Menyusuri Goa Pindul, Sungai Oyo, dan Goa Putri


Catatan perjalanan ini lanjutan dari Trip Jogja sebelumnya, kalian bisa baca disini (TRIP JOGJA BAGIAN 1)

Day 3: Sabtu, 26 Agustus 2017

Jam 4 pagi alarm kami udah sahut-sahutan, tapi bangunnya jam malah jam 5. Setelah solat subuh, kami sibuk packing kecuali saya yang memilih buat tidur lagi. Tetapi tetap aja saya kelar duluan packingnya, setelah kelar packing dan mandi saya memutuskan untuk tidur lagi. Hahaha enggak berfaedah banget emang dah hidup saya.

Jam 7 pagi kami mulai panasin motor dan siapin google maps, ini adalah perjalanan pertama saya di Jogja naik motor ke tempat yang asing. Maaf ya kalo agak norak dikit, yang penting kan noraknya enggak banyak. Destinasi kami hari ini adalah Caving di Goa Pindul, sekitar 2 jam perjalanan dari penginapan kami di daerah keraton. Perjalanannya lumayan menantang, naik turun gitu dan agak serem emang.

Sebelum sampai di Goa Pindul, ada orang yang menawarkan diri mengantarkan sampai lokasi goa pindul, gratis katanya! Kelihatannya juga resmi, secara mereka berpakaian emang seperti bagian dari tim goa pindul. Kami mengikuti orang itu dari belakang sekitar 10 KM perjalanan.

Sejujurnya saya agak kecewa, karena biaya yang sudah kita siapkan jauh beda sama paket wisata di sana. Budget kami cuma 75 ribu/orang sesuai dengan searchingan website yang tertera, tetapi kita malah di kenakan biaya 150 ribu untuk 3 paket wisata. Goa Pindul, Sungai Oyo, dan Goa Putri. Udah gitu kalau mau pakai jasa kamera harus bayar lagi sekitar 200 ribuan, akhirnya saya memutuskan untuk foto sendiri menggunakan handphone dan sarung HP anti air. Hihihi...

Petualangan Goa Pindul

Jadi gini, menurut informasi yang saya dapatkan. Goa pindul itu pintu masuknya banyak. Jalur resminya ada 9 . Wajar saja kalau setiap tempat berbeda harganya, tergantung pintu mana kamu masuk. Nah kebetulan pas saya kebagian yang agak mahal. Meskipun begitu menurut saya, meskipun agak mahal, tapi enggak sebanding dengan pengalaman dan keseruan yang kami dapatkan di sana.


Selamat datang di Goa Pindul


Setelah sarapan kami menunggu guide kami datang, beruntung kami juga enggak digabung dengan grup lain. Jadi kami bertiga ditemani satu pemandu. Sebelumnya kami memakai pelampung dan disiapkan ban untuk masing-masing orang, kemudian perjalanan menyusuri Goa Pindul pun di mulai. Meskipun hanya berempat (sama guidenya) kami tetap rame, ngomong mulu sampai capek, nanya terus mengenai sejarah goa pindul, padahal mah entah ngerti apa kagak dijelasin guidenya.

Cuma kelihatan siluetnya... :D

Kami mulai masuk ditarik sama guidenya masuk ke dalam goa, terus dijelasin sejarahnya yang gue sendiri lupa apa itu. Huhuhu... Keasyikan main ciprat-cipratan air sih. Semakin ke dalam semakin gelap. Jadi di dalam goa itu punya tingkat kegelapan yang berbeda-beda, ada yang terang, semi gelap, dan gelap gulita. Makanya kita butuh senter buat penerangan.

Lucunya nih, di dalam goa itu banyak kelelawar lho, ada yang masih bayi pula. Setiap menemukan mereka saya selalu menyapa, “Halo kelelawar, kalian enggak pada kegelapan apa?” saya takut sebentar lagi itu kelelawar akan berubah jadi Batman, terus dia ngeliat saya, trus dia jatuh cinta, trus saya dilamar, trus kita menikah dan bahagia selamanya. Mulai ngawur.

Pokoknya satu kata yang bisa menggambarkan goa pindul itu, “SERUUUUU!”

