjuk jalan malah lupa jalan, muter disitu-situ aja, makanya saya lebih seneng nyasar sendiri, jadi gak ngerugiin temen yang saya ajak.

4. NGOBATIN STRES
Kalo lagi stres saya bisa pergi ke tempat-tempat yang sunyi, mau marah kek, mau nangis kek, mau melakukan apapun itu terserah, sepulangnya perasaan jadi lega. Hoho sisi melankolis keluar.

5. CEPAT & NYANTAI
Saya kalo sendiri suka berjalan cepat tapi lebih nyantai dan ringkas tanpa harus nunggu. Lebih banyak mengeksplorasi sekitar, puas poto-poto sekitar, puas memandang keindahan alam selama apapun tanpa ada yang ngomong “Er, pulang yuk!”

6. RESIKO BESAR
Memang tidak dipungkiri, melakukan perjalanan sendiri itu resikonya lebih besar, seluruh tanggung jawab ada di diri kita sendiri. Kalo ada masalah gak ada yang nolongin. Kasihan ya?

7.  KETERBATASAN
Kok? Iya, karena sendiri saya kadang juga takut kalo jalan yang terlalu jauh, terlebih ke tempat asing yang belum pernah saya kunjungi. Kalo gak nekat, saya gak akan pergi kemana-mana. Tapi kan perempuan? Nah, itu dia keterbatasannya gak usah saya jelasin.

8.  KETEMU TEMEN BARU
Kalo selama perjalanan jauh nih, semisalnya waktu naik kereta, saya lebih suka baca buku selama perjalanan. Jadi temennya buku? Iya dong, buku kan teman perjalanan yang baik. Namun, gak jarang saya pernah juga dapat temen baru yang bener-bener baru, itulah yang dinamakan teman seperjalanan, hanya sekadar basi-basi, mengetahui arah tujuan kita begitu pula sebaliknya.




JALAN RAME-RAME 

1. LEBIH ASYIK, LEBIH SERU

Gak harus merasakan sepi dan sendiri. Bisa sama-sama melakukan aktivitas seru bareng-bareng, bisa bincang-bincang mengenai banyak hal selama perjalanan dan bikin waktu gak kerasa, eh udah sampe.

2. ADA HIBURAN
Kalo jalan bareng-bareng gak mungkin kan pada diem-dieman? Kecuali kalo ada masalah selama perjalanan itu. Kita akan banyak dapat hiburan, becanda, bercerita pengalaman masing-masing, asik mendengarkan yang satu ngomong, terus yang satu nimpalin, lalu ketawa bareng-bareng.

3.  MENGIKAT UKHUWAH
Pergi bersama-sama bisa saling tolong menolong, saling mendukung satu sama lain, mempererat ikatan ukhuwah antar sesama, ini penting untuk perjalanan masa depan. Yang periang bisa menghibur yang murung, yang kuat membantu yang lemah, dan lain-lain mikir sendiri.

4.  MEMAHAMI KARAKTER
Dengan jalan bareng, kadang saya jadi mengerti sedikit demi sedikit karakter orang. Ada yang ngeluh mulu minta pulang, ada yang egois, ada yang penakut, ada yang gak mau diajak susah, ada yang, ah macem-macem. Karakter mereka bener-bener kebuka disini, buat saya itu bonus, karena saya bisa lebih tahu banyak tentang teman-teman.

5.  LEBIH AMAN
Kalo bareng-bareng, resiko lebih ringan daripada jalan sendiri, senggaknya ada teman berbagi kesusahan. Gak bakal ada yang berani ngeroyok orang kita juga mainnya kroyokan.

6.  LAMA NUNGGU
Belum jalan udah kelamaan nunggu, ini sering banget. Lama mandi, lama dandan, lama di kamar mandi, kadang geregetan. Berjalan rame-rame juga jadi lambat, yang satu ketinggalan di belakang, yang satu jalan kecepetan, yang satu asyik menikmati pemandangan dan lain-lain, sementara perjalanan belum sampai. Jadi lebih lama, kan? Tapi harus ingat, gak ada sejarahnya ninggalin temen hanya karena mereka gak bisa mengikuti kecepatan kaki kita. Gak peduli lama nunggu, pergi bareng maka harus pulang bareng.

7.  BEDA PERSEPSI
Ini kadang yang jadi masalah, ada yang suka sok tau pinginnya ke sana, ada yang pingin beli oleh-oleh dan belanja, ada yang cuma duduk aja nunggu temennya belanja, ada yang cemberut aja. Ada juga yang pengen buru-buru, ada juga yang santai. You nowlah...


