Apapun Selain Hujan (Review Buku)



Judul Buku                 : Apapun Selain Hujan
Penulis                       : Orizuka
Penerbit                     : Gagas Media
Tahun Terbit               : 2016
Jumlah Halaman         : 288 halaman
Rating                        : 3,5/5

Rasanya udah lama saya nggak mengulas buku yang saya baca, entah kenapa untuk karya satu ini saya merasa mendapat gairah untuk menuliskannya. Yup, buku ini tamat saya baca dalam waktu 2 hari di sela-sela mengisi hari libur. Meskipun sejujurnya saya belum banyak baca karya Orizuka, malah dulu mikirnya kalau Orizuka ini penulis Jepang dan ternyata saya ketipu sama nama pena-nya, unik ya namanya.

Bab awal novel ini bercerita tentang seorang tekwondoin yang tanpa sengaja ‘membunuh’ lawannya di arena pertandingan. Saya senang dengan BAB awal yang menyentak seperti ini, to the point pada permasalahan tokoh utama dan tentu saja bikin penasaran. Bagaimana ‘dia’ akan menjalani hidupnya? Apalagi lawannya tersebut adalah sahabat terbaiknya.

Kejadian itu berlangsung saat hujan, mungkin karena itu judul novel ini “Apapun Selain Hujan”. Setiap hujan Wira (si tokoh utama) selalu teringat sahabatnya Faiz, yang mati di tangannya. Alhasil setiap hujan datang Wira selalu merasa mual, trauma, dan mengingatkannya tentang luka dalam tersebut.

Dalam novel ini, tokoh utama dibuat sangat kuat, dalam arti saya sebagai pembaca seakan mengerti gimana perasaan Wira. Memutuskan untuk melarikan diri, pergi sejauhnya, meninggalkan mimpinya barangkali menjadi sesuatu hal yang wajar dilakukan. Tentu saja Wira memiliki alasan yang kuat untuk itu.

Kepribadian Wira juga berubah drastis sejak kejadian itu, menjadi tertutup, penyendiri, ia juga membatasi diri dalam berteman. Sampai akhirnya ia dipertemukan seorang gadis yang sama-sama tekwondoin, bernama Kayla. Nah, di novel ini Kayla digambarkan tipe cewek tekwondoin yang sangat percaya diri, berani menyerang duluan dalam artian suka kasih kode-kode ke Wira. Menurut saya itu perpaduan karakter yang pas dan bikin tulisannya jadi semakin manis romantis.

Kehadiran Kayla dalam kehidupan Wira membuka sedikit demi sedikit luka dalam Wira, tentang cinta pertamanya, tentang impiannya, tentang hujan, tentang masa lalu yang susah payah ingin dilupakan, tentang persahabatan. Nah, kalau saya ambil kesimpulan dari novelnya bisa ditarik benang merahnya, sejauh apapun kita ingin melupakan masa lalu, sepahit apapun masa lalu, kita tidak akan pernah bahagia kalau kita tidak bisa berdamai dengan masa lalu.
Karena kita ada sekarang, atas jasa masa lalu kita.

Kira-kira itu pelajaran yang saya dapatkan saat membaca buku ‘Apapun Selain Hujan’

Baiklah meskipun alurnya terkesan lambat tapi saya sangat menikmati gaya tulisan Orizuka, dia meracik tulisan yang mudah dipahami, menampilkan karakter terbaik, karakter pendukung juga tidak sekadar numpang lewat atau tempelan saja tapi ada humor di dalamnya. Untuk idenya sendiri, mmeskipun sudah banyak novel tentang hujan tapi saya sangat terhibur dengan cara Orizuka bercerita dan novel ini sukses bikin saya baper.

Nah, buat temen-temen yang suka novel romance. Saya rekomendasikan novel-novel karya 'Orizuka'
\o/


Jakarta, 13 Desember 2016
Salam,




Erny Binsa

Komentar

  1. Aku dulu pernah baca tulisannya Orizuka waktu duet Gagas Media sama Christian Simamora, judul bukunya apa yaa aku lupa hehe. dan memang tulisan dia bagus, ringan, dan gampang bikin baper.