Sampai di Ujung Goa


Menyusuri Sungai Oyo

Saya pikir dari Goa Pindul ke Sungai Oyo itu bisa dicapai dengan jalan kaki. Ternyata kami disiapkan mobil pick up menuju Sungai Oyo, saya sih senang aja yang penting enggak perlu bayar lagi. Perjalanan ternyata sebentar tetapi enggak secepat waktu naik andong ke Borobudur yah! Di atas mobil pick up itu kami habiskan untuk sharing, menikmati pemandangan sekitar dan akhirnya gue ngeliat pohon kayu putih lho. Tahu kan? Kayu putih? Yang ada lagunya, ‘minyak kayu putih digosok ke badan, bendera merah putih tandanya menang’ gituuu...
Berasa kambing gak sih?

Ayo siap-siap menyusuri sungai oyo
Jangan sok cakep deh! Bodo ah...

Setelah mendengar intruski dari guide yang kocak itu, kami langsung terjun ke sungai, eh maksudnya masih pakai Ban, soalnya sungainya lumayan dalam katanya. Saya berasa ada di sungai amazon tapi versi indonesianya, suasananya masih asri banget! Kanan kiri banyak bebatuan. Oh iya sungai ini lumayan panjang sekitar 4 KM, tetapi juga lumayan santai jalannya. Bukan jalan sih tapi ditarik sama guidenya, mungkin badan kami pada kegedean jadi guidenya keberatan gitu.

yang penting bahagia Gaeees....

Ada yang udah pernah main kesini??

kalau musih hujan mungkin airnya bisa lebih tinggi lagiii...


Seneng banget! Kita udah kayak bocah, lagian siapa sih orang yang gak suka main air kalo begini caranya? Selain pemandangannya kita juga dapat banyak pengetahuan lho. Sang guide banyak bercerita nama-nama batu, sejarahnya.

“Neng itu disitu namanya air terjun pengantin, kalau ketetesan airnya nanti cepet dapat jodoh,” katanya.

Oh yaaa?

Dengan bodohnya saya ngikutin. Padahal gak ada air yang turun dari situ. Enggak lama kemudian si guidenya nyiramin air ke muka saya. Ternyata saya dikerjain, wah ngajak becanda apa ngajak berantem ini orang?

Di tengah perjalanan banyak orang yang terjun dari batu besar ke sungai. Kita dengan santai pengin ikutan juga, saya juga pengin bisa mengalahkan rasa takut, saya pasti bisa. Tetapi pas sampai di atas, ya Allah ini dengkul berasa lemas banget. Perasaan tadi enggak setinggi ini deh, gimana kalo gue kelelep terus enggak keluar ke permukaan, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. saya pengen loncat tapi takut.

Ka Mawaddah udah lompat duluan, saya berdoa dulu, gemeteran, yakinin diri kalo saya pasti bisa. Soalnya kalo saya enggak memaksa diri buat lompat suatu saat saya mungkin bakal menyesal, kenapa saya enggak berani coba? Kenapa saya takut? Bodo amatlah dengan pikiran kayak gitu, akhirnya saya lompat tanpa aba-aba...

Jebuuuurrrr....

Pelampungnya copot!

OMG!

Eh gak jadi copot deng, ternyata masih di badan saya. Wkwk...

Akhirnya saya bisa! Gitu aja saya seneng lho, biarin!

Ini Ka Mawaddah yang lompat, gue gak kebagian potonya... huhuhu

Gimana kalo kita menatap masa depan aja? 
Segeeeeer...



Legaa setelah lompat dari tebing batu...

Kita kembali berjalan, dan perjalanan 4 KM menyusuri sungai oyo pun selesai.
Selamat tinggal Sungai Oyo, semoga suatu saat kita bisa berjumpa lagi.

Bermain di Sungai Bawah Tanah 
(Goa Putri/Goa Sarirejo)

Saat itu memang wisata goa putri menjadi pilihan, kami dikasih helm dan senter. Nah guidenya udah beda lagi, tetapi guide sebelumnya tetap ikut buat motoin kita di dalam goa walaupun hasilnya gitu, burem. Sebelum masuk ke dalam goa saya menemukan keanehan. Masa katanya kita bakal ke goa putri tetapi tulisannya malah Goa Sarirejo, saya enggak tahu mana yang benar. Udah gitu sepi banget, kayaknya yang masuk ke goa itu cuma rombongan kita doang.
Katanya kita ke goa putri tapi kenapa namanya Goa Sarirejo? Kenapaaaa?
 Sebelum masuk seperti biasa, kita di briefing dulu, karena ada beberapa hal yang dilarang. Kami mulai masuk ke lorong gelap itu, cuma ada suara genangan air yang menetes-netes, sama suara guidenya yang memantul. Semakin ke dalam, goa makin pendek, saya jalan jongkok, dengkul sama muka ketemu saking sempitnya, untung aja muat. Kemudian, kita bisa berjalan di sana, terkadang badan kami ngambang karena airnya terlalu dalam. Suasanya menyeramkan, mencekam, tetapi kalian harus coba.