Tuh banyak kan? Itu pengalaman yang saya dapatkan ketika jalan-jalan sendiri atau sama-sama, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Siapa bilang yang namanya jalan-jalan hanya senang-senang aja? Itu pendapat yang salah, kadang banyak hal penting yang bisa kita dapat, gak sekadar kesenangan semata, tapi perjalanan bisa mengubah banyak hal, mengubah pikiran, mengubah sikap tentang makna hidup menjadi lebih baik jika kita memahaminya. Jalan-jalan itu bukan hanya untuk orang yang punya uang, kalo kita orang miskin justru kita harus banyak jalan-jalan.

Mau sendiri atau sama-sama, terserah aja, yang penting bisa melakukan perjalanan.
Mau jauh mau deket, terserah aja, yang penting bisa menikmati perjalanan.
Mau jalan kaki atau naik kereta, terserah aja, akan banyak keajaiban yang kita dapatkan selama perjalanan.

perjalanan akan mempertemukan kita pada hal-hal baru yang gak kita dapatkan di bangku sekolah.

Ayo jalan-jalan, jangan di rumah terus. Ada juga yang pernah bilang begini:
“Kalau kita berkutat dengan kekhawatiran soal keamanan dalam travelling, maka kita tidak akan kemana-mana. Masuklah ke dalam kamar, kunci pintunya,  tidur manis di kasur empuk, dan kita akan aman.”
Tapi, kerjaan kita kan gak cuma tidur doang.



Erny Binsa

Komentar

  1. Itu tuh yg paling benci kalo pergi rame-rame, kelamaan nunggu ngumpulnya, jadinya perginya gak on time, bahkan bisa ngaret 2 sampai 3 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu juga terjadi sama gue bro... kelamaan ngaretnya... -_-

      Hapus
  2. jalan jalan sendirian yang no 1, 2 dan 3 itu bener banget mba, aku dah ngerasain banget

    paling sih kalo menurut aku yah jalan2 sendiri itu yang gak enaknya adalah susah buat foto (diri sendiri) jadi mesti minta tolong orng dulu, dan kalo minta fotoin sama orang kan kita gak enak toh kalo banyak-banyak , beda sama temen, mau ganti gaya berapa kalipun mah anteng-anteng aja heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ini juga ditulis berdasarkan pengalaman pribadi... kan sekarang udah zamannya selfie, cuma ya itu kalo bareng bareng kan tingkat kePDan kita bertambah beberapa derajat.. :D

      Hapus
  3. paling enak itu jalan-jalan sama temen yang sama-sama pe'a kakak....#pengalaman pribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan gue ketularan elu yak,,,

      Hapus
    2. iuh lu mah udah bakat kali ....

      Hapus
    3. Pe'a kok dibilang bakat... dasar manusia aneh... -_-

      Hapus
  4. Pengen banget yang bisa jalan-jalan kaya gitu, apalagi sama teman-teman. Sayangnya gue gak ada teman buat ngajakin jalan-jalan. Sama orangtua? Orangtua gue sibuk mulu. Jalan-jalan sendiri? Gue gak tau jalannya. Jadinya gue buntu sama yang namanya jalan-jalan (yang jauh yah). Kadang iri ngelihat teman yang bisa kesana-sini tanpa harus dimarah sama orangtuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah emangnya lu kalo mau jalan dimarahin orangtua?
      coba deh lu ajakin temen, nanti juga lama-lama pada ketagihan kok... Gue juga awalnya ga punya temen. tapi lama-lama makin banyak yang ikutan karena udah ketagihan.. jalan jalan itu kan candu kayak narkoba... wkwkwk

      Hapus
  5. saya sih nggak pernah jalan jauh ala-ala pecinta alam dan sebagainya. pernah sih ke luar daerah dan itu urusan kerja. tapi yang hebohnya itu kami perginya nebeng truck atau mobil yang memang mau ke tempat tujuan kami. dan tinggalnya pun numpag sama kepala desa atau di mushalah daerah situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dong jalan-jalan, gak harus jauh-jauh juga kan. Semakin banyak pengalaman makin banyak cerita.. hehe

      Hapus
  6. Wah mbak Erny long time no see ternyata sibuk jalan jalan sm naik gunung meluluuu...tpi gimana kalo naik gunubg sendirian mbak? Wehehehe..kalo aku pribadi kalo travelling lbih suka berdua aja. Soalnya kalo sendiri aku kan gadis lemah jdi aku takut nanti nyasar ga bsa pulang..tpi klo rame rame itu jatuhnya tll byak persepsi dan ga bsa bebas dn ga bsa lamaaaa...jdinya kurang maksimal..jadinya aku pribadi lbh suka berdua aja...hehehe...