    Waduh kamu langsung habis dua hari gitu pasti saking penasarannya sama kisah si Wira yaa. Sama aku juga, aku baca review yang kamu tulis gini aja penasaran sama kisah si Wira. DAn opening yang langsung nyentak gitu kayaknya emang bikin pembaca terus membaca sampe nggak kerasa udah di halaman terakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kadang gue juga pernah baca novel dari awalnya udah bosen, jadi males pas baca lembar selanjutnya. Bener kalo ada yang bilang Bab 1 adalah jantung cerita.. hehe

      Hapus
  2. Aku pernah ngeliat buku ini. Baca sinopsis sama liat covernya sih sempet tertarik. Tapi isi dalem dompet yang narik aku keluar gramedia :(
    Wah enak nih ngomongin bukunya tanpa spoilerin semuanyaa. Malah tetep dibuat bingung tentang isi bukunya.
    Ngambil benang merahnya kayaknya pas banget deh, apalagi pas bagian Karena kita ada sekarang, atas jasa masa lalu kita.~ Terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang, padahal banyak buku bagus tapi harus terbatas di budget. Kadang harus nabung dulu dan nunggu ada pesta buku buat beli.

      Iya, sengaja nggak spoiler, diambil garis besarnya aja... hehehe... namanya juga resensi resensian... :D

      Hapus
  3. Kayaknya seru nih ceritanya kalo diliat dari sinopsisnya. Udah gitu gak ada spoiler sama sekali jadi bikin kepo ceritanya gimana. Mungkin si Wira bakal bisa move on dari hujan gara-gara Kayla ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi, kamu bisa tahu jawabannya kalo udah baca seluruh bukunya.. hehehe

      Hapus
  4. Masalah memang jadi perhatian utama dalam sebuah cerita. Karena kalo masalah gak jelas, ceritanya jadi gak jelas mau ke arah mana.

    Beberapa buku romance yang saya baca, banyak yang alurnya memang lambat. Demi menciptakan suasana lain dari masalahnya. Supaya pembaca tidak langsung bisa menebak endingnya.

    Udah lama gak baca buku. Jadi kangen review buku kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang bener, ada yang dibaca alurnya lambat tapi tetep enak dibaca karena gaya bahasanya asik, dan ada juga yang sangat bertele-tele dan ujungnya bikin bosen.

      Ayo bikin dong... :D

      Hapus
  5. Di awal cerita udah dibikin penasaran ya. Jadi penasaran beneran nih sama keseluruhan ceritanya haha, tulis dong wkwk. Nggak", secepatnya beli novel ini dah. Siapa tahu didalamnya dapat inspirasi baru juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kalo ditulis ntar jadi spoiler dong... hehehe...

      Hapus
  6. bikin penasaran nih...
    ketemu sama anak tekwondoin cewe.. apa setelah datang tuh cewek langsung ngajak tarung tekwondo, apa mereka menjadi pasangan ?
    wih penasaran, rencanain buat beli nih novel deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya nggak ngajak bertarung sih, hmm gimana yah jelasinnya,, wkwkwk

      Hapus
  7. Aku penggiat cerita romance nih. Terutama film ..
    tapi kalo novel romance aku takutnya ngantuk kalo di baca, semoga novel mba orizuka ini beneran menghibur.

    Makasih rekomendasi novelnya ya. Sinopsis ceritanya masih bikin penasaran tapi :(, kayakanya aku emang harus baca langsung deh.

    Tapi ga tau deh mau beli kapan, pengenya sih minjem.

    Pinjami aku !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo silahkan di baca!

      Nih gue pinjemin, syaratnya ambil sendiri yah.. :D

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah singgah. Silakan berkomentar :)

Postingan populer dari blog ini

TRAGEDI LEMBAH HIJAU

Lima Pencapaian yang Terjadi di 2017