Kira-kira begini suasananya...

Emang agak sempit, untung aja gue muat

Gimana kalian mau coba?


Setelah badan kami mulai capek akhirnya sampai juga di mulut goa dan kami kembali ke basecamp Goa Pindul. Kami mandi, solat, makan siang, dan bersiap untuk perjalanan berikutnya.



Salam Petualang,



Erny Binsa

Komentar

  1. Wah seru ya mbak, sekali trip langsung 3 tempat wisata dikunjungi... etapi kok pricenya bisa beda jauh gitu ya, dari 75 ribu jd 150rb untuk 3tempat wisata udah gitu mau sewa kameramen juga musti bayar sampai 200an ya mending ft pke kamera sendiri...

    Liat foto2nya seru banget jd pengen juga deh eh
    Hehe itu guidenya lucuk juga sampai ikutan selfi juga 😂

    BalasHapus
  2. Kota Yogyakarta emang gak pernah habis untuk diekplore dan gak pernah bikin bosen. Selalu ngangenin. Kalo baca postingan teman2 lyg main ke jogja jadi pingi ke sana lagi dan lagi.

    Asik ya mbak mainan air di kali gitu hehe. Itu masuk2 goa gak takut mbak, kalo ada hewan hewan menggelikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ArmaniQQ

      Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

      Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
      Daftar Dan Mainkan Sekarang
      Memiliki Bonus Bonus WOW

      • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
      • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

      Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

      Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
      (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

      Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

      Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

      Hapus
  3. Mbak BInsa, SERU sekali!! aku juga dulu pernah ke situ waktu masih kuliah atau kerja di tahun tahun pertama. Sama juga bisa susur goa dan susur sungai. Cuman pas itu nggak pake loncat2 gitu karena nggak disuruh. ahahaha..dan airnya juga coklat karena lagi musim hujan katanya. Kalau ke sana sekarang juga kaykanya airnya coklat kali ya kan goa Pindul abis banjir dia. Tapi, di Jogja itu kayka semuaaaaaaaaanya serba ada. tinggal pilih mau wisata jenis apa.. Ah, inshaAllah tahun baru atau kahir tahun bisa liburan ke Jogja lagi!!

    Enak ya, guidenya GOKIL. Hahaha

    BalasHapus
  4. Ya Allah perpaduan air dan goa nya yahuuuddddd....
    itu aduuh gue kalo masuk masuk ke goa yg sempit itu suka sesesek. ih kok bisa sih. apalagi malam malam gtu. sesek dech. tapi memang keren tripnya. bikin ngiler maksimal.

    BalasHapus
  5. Seru ya... Tp saya suka takut air, jd agak2 gmn gitu :D

    BalasHapus
  6. Kalau ke goa pindul belum pernah sih, kala itu aku mampirnya ke kilisuci. Kalau kamu ngerasain rame-rame, aku cuman berdua doang sama temen, ditambah 3 guide, super duper seru karena sepi, hahahaha.. Dan ternyata temen aku itu mikirnya aneh2, takut begini lah takut begitu lah karena kita cuman berdua. Tapi alhamdulillah baik-baik aja, malah ngerasa kayak private tour, wong lebih banyak guidenya dari pada peserta XD

    BalasHapus
  7. Klo ke Jogja aku blm pernah ke goa. Pengin deh kapan2 balik sana mampir ke goa. Mungkin pas anak2 gedean dikit hehe

    BalasHapus
  8. Seru banget ya di Goa Pindul, kapan kapan harus main ke jogja nih

    Sewa Mobil Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ArmaniQQ

      Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

      Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
      Daftar Dan Mainkan Sekarang
      Memiliki Bonus Bonus WOW

      • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
      • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

      Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

      Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
      (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

      Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

      Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

      Hapus
  9. ArmaniQQ

    Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    BalasHapus
  10. ArmaniQQ

    Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    BalasHapus
  11. ArmaniQQ

    Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    BalasHapus
  12. ArmaniQQ

    Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah singgah. Silakan berkomentar :)

Postingan populer dari blog ini

TRAGEDI LEMBAH HIJAU

Apapun Selain Hujan (Review Buku)

Lima Pencapaian yang Terjadi di 2017