    Kapan kita bisa kopdar dan jalan nih mbak Erny???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... sekarang mah ga sibuk jalan-jalan, masih belum menemukan waktu yang pas buat jalan-jalan. Kalo naik gunung sendirian belom pernah sih, toh keselamatan kita juga penting, tar kalo terjadi apa-apa disana gimana? kalo aku cowok sih dijabanin deh naik gunung sendiri.

      iya mey, ada kekurangan dan kelebihannya. kalo temen-temennya saling mengerti mah nggak jadi masalah... kadang yang beda persepsi itu loh yang bikin mumet...

      Eh iya mey kamu di jakarta yaaa?? Yuk ketemuu....

      Hapus
  7. Hmm.. Begitu rupanya. Antara jalan2 sendiri atau barenh temen itu bakal bikin suasana yang berbeda si yah.

    Kalau sndiri emg lebih cocok buat menikmati suasana, hehe terlebih bisa lebih enak buat mencari inspirasi atau mencari pengalaman hidup. Soalnya kalau sendiri kita jadi lebih fokus ketimbang ramai-ramai. Hehe... Nah kalau yg ramai2 asik bisa saling bercanda. Buat nambah intimasi antar sesama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener... tapi enak sih jalan jalan kemana dan sama siapa... yang penting bisa menikmati,,, itu aja... :D

      Hapus
  8. haha enakan jalan rame-rame, ada yang diajak ngobrol:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sendiri juga bisa ngobrol kok, sama orang asing disekitar... :D

      Hapus
  9. Aku masih jarang jalan2 sendirian, karena kadang bingung kalo mau jalan2 sendiri, dan ngerasa kayak orang ilang juga. Tapi ya itu enaknya, kita bebas mau kemana aja yang kita mau.

    Kalo rame2 aku paling seneng. Senengnya itu pas perjalanannya, pasti banyak cerita. Malesnya kalo nunggu lama, biasanya ada orang yang kalo mau ngumpul ngaretnya paling lama banget. Tapi kalo rame2 jadi nggak bingung mau ngapain aja pas jalan2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha masa orang ilang ga ada yang nyariin.. :D

      Iyaaa seru kalo rame-rame udah gitu pasti berisik..

      Hapus
  10. Orang miskin juga harus banyak jalan-jalan hahahaha ini statement kontroversiaal sekaligus ada benernya

    Kalu aku mah teh lebih suka bareng-bareng misal perjalanannya jauh. Kalo deket sendiri juga oke oke ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya dong, jalan jalan kan bukan cuma buat orang yang punya uang... :D

      Sendiri atau rame-rame yang penting jalaan... >_<

      Hapus
  11. Halo, Erny. Wah, sekarang kamu seneng jalan-jalan ya. Btw, saya juga mulai seneng jalan-jalan. Piknik biar gak gampang emosi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa udah lumayan lama, Ris... hahaha... kamu pernah ya naik kereta ke serpong dari rangkas... wkwk dah lama banget kisahnya...

      Hapus
  12. Gue gak pernah jalan-jalan ke alam terbuka sendirian, paling pas ada acara kelompok gitu. Gue anak rumahan soalnya :v
    Pernah pas gue bosen gue iseng keluar, jalan-jalan padahal gak tau jalan, ujung-ujungnya nyasar. Tapi ntah kenapa gue suka momen-momen pas nyasar. Berasa lagi meranin film dimana tokohnya harus menemukan jalan keluar sebelum hal yang buruk datang. wkwk
    Kalo menurut gue sih lebih enjoy kalo jalan-jalan sendiri soalnya udah terbiasa sendiri sih #eh malah curhat :D

    BalasHapus
  13. Sendiri itu tenang tp kdang ggit jari klo ngliat orang jln" sama pasangan ny.. ckck

    BalasHapus
  14. Hehehe ... kadang kalo travelling rame2 ya gitu,sering banyak nunggu2 waktu datang kumpulnya.
    Jadi harusnya udah ditetapin jamnya ... tau2 muluuur lama.

    Sayang waktunya,sih.
    Tapi sisi lainnya, bisa ketawa ketiwi sama temen rombongan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah singgah. Silakan berkomentar :)

Postingan populer dari blog ini

TRAGEDI LEMBAH HIJAU

Apapun Selain Hujan (Review Buku)

Lima Pencapaian yang Terjadi di 